Page 2 of 3

Posted: 31 Oct 2007, 14:24
by Iskandar Komar
sudja'i sarmo wrote:Toleransi antara clutch shoe dengan clutch bell waktu sama2 baru pernah saya ukur 0,5mm.


Pak Ja'i,

Baik pak, akan saya ukur nanti space clutch vs clutch bell, many thx pak.

ws,

Iskandar komar

Posted: 31 Oct 2007, 18:32
by rpramusinto
Pak Is,

saya juga blom begitu ahli sama raptor.. tapi dari bbrp kejadian di lapangan (cibubur) memang byk kawan2 kita yg memiliki nasib serupa. dari si Andri sampe pak budi conoco yg notabene punya 3 raptor, dan ini tidak terkecuali raptor 90 sekalipun. punya pak Budi conoco juga masih nge-lock gitu clutch nya.. dan malahan di diemin aja sekarang sama beliau. dia bilang.. biar aja sampe jebol..hehehe ](*,) .. yg jelas kekurangan dari clutch engage terus menerus adalah :
1. pertama faktor safety pada saat kita hendak menstart heli menjadi berkurang.
2. kemampuan heli dalam hal AUTOROTATION menjadi berkurang, karena pada saat throttle hold masih ada contact dgn engine yg menambah beban blade.
3. pada saat kita hendak menset heli (needle dll pada saat engine hidup) menjadi menyulitkan kita untuk menahan putaran blade dgn tangan (stopper) dan idle/stasioner engine jadi harus agak gede supaya engine gak stall.

maaf kalo gak ngasih solusi, soalnya blom paham betul sama raptor. tapi mungkin aja clutch shoe nya diganti baru bisa beres pak. ato sekalian dgn bell nya?? hmm ada ide para capts? O:)

Posted: 31 Oct 2007, 19:16
by Iskandar Komar
rpramusinto wrote:Pak Is,

saya juga blom begitu ahli sama raptor.. tapi dari bbrp kejadian di lapangan (cibubur) memang byk kawan2 kita yg memiliki nasib serupa. dari si Andri sampe pak budi conoco yg notabene punya 3 raptor, dan ini tidak terkecuali raptor 90 sekalipun. punya pak Budi conoco juga masih nge-lock gitu clutch nya.. dan malahan di diemin aja sekarang sama beliau. dia bilang.. biar aja sampe jebol..hehehe ](*,) .. yg jelas kekurangan dari clutch engage terus menerus adalah :
1. pertama faktor safety pada saat kita hendak menstart heli menjadi berkurang.
2. kemampuan heli dalam hal AUTOROTATION menjadi berkurang, karena pada saat throttle hold masih ada contact dgn engine yg menambah beban blade.
3. pada saat kita hendak menset heli (needle dll pada saat engine hidup) menjadi menyulitkan kita untuk menahan putaran blade dgn tangan (stopper) dan idle/stasioner engine jadi harus agak gede supaya engine gak stall.

maaf kalo gak ngasih solusi, soalnya blom paham betul sama raptor. tapi mungkin aja clutch shoe nya diganti baru bisa beres pak. ato sekalian dgn bell nya?? hmm ada ide para capts? O:)



Mas Sinto,

Benar sampeyan bilang memang itu penyakitnya, jadi menyulitkan dalam hal 3 factor tsb....ya satu satunya jalan didiemin aja sampai jebol......ha ha .
Kalau Trex nitro kayak gak begitu kali....ya.Ok nanti aku coba gantiin clutch shoenya karene clutch masi baru,mudah mudahan jadi normal lagi.omong omong skrang ada dimana bro....?


Iskandar Komar

Posted: 31 Oct 2007, 22:53
by rpramusinto
O:) hehe.. iya lah pak.. sementara mainin aja dulu sambil ntar kita cari solusinya...kalo trex nitro si saya blum pernah dgr, tp ya namanya ada clutch nya juga, bisa aja sama seperti raptor, tapi mungkin gak sebanyak kasus raptor. btw, saya masih di offshore pak.. tgl 7 nov baru plg.
bapak sendiri dimana??

Posted: 01 Nov 2007, 00:12
by Iskandar Komar
rpramusinto wrote:O:) hehe.. iya lah pak.. sementara mainin aja dulu sambil ntar kita cari solusinya...kalo trex nitro si saya blum pernah dgr, tp ya namanya ada clutch nya juga, bisa aja sama seperti raptor, tapi mungkin gak sebanyak kasus raptor. btw, saya masih di offshore pak.. tgl 7 nov baru plg.
bapak sendiri dimana??


Mas Sinto,

He.. he solusinya ganti Trex Nitro kali......ha ha ha, biar helinya jadi seragam ...oi, well nanti aku coba dulu cari solusinya bila pulang nanti....habis yang patah tail boomlah lagi hover kan nggak lucu....apa akunya yang salah.....capek deeeeh !!!.
Aku kemaren tgl 26/10/07 balik lagi ke Kurdistan,gak jadi ke OZ dan belum tau ni bile pulangnya.


Iskandar Komar

Posted: 01 Nov 2007, 00:43
by gundul400
#-o ...wadduuh...mosok hampir semua raptor begitu sih pak.... ](*,) ..aku baru beli...nyesel...ayo dong para suhu di bantu cara mengatasinya..tapi apa bener hampir semua raptor pasti terjangkit penyaakit yg sama ?

Posted: 01 Nov 2007, 05:28
by sudjai sarmo
Ya tidak semua Raptor, Mas Gundul. Buktinya Raptor saya norrmal2 saja. Cara antisipasinya ya seperti yang sudah saya sebutkan diatas .

Posted: 01 Nov 2007, 06:47
by rpramusinto
O:) pak Gundul jgn takut Tidak semua raptor kok. [-X . Raptor itu sudah proven di masyarakt aeromodelling bertahun2. maksud saya.. kasus yg clutch nya selalu engage begini adalah salah satu "bug" dari raptor. bukan berarti seluruh raptor. tpi memang banyak pemilik raptor memiliki masalah serupa.. :bow:

Posted: 01 Nov 2007, 11:29
by e12ry
Iskandar Komar wrote:
e12ry wrote:wah kalo itu emang penyakitnya raptor pak engage..... hampir semua rapto begitu pak....
kalo saya saya diemin aja..... kalo jebol baru ganti...
cuman saran pak jai di ragum sih bisa...... cuman lama2 gitu lagi....
bosen juga.... ahirnya di diemin aja...


Mas e12ry,

Wah kalau itu penyakitnya Raptor aneh juga ya ... jadi gak bisa idle dengan anteng engine mati melulu, aku gak paham jalan keluar ngatasinya......
Kalau Trotle agak gede dikit blade pinginnya muter melulu ....agak kuarang nyaman juga startingnya.


rgds.

Iskandar Komar


mesin os ya.....
dulu saya juga gitu... coba mixture valve di cekek dikit biar idle nya ngga mati2.....
cuman needle harus lebih di buka.....
tapi yg saya rasakan tenaga jadi boyo....

maka itu kalo aku aku buka lagi mixturenya biar needle nya bisa lebih di cekek.... cuman ya gitu idlenya setengah mati....
kalo masalah clutch.... aku udah nanya sama yg main raptor.... ya emang itu sih penyakitnya.... kebanyakan gitu.... tapi ngga semua juga....
tergantung hoki2 an juga sih....
hehehehe

Semoga membantu.....
Erry .S

Posted: 01 Nov 2007, 14:38
by Iskandar Komar
e12ry wrote:
Iskandar Komar wrote:
e12ry wrote:wah kalo itu emang penyakitnya raptor pak engage..... hampir semua rapto begitu pak....
kalo saya saya diemin aja..... kalo jebol baru ganti...
cuman saran pak jai di ragum sih bisa...... cuman lama2 gitu lagi....
bosen juga.... ahirnya di diemin aja...


Mas e12ry,

Wah kalau itu penyakitnya Raptor aneh juga ya ... jadi gak bisa idle dengan anteng engine mati melulu, aku gak paham jalan keluar ngatasinya......
Kalau Trotle agak gede dikit blade pinginnya muter melulu ....agak kuarang nyaman juga startingnya.


rgds.

Iskandar Komar


mesin os ya.....
dulu saya juga gitu... coba mixture valve di cekek dikit biar idle nya ngga mati2.....
cuman needle harus lebih di buka.....
tapi yg saya rasakan tenaga jadi boyo....

maka itu kalo aku aku buka lagi mixturenya biar needle nya bisa lebih di cekek.... cuman ya gitu idlenya setengah mati....
kalo masalah clutch.... aku udah nanya sama yg main raptor.... ya emang itu sih penyakitnya.... kebanyakan gitu.... tapi ngga semua juga....
tergantung hoki2 an juga sih....
hehehehe

Engine OS hyper,

Kalau diganti dengan menggunakan clutch dan housingnya milik Trex-600 bisa nggak ...ya, karena clutchnya milik raptor itu lemah sangat kalau digetok pakai palu dekit aja udah bisa balik normal....sehingga waktu ngembang cendrung gak mau balik posisi semula.....ini berandai andai saja.....habis belum ketemu cara ngatasinya ini penyakit.....sayang dulu waktu belinya lagi gak hoki......jadi deh begini.....capek deh.


Iskandar Komar

Semoga membantu.....
Erry .S