Page 2 of 2
Posted: 09 Sep 2008, 06:55
by idayats
Memang Pak De Dja'i ini sangat berpengalaman... Setelah saya lakukan dengan cara menekan/memperkecil Clutch, ternyata begitu start jadi enak, pada saat idle kopling masih free. kemudian test hover Ok. setelah itu saya turun, matiin engine, start lagi eh masalah lagi begitu engine di start blade sudah ikut muter. Bongkar lagi, setelah saya amati dengan kaca pembesar memang betul kata Pak De Dja'i ada Retak itu clutch. saya coba tekan pakai jempol eh langsung ikut dianya. berarti sudah nggak bisa dipakai. Ambil clutch yang lama dengan cara di tekan lagi ternyata masih dapat berfungsi baik, saya test 2 kali hover masih okey.
Trim's
Re: mohon bantuan 2x ganti clucth tetap seret,kenapa ya?
Posted: 30 Dec 2008, 00:59
by jam3sbrown
Salam Aeromodelling,
Kalau menurut pendapat saya untuk masalah clutch terutama pada heli Raptor memang sudah penyakitnya clutch shoe cepat lemah ,diganti yang barupun hanya bertahan sebentar saja. Perlu diperhatikan juga clearance antara clutch shoe dan clutch liner jangan terlalu jauh untuk menjaga agar clutch shoe tidak cepat lemah.
Semoga bisa berguna bagi rekan rekan semua.
Re: mohon bantuan 2x ganti clucth tetap seret,kenapa ya?
Posted: 08 Jan 2009, 09:15
by e12ry
jam3sbrown wrote:Salam Aeromodelling,
Kalau menurut pendapat saya untuk masalah clutch terutama pada heli Raptor memang sudah penyakitnya clutch shoe cepat lemah ,diganti yang barupun hanya bertahan sebentar saja. Perlu diperhatikan juga clearance antara clutch shoe dan clutch liner jangan terlalu jauh untuk menjaga agar clutch shoe tidak cepat lemah.
Semoga bisa berguna bagi rekan rekan semua.
Wah suhunya asac dah turun nih.....
bener banget kalo kata om james....
memang bener kalo di ragum ilang.... begitu idle up pasti nyangkut lagi.....
lha wong beli baru aja... ngga lama engage juga.... kalo mau ngga engage pake clutch nya quick uk.... lebar area meregangnya lebih lebar.... jadi lebih kuat... ngga mudah mekar....
kalo ganti clutch linear.... mending abis tempel pake lem besi.... dextron... trus di tancep pake clutch yg dah di ganjel... alias di plak ban....sesuai jarang yg di inginkan... diemin 1 hari... besok pagi copot... dan copot plak ban yga di clutch... selesai deh.... linear tertempel rapi....