Page 1 of 3

KOPLING RAPTOR TITAN

Posted: 30 Oct 2007, 17:33
by Iskandar Komar
Bpk Bpk yang baik,

Saya punya heli kok rewel banget sih, masalahnya saya punya kopling sudah diganti baru baru ini , tapi baru diterbang beberap kali masalahnya timbul lagi.
Kalu habis terbang kopling suka masih lengket , jadi begitu kita hidupkan gak bisa idle mesin sering mati karena bladenya kita tahan pakai tangan, namun sebaliknya begitu distart trotle agak gede mesin hidup tapi blade langsung mau muter agak berat sekali blade bila ditahan dengan tangan .
Kemudian kita bongkar kopling dan koplingnya agak ngembang kok gak balik semula posisinya .
Mohon bantuannya kira kira apa yang perlu diganti lagi.....apa koplingnya atau kopling beltnya


Rgrds,

Iskandar komar

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Posted: 30 Oct 2007, 20:21
by Snowman
Pak Is,... diamplas aja housingnya,...beres tuh

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Posted: 30 Oct 2007, 21:16
by Iskandar Komar
Snowman wrote:Pak Is,... diamplas aja housingnya,...beres tuh


Pak Snow,

Tempohari perna kite coba amplas yang ade didalam housing itu, sebelum aku ganti kopling yang baru, namun bile kita terbangkan 2, 3 kali koplingnya ngembang tak mau balek normal lagi.
Jadi waktu kita sart lagi penyakit lama timbul lagi begitu hidup enginenye sambil blade kita tahan dengan gas idle die mesti mati, tapi gas agak besar sikit mesin hidup terus namun blade kite harus pegang dng kuat.....mungkin kah belt dihousing kita ganti karene kelihatannya spacenya antara kopling dng belt sudah agak renggang sangat....help pak.


Rgds,

Iskandar Komar

Posted: 30 Oct 2007, 21:38
by Snowman
koplingnya ngembang tak mau balek normal lagi.....?
kalau baru apalagi bapak sudah ganti ...saya pikir bukan koplingnya......
coba cek shim/plat penyangga kopling salah nggak masangnya.....

teman saya Fiha pernah kejadian juga dengan gassernya ..... kampas kopling sudah diamplas masih juga,...
setelah diperiksa lagi ternyata engine nggak center,.....kemudian eng diturunin dan dipasang ulang,...akhirnya beres juga sampai skarang

smoga membantu

Posted: 30 Oct 2007, 21:50
by Iskandar Komar
Snowman wrote:koplingnya ngembang tak mau balek normal lagi.....?
kalau baru apalagi bapak sudah ganti ...saya pikir bukan koplingnya......
coba cek shim/plat penyangga kopling salah nggak masangnya.....

teman saya Fiha pernah kejadian juga dengan gassernya ..... kampas kopling sudah diamplas masih juga,...
setelah diperiksa lagi ternyata engine nggak center,.....kemudian eng diturunin dan dipasang ulang,...akhirnya beres juga sampai skarang

smoga membantu


Pak Snow,

Baik pak, akan saya cek dulu, bile nanti saye pulang, maksudnya plat tipis yang ada dibawah kopling bukan begitu ...pak, tapi rasa saya pasang masuk kedalam as dan berikut kopling diatasnya lalu dikencengin dengan dua baut . kira - kira untuk mengcek engine senter gaknya gimana ya .... moho di jelaskan pak caranya....pak Snow , sayang waktu dulu waktu bpk mampir Ke MGT saye ade disana bisa cakap cakap......ha ha ha .


Rgds,

Iskandar komar

Posted: 31 Oct 2007, 08:59
by sudjai sarmo
Kalau bisa jangan diamplas, clutchshoe nya saja dijepit ragum sampai sedikit mengecil kurang lebih 0,5mm dari ukuran normalnya. Raptor saya kemaren juga sama, diganti clutchbell punya Titan malah maunya idle saja mainblade sudah muter.

Posted: 31 Oct 2007, 11:29
by Iskandar Komar
sudja'i sarmo wrote:Kalau bisa jangan diamplas, clutchshoe nya saja dijepit ragum sampai sedikit mengecil kurang lebