Page 6 of 8

Posted: 07 Nov 2008, 18:35
by su-31
oalaaaa disini toh kamarnya...

su-31 wrote:
Tapi mong-omong pak kumendan cikempong ini bagaimana ?
Gyro dah kepasang.., rx juga dah dituker....
lha biar RX nya 100 channel, trus kalo radio ku 8U.., ya tepep/cuma lapan channel toh pak.
ealah.., padahal dah kepasang semua.
Bisa diaktifin tapi fix gitu.., gak bisa setel2 on-off.., gain dll.
Lha wong contoh di manualnya aja pake 9Z kok pak.

Trus saya kepikir, kalo dua Gyro tsb gainnya disatuin pake Y cable.., biar bisa pake 8U saya kira2 gimana ya???.
Padahal saya ngarep banget nih, soalnya full house, aileron ikut...
Perhitungannya waktu hover diharap itu aileron bisa nahan/compensate torque !

Gimana oom P1.., any idea ???.., bisa gak ya 2 gyro tsb kabel gainnya disatuin lewat Y, masuk ke 1 ch doang jadinya.


Jadi 1 channel (Ch-5/gear) buat kontrol on-off sekaligus 2 gyro...
Gainnya manual gak apa2 lah.., yg penting kan bisa deactivate.., kalo2 ada apa2.

Posted: 10 Nov 2008, 15:36
by Budi
su-31 wrote:Trus saya kepikir, kalo dua Gyro tsb gainnya disatuin pake Y cable.., biar bisa pake 8U saya kira2 gimana ya???.
Padahal saya ngarep banget nih, soalnya full house, aileron ikut...
Perhitungannya waktu hover diharap itu aileron bisa nahan/compensate torque !

Gimana oom P1.., any idea ???.., bisa gak ya 2 gyro tsb kabel gainnya disatuin lewat Y, masuk ke 1 ch doang jadinya

Jadi 1 channel (Ch-5/gear) buat kontrol on-off sekaligus 2 gyro...
Gainnya manual gak apa2 lah.., yg penting kan bisa deactivate.., kalo2 ada apa2.


Saya juga udah coba, gain dimasukkan ke AUX2 soalnya AUX 1 dipakai untuk Aileron Kiri(Flaperon Mode)....... terus Gyrosense di aktifkan melalui Lever kiri untuk sense nya.......pakai y cable Gyro 1,2 dan 3.......di darat dah dicoba bagus, belum coba di langit.......... buat Sabtu depan dan di pasang di Magic.......

Elevator pakai Align HL Gyro, rencananya Aileron pakai Futaba 401....dan Rudder..(jgn di ketawain ya....) pakai Futaba 611 servo 9256 nganggur ........ampuunnn!!


Dedy_r450....ayo buruan absen......(ampun ...masih hari senin!!) ](*,)

Posted: 10 Nov 2008, 18:24
by dedy_r450
kok dah diabsen,.. org hitnya baru 1500an,.. kemarinaja yg ga begitu rame pendatangnya di hit s/d 1900an...
BTW gyro - gyro nya kok serem ya,... itu yg gy611 apa nggak di taruh aja di t-rex 450??????????

Posted: 11 Nov 2008, 08:55
by Budi
dedy_r450 wrote:kok dah diabsen,.. org hitnya baru 1500an,.. kemarinaja yg ga begitu rame pendatangnya di hit s/d 1900an...
BTW gyro - gyro nya kok serem ya,... itu yg gy611 apa nggak di taruh aja di t-rex 450??????????


saya nggak punya lagi gyro, yg Esky udah di hibahkan ke Oom Ekoxzz, mau beli GY305 mahal banget.....ampun.....terpaksa se nemunya......

BTW pagi ini hit Cibinong 2 tembus 1700, padahal E7J belum keluarin pusaka pamungkas........ampun!!

Posted: 11 Nov 2008, 08:56
by Budi
@ oom Taufik, 4D Variable Pitch Prop dah kelar belum........berikut ini nemu setting untuk Futaba.....remotenya Oom Toto Futaba kan?

Image
Image

Setting TX untuk Pyroflip........

