Esc Scorpion....Tolong ya Pak,

Tentang radio , servo , gyro dan rangkaian elektronik

Moderator: widodo

User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Satu lagi.......Mohon hati2 jika menggunakan Blade Kayu, kalo nggak salah di manualnya, wooden blade not recommended..........saya 2 kali pecah diatas pada saat idle up 100% dgn motor scorpion......BERBAHAYA! gunakan selalu blade carbon........(catt: Batt FP 2100maH 30C)
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

@all

esc align, jebol mas....kebetulan waktu mampir di salah satu HS yg ada scorpion yg 90 A, sebenarnya sy juga cari yg lebih kecil.....motor msh pakai align ( karena belom jebol....tar lo dah jebol coba scorpion lah...biar maching/ spt saran mas andre )

@Mas erick, Pak Budiman, berarti seblom ceklak-ceklik di programing cardnya mesti set...max / min dulu? ok ntar di coba

@Oom P1 saya pakai rotor tech, max thortle baru di 90% Pak,...itu sudah susah kontrolnya, maklum mata tua ](*,)
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

sahid wrote:@all

esc align, jebol mas....kebetulan waktu mampir di salah satu HS yg ada scorpion yg 90 A, sebenarnya sy juga cari yg lebih kecil.....motor msh pakai align ( karena belom jebol....tar lo dah jebol coba scorpion lah...biar maching/ spt saran mas andre )

@Mas erick, Pak Budiman, berarti seblom ceklak-ceklik di programing cardnya mesti set...max / min dulu? ok ntar di coba

@Oom P1 saya pakai rotor tech, max thortle baru di 90% Pak,...itu sudah susah kontrolnya, maklum mata tua ](*,)


Iya,Pak ..sebelum diceklak-ceklik perlu kenalan dulu ESC dgn Tx nya,Pak Sahid..biar sinkron komunikasinya..begitu,Pak =P~ ..hehehehe..
BTW,mata bole tua Pak..yg penting kan jempolnya kan jempol anak muda...wuakakakakakkkakak \:D/

Ok deh,Pak Sahid...kita tunggu ya hasilnya bagaimana...ohya satu lagi dr apa yg sudah saya alami..motor Align 3550kv ini life timenya sudah tidak memuaskan lagi..terutama kualitas dr insulator kawat kumparannya,lama2 akan kering dan mengakibatkan short circuited pd kumparan...ESC saya jebol gara2 motornya yg short circuited...ini baru ketauan setelah iseng saya bongkar motornya..ukur pake multitester langsung di kumparan...ternyata ya itu..shorted... #-o


salam,

Budi
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

saran para suhu dilaksanakan...hasilnya....sesuai keinginan...batt dikenali, start enak, 9254 jadi ngelock lagi dan g' panas kaya awal. test...batt 1 ( fp 2200mAh/25c). batt 2 ( kp 2200/25c) begitu hover dan idle di ceklik.....wussss....heli muter ekornya g' terkendali dan....gubrak ( ketinggian 7 mtran)....kerusakan: blade carbon patah,spindle n shaft bengkok...setelah di invstgsi....baut yg mengunci main gear/one way patah.....duh ini kejadian kali yg kedua krn sebelumnya 1,5 bulan lalu jg kejadian begini...padahal nguncinya udah g' di kencengin kaya dulu ( saran dari rekan ) koq bisa ya? ayo donk suhu saranya.....
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

sahid wrote:saran para suhu dilaksanakan...hasilnya....sesuai keinginan...batt dikenali, start enak, 9254 jadi ngelock lagi dan g' panas kaya awal. test...batt 1 ( fp 2200mAh/25c). batt 2 ( kp 2200/25c) begitu hover dan idle di ceklik.....wussss....heli muter ekornya g' terkendali dan....gubrak ( ketinggian 7 mtran)....kerusakan: blade carbon patah,spindle n shaft bengkok...setelah di invstgsi....baut yg mengunci main gear/one way patah.....duh ini kejadian kali yg kedua krn sebelumnya 1,5 bulan lalu jg kejadian begini...padahal nguncinya udah g' di kencengin kaya dulu ( saran dari rekan ) koq bisa ya? ayo donk suhu saranya.....


