Page 12 of 16
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 19 Dec 2008, 22:54
by eidri
Budi wrote:Augustinus Aurelius wrote:pake throtle curve? Hmm... berarti mirip heli dong eyang?
Pake throtle curve model grafiknya seperti huruf "V" (idle up) gitu ya... atau? ..... Wah makin penasaran nih..
Anyway, thanks buat infonya...
Kalo dari cara cerita Eyang suhu sih sepertinya throttle management itu lebih ke arah mencari "sweet spot".
sweet spot, dimana posisi thrust=berat pesawat (hovering throttle position)
Jadi throttle curve normal, hanya pada titik titik sweet spot di buat landai atau tidak sensitif, sehingga pada saat bermain dgn rudder, throttle tidak terganggu........
bener nggak sih Eyang.......mana neh Eyang nya?
blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 00:18
by AgoesAurelz
oo gitu yaa... Hmmm Sweet Spot...
Ayoo dong dri... gass lagi... jangan setengah-setengah buka kerannya donk...
plisss...
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 19:30
by Budi
eidri wrote:blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Eidri, kemana aja...??.......
lebih tepatnya....dibikin
datar pada 'sweet spot', karena rudder berada di stik yang sama dengan throttle (mode 2) jadi setiap kompensasi rudder, throttle biasanya terganggu......
seperti di Expo pada titik2 tertentu di curva........
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 19:33
by Budi
belajar hand launch.......saya itu masih takut hand launch, terlalu deket sama propeller..........mungkin nanti kalo udah piawai hover, baru mau handlaunch seperti Eyang Suhu......
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 19:56
by AgoesAurelz
Budi wrote:belajar hand launch.......saya itu masih takut hand launch, terlalu deket sama propeller..........mungkin nanti kalo udah piawai hover, baru mau handlaunch seperti Eyang Suhu......
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
Awasss hati-hati omm!! Ngga mau nakut-nakutin... cuman lebih baik jangan dicoba handlunch dulu kalo skill belum mantap...
Pesawat 3D mungkin karakternya terbangnya forgiven... tapi percayalah... semua type propeller/blade pasti unforgiven...!!
...jangan sampai kena musibah seperti saya om...
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 20:01
by Ary
Budi wrote:eidri wrote:blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Eidri, kemana aja...??.......
lebih tepatnya....dibikin
datar pada 'sweet spot', karena rudder berada di stik yang sama dengan throttle (mode 2) jadi setiap kompensasi rudder, throttle biasanya terganggu......
seperti di Expo pada titik2 tertentu di curva........
Untuk yg Mode 1 kan throttle satu stik aileron,apakah tdk terganggu jg throttlenya ya bila kita kompensasi aileronnya Om ?
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 20:11
by Budi
Ary wrote:Untuk yg Mode 1 kan throttle satu stik aileron,apakah tdk terganggu jg throttlenya ya bila kita kompensasi aileronnya Om ?
kalau dari logikanya....seharusnya sama Oom, soalnya sweet spot setting hanya utk throttle....jadinya tetep diberlakukan sama kurvanya.........hal ini untuk menghindari aileron menggangu sweet spot throttle position pada saat mengkompensasi Aileron supaya nggak masuk torque roll pada saat hover.........
Eyang suhu mana neeeh?.......saya jadi berasumsi .........
Oom AA, thanks remindernya.......setuju banget, SAFETY FIRST.......!!
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 21:14
by eidri
Ary wrote:Budi wrote:eidri wrote:blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Eidri, kemana aja...??.......
lebih tepatnya....dibikin
datar pada 'sweet spot', karena rudder berada di stik yang sama dengan throttle (mode 2) jadi setiap kompensasi rudder, throttle biasanya terganggu......
seperti di Expo pada titik2 tertentu di curva........
Untuk yg Mode 1 kan throttle satu stik aileron,apakah tdk terganggu jg throttlenya ya bila kita kompensasi aileronnya Om ?
eiya maksudnya datar....hehehehehe....thanx pa budi....
saya ada koq....ad dirumah....hahahahaha...
lagi puasa terbang dulu.....pantang pulang sebelum padam....!!hahahaha....
maksudnya lulus kuliah....hehehehe....
berdasarkan pengalaman saya yang memang belum terlalu lama ber-aeromodel ria...hehehehe.....
kalo ngegerakin gimbal tx hanya memakai jempol saja memang kcenderungan throttle keganggu kalo lagi koreksi rudder memang besar..
tapi setelah saya ganti kebiasaan saya jadi make jempol dan telunjuk kecenderungan intervensi menjadi berkurang...
sekalipun memang tidak sama skali hilang....
jadi rupanya itu gunanya tx canggih...hehehehe....
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 20 Dec 2008, 21:28
by Budi
eidri wrote:jadi rupanya itu gunanya tx canggih...hehehehe....
Hussss.....!! ntar dimarahin E7J...........beliau nggak pake TX canggih aja bisa begitu.......kita harusnya bisa lebih!!!
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Posted: 21 Dec 2008, 05:17
by Redblur
Budi wrote:belajar hand launch.......saya itu masih takut hand launch, terlalu deket sama propeller..........mungkin nanti kalo udah piawai hover, baru mau handlaunch seperti Eyang Suhu......
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
bener,sereeeem banget megang Plankers 1/2 throttle di tangan....takut nya pas dia di launch,pesawatnya nyamber pilot nya
tapi kalo di suruh eyang mau2 aja,takut di marahin...