Posted: 11 Nov 2008, 18:07
by Budi
Setelah di setting sama 3D master lokal Oom Obien, ternyata pyroflip tidak begitu susah........, tadinya crash melulu sama lari2 nggak karuan...........(nyoba di sim), setelah di rubah dgn setting beliau jadi bisa lebih diem........

Berikut racikannya Aileron, Elevator Expo 24%, Rudder 140%dual rate, maximum travel set di 611 gyroview........

Terimakasih Om(seharusnya udah Suhu) Obien..... :bow:

Posted: 12 Nov 2008, 01:58
by su-31
Kalo saya buat nge Hover fixwing itu.., throttle curve deh...(apalagi yg banyak point nya).

Apa ada yg pernah nyoba ???

Itu menurut saya kayak CG itu lho.., pilot satu sama lain beda setting nya.., cari2 sampe ketemu yg pas.
Kan kalo gak gitu.., throttle di tambah...dia lompat, dikurangin jatuh.., kejer2an deh tu.

Saya dulu pake 10X, itu terbang dulu trus hover sembari perhatiin sticknya di posisi mana...
Abis itu landing, trus aktivin curve nya.., posisi yg tadi itu dibikin flat beberapa point.
...wuah wuenaknya !.

Sekarang cuma ada 8U..., masak dipakein expo throttlenya #-o #-o #-o ...kasian deh gue !

Lha kalo di Heli itu.., throttle curve buat apa ya ???, kan dah ada pitch curve ???
Lagian heli kan gak maen2 throttle kayak kita hover di fixwing.
Maklum dong...sy kan gak punya Heli !

Posted: 12 Nov 2008, 05:41
by Budiman
su-31 wrote:Kalo saya buat nge Hover fixwing itu.., throttle curve deh...(apalagi yg banyak point nya).

Apa ada yg pernah nyoba ???

Itu menurut saya kayak CG itu lho.., pilot satu sama lain beda setting nya.., cari2 sampe ketemu yg pas.
Kan kalo gak gitu.., throttle di tambah...dia lompat, dikurangin jatuh.., kejer2an deh tu.

Saya dulu pake 10X, itu terbang dulu trus hover sembari perhatiin sticknya di posisi mana...
Abis itu landing, trus aktivin curve nya.., posisi yg tadi itu dibikin flat beberapa point.
...wuah wuenaknya !.

Sekarang cuma ada 8U..., masak dipakein expo throttlenya #-o #-o #-o ...kasian deh gue !

Lha kalo di Heli itu.., throttle curve buat apa ya ???, kan dah ada pitch curve ???
Lagian heli kan gak maen2 throttle kayak kita hover di fixwing.
Maklum dong...sy kan gak punya Heli !



Kalo di Heli..throttle curve buat nambah gas juga,Pak....cuma harus di selaraskan dgn pitch curve...throttle tidak bole terlalu kecil terhadap pitch...karena bisa meledak ESC kalo di heli electric...ato overheated engine pada heli gede..
Untuk hover..heli tetap bergantung pada throttle dan pitch...throttle utk me-manage headspeed (rotor disc RPM) dan efficiency power dr heli..sedangkan pitch ..untuk mengatur altitude dr heli
Begitu kira2,Pak..

salam,

Budi

Posted: 12 Nov 2008, 08:48
by justinus
su-31 wrote:
Sekarang cuma ada 8U..., masak dipakein expo throttlenya #-o #-o #-o ...kasian deh gue !



Udah lah pak de. Pake yang itu aja. Nanti kalau pake yang banyak curvenya malah sibuk bikin kurva, gak terbang.
Jempol pak de kan udah ada kurvanya. =D>

Posted: 12 Nov 2008, 11:06
by Budi
intinya .....karena stik cuma bisa untuk kontrol 4 peralatan AILERON, RUDDER, ELEVATOR dan THROTTLE...........sedangkan Untuk Heli ada satu lagi yaitu PITCH.........maka PITCH di tumpangkan ke THROTTLE.

Pada dasarnya untuk keadaan normal Pitch dan Throttle akan sama pergerakannya, tapi dikarenakan karakteristik heli dan Pilot bermacam2 maka kurva nya bisa beda. terutama untuk saat normal vs Idle Up.......
Normal
Image
idle Up
Image