Pak Sahid,
Kondisi belt buat tail rotor gimana sebelumnya?..udah di cek dulu sebelum memutuskan utk idle?...kalo berdasar dr apa yg perna terjadi pd saya...kejadian spt itu yg pertama saya curigai adalah kondisi belt,pulley belt dan puley yg ada di tail rotor shaft....terakhir yg saya temukan adalah pulley di tail rotor shaft, pecah...tidak keliatan...taunya begitu,wkt saya putar main blade pake tangan dan tail rotor coba ditahan...yg nampak malah...main blade bisa diputar dgn mudah walopun tail rotor ditahan pake tangan...

salam,

Budi
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

Budiman wrote:
Pak Sahid,
Kondisi belt buat tail rotor gimana sebelumnya?..udah di cek dulu sebelum memutuskan utk idle?...kalo berdasar dr apa yg perna terjadi pd saya...kejadian spt itu yg pertama saya curigai adalah kondisi belt,pulley belt dan puley yg ada di tail rotor shaft....terakhir yg saya temukan adalah pulley di tail rotor shaft, pecah...tidak keliatan...taunya begitu,wkt saya putar main blade pake tangan dan tail rotor coba ditahan...yg nampak malah...main blade bisa diputar dgn mudah walopun tail rotor ditahan pake tangan...

salam,

Budi


sudah di cek dan tdk ada kendala dg tail belt...krn saya pernah baca postingan bpk bel terbang terbalik yg ngeslop...( sy jg nglami)...kalo yg ini emg baut hexa ukuran 1,5 yg ngunci main gear dan shaft patah.....( udah 2 kali pak.....kira2 analisa bpk2 sekalian gmn y?)
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

sahid wrote:
Budiman wrote:
Pak Sahid,
Kondisi belt buat tail rotor gimana sebelumnya?..udah di cek dulu sebelum memutuskan utk idle?...kalo berdasar dr apa yg perna terjadi pd saya...kejadian spt itu yg pertama saya curigai adalah kondisi belt,pulley belt dan puley yg ada di tail rotor shaft....terakhir yg saya temukan adalah pulley di tail rotor shaft, pecah...tidak keliatan...taunya begitu,wkt saya putar main blade pake tangan dan tail rotor coba ditahan...yg nampak malah...main blade bisa diputar dgn mudah walopun tail rotor ditahan pake tangan...

salam,

Budi


sudah di cek dan tdk ada kendala dg tail belt...krn saya pernah baca postingan bpk bel terbang terbalik yg ngeslop...( sy jg nglami)...kalo yg ini emg baut hexa ukuran 1,5 yg ngunci main gear dan shaft patah.....( udah 2 kali pak.....kira2 analisa bpk2 sekalian gmn y?)



Terus terang,saya belum perna mengalami baut itu patah di heli saya,Pak...itu baut originnal dr heli nya...kalo memang baut patah itu sebagai peyebabnya..berarti kualitas baut tersebut perlu dipertanyakan,Pak..menurut saya lho ya,Pak 8-[

salam,

Budi
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

Kemungkinan...ada hal yg g' beres berhubungan dg one way???? pertanyaan sy yang blom tw jawabanya...."Berarti saya msti ganti baut ini 1 bulan sekali ( jarak patah yg pertama dan ke dua 1,5 bulan ) cpe' deh......
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

sahid wrote:Kemungkinan...ada hal yg g' beres berhubungan dg one way???? pertanyaan sy yang blom tw jawabanya...."Berarti saya msti ganti baut ini 1 bulan sekali ( jarak patah yg pertama dan ke dua 1,5 bulan ) cpe' deh......


Pak Sahid,
cuma saran aja..coba ganti one way-bearing komplit dgn gear bawah dgn punya T-rex...trus baut tadi ganti aja pake punya t-rex 450..biasanya kalo Anda beli main shaft t-rex 450...satu package ada 3 biji..nah bautnya disertakan jg..itu biasanya utk menyatukan rotor head housing dgn ujung atas main shaft...

salam,

Budi
Post Reply

Return to “RC Electronics”