Page 2 of 3

Posted: 05 Feb 2008, 14:37
by MrDoms
wah sepertinya boros BBM benar nih.... apa ada yang pernah kompare dengan elektrik nggak (dengan spek power sama) mana yang lebih ekonomis... ??

Posted: 05 Feb 2008, 15:52
by justinus
Menurut saya sih, ... dua duanya gak ekonomis hobby ini, baik yang pake batere maupun fuel nitro. Kalau mau yang ekonomis sih hobby mountain bike. :lol:

Posted: 05 Feb 2008, 16:17
by rpramusinto
yg ekonomis ya hobby nonton TV... hahahaha.. sama main catur...di pos kamling..wekekekekeke :joy:

Posted: 05 Feb 2008, 16:53
by MrDoms
hmmm.... maksud saya fix cost & variable cost comparison... om... bukan jenis hobi apa yang nggak ngeluarkan biaya...

Kalau elektrik kan fix cost ditambah biaya marginal yaitu ngecharge batree. Tapi kalau engine benar-benar variable cost. Jadi mungkin setelah beberapa kali main costnya sudah ketinggian... bayangkan saja cuma tahan 6 menit :ack: :ack: dan tak terasa sudah mencekek leher (bagi yang lehernya kecil).... wal hasil, bukan malah tambah jago tapi malah tambah stress... ujungnya properti dijual murah lagi...

memang sih kadang hobi nggak kenal biaya buat sebagian yang mampu... tapi kalau buat saya hal ini penting untuk dipikirkan agak panjang biar sampai mantap dalam hobi ini didalami.... jadi apakah saya layak masuk ke kelas heli engine T600N ini?? atau coba lirik ke heli elektrik saja? begitulah maksud yang ingin saya utarakan.....

(mohon maklum.. masih orang gajian... kecil lagi... hiks... hehehehe)

Posted: 05 Feb 2008, 21:37
by Syafik
saya pilih yang engine pak... operasionalnya lebih murah daripada elektrik. Bayangkan Trex600 elektrik atau Trex500 dg lipo 6selnya udah berapa... bandingkan dg fuel segalon bisa dipake main berapa puluh kali terbang, itu pendapat saya lho pak... yang lain silahkan beropini

Posted: 05 Feb 2008, 22:40
by rpramusinto
sependapat sama om syafik... kalo heli 450 paling oke pake batre.. lebih dari itu???? ampun deh batre nya... MUAHAL REK... ](*,)

Posted: 06 Feb 2008, 08:36
by sony
menurut saya sama aja sih.......dua2nya gak ada yang lebih irit ....
paling enak punya dua2nya ](*,)

Posted: 06 Feb 2008, 10:44
by aamwood
Kayaknya masih hemat pakai nitro kalau untuk kelas 50. Kalau heli kecil ( kelas Trex 450 ) lebih baik pakai batre aja. Lbh irit.

Posted: 06 Feb 2008, 13:22
by justinus
Kalo heli kecil (klas Trex 450 yg pake batere), gak ada bandingannya dgn yang pake nitro.

Kalo heli kelas 50, lebih irit yg pake nitro daripada yang pake batere. Itungannya begini kalo bicara cuma sumber tenaganya. Pake nitro, beli satu gallon cuma dua ratus ribuan bisa terbang. Jadinya kaya bayar nyicil. Setelah itu harus keluar uang lagi kalo gallon udah abis.

Kalo pake batere heli 50, mesti langsung beli batere sekitar satu juta. (dan harus kontan, gak bisa beli separo kayak di apotik :) ) Kalo mau terbang dua kali perlu dua juta. Tapi setelah itu gak usah keluar uang lagi.

Selanjutnya, terserah anda :D

Posted: 06 Feb 2008, 14:08
by yuda
justinus wrote:Kalo pake batere heli 50, mesti langsung beli batere sekitar satu juta. (dan harus kontan, gak bisa beli separo kayak di apotik :) ) Kalo mau terbang dua kali perlu dua juta. Tapi setelah itu gak usah keluar uang lagi.

Selanjutnya, terserah anda :D


tetap keluar uang dong om,, batre lippo kan bisa bunting juga, iya kalo dlm 2thn ga'bunting jelas lebih murah, tapi klo baru 1bln dah bunting mampus deh :D ..

Saya sih setuju dengan pendapat rekan2 master heli :D ,,
intinya kalo untuk heli kecil sekelas treex450 kebawah lebih efektif pake elektrik,, &klo dah klas 30ke atas lebih efektif pake yg enggine..
Kalo kantong pas-pasan terbangnya juga dibikin pas-pasan aja om doms :D ..