Page 2 of 4
Posted: 28 Aug 2008, 10:27
by sahid
kampas kopling dalam lonceng, pantesan g' kelihatan.....ciri2 kain kopling aus selain tenaga kurang ( asumsi saya spt di mtr or mbil ) gejala yang di rasakan tanpa membuka lonceng ada g' pak ? misal dari bunyi....? (terus setiap saya browsing yg di jual di HS koq g' pernah saya lihat item yg namanya Kampas kopling ya...)
Posted: 28 Aug 2008, 11:19
by Syafik
Di surabaya ada tuh yang jual kampas kopling tinggal disesuaikan panjang dan ukurannya aja
Posted: 28 Aug 2008, 16:48
by setyo antarikso
kalo kampas kopling / clutch shoe disesuaikan dgn merek heli.
Yg lawannya kampas, si clutch liner sy biasa pake paking mobil, murah dan kuat. Tinggal dipotong2 aja..sesuai ukuran. Lem pake epoxy yg 24jam..
Posted: 28 Aug 2008, 18:38
by jstnt
Biasanya kalo power masih dapet tp bunyi biasanya sih lakernya yang kena, coba di pumping helinya waktu terbang kalo helinya kaya loss power ya kampasnya yang habis, kl bearing yang kena mesti ganti bearingnya, tp mesti hati hati sewaktu buka engine liner dan lengan piston karena kadang ring piston bisa patah, cara ganti bearing engine:
1. buka silinder head
2. cabut liner engine
3. buka pistonnya
4. buka crankshaft engine
5. yang tinggal cuma body engine berikut bearingnya, panasin body engine sampe bearing copot sendiri
6. pasang bearing engine selagi panas body enginenya
7. pasang lagi semuanya
setelah ganti bearing biasanya engine akan mulus kembali bunyinya, liner untuk kopling juga banyak yang jual pak, semoga dapat membantu
Posted: 29 Aug 2008, 07:48
by justinus
Lengkap deh step by step nya by om Johnson.

Posted: 31 Aug 2008, 15:37
by sahid
wah...begini enaknya gabung di forum ini...yang awalnya"Buta" jadi ngerti..."gratis" lagi...makasih u semua.....
mudah2han masih ada yang nambahin keteranganya di topik ini

Posted: 04 Sep 2008, 09:50
by sahid
Posted: 04 Sep 2008, 11:35
by justinus
One way nya kali.
Posted: 04 Sep 2008, 12:01
by sahid
stater shaft g' pakai one way pak.....apa one way yang di heli ( tempat nyucukne shaft stater??)
Posted: 04 Sep 2008, 12:40
by toto
Kalo gitu mungkin ini nih:
1. enggak mo muter, kemungkinan banjir jalan keluarnya coba starter heli dimiringkan kearah muffler atau rajin dikit lah dengan membuka glow plug nya terus strat deh tuh engine tapi jangan lupa fuel line dr arah fuel tank di cekek ya dan glow heater jgn dipasang loh soalnya saya tdk mau tanggung jawab kalo tiba2 engine nya hidup.
2. distart molos aja, apa nih maksudnya, ini saya cuman tebak2 aja loh berdasarkan apa yang saya pernah/perhatikan rasakan/liat tapi mohon maaf kalo salah.
molos aja PERTAMA, maksudnya di start okay padahal glow heater (kondisi glow okay) nempel tapi enggak mau hidup hal ini mungkin terjadi karena
sumpel muffler lupa dibuka, fuel line jepitannya juga lupa dibuka dan kemungkinan lain glow plug kondisinya memang sudah minta diganti alias sudah
meredup alias uzur
molos aja KEDUA, sama dengan kondisi pertama tapi engine tidak muter, kalo nyang ini nyang udah2 itu apa namanya ya pokoknya yg untuk nancepin
shaft starter baut tanem yang untuk nguncinya kendor jadi aja yg muter cuman untuk nancepin shaftnya aja sedang as tempat dudukan penamcepan itu
enggak kemana-mana alias diem aja
molos aja KETIGA, dudukan colokan yang berbentuk hexagonal atau malah ujung starter shaftnya sudah menunjukkan kerompalannya, jadi kadang-2
bisa nyangkut pada posisi starter shaft miring ke suatu arah kadang2 loncat2
Begitu kira2 Kang Sahid semoga bisa turut membantu menyelesaikan masalahnya bukan malah memperkusut, para suhu2 tolong koreksinya dunk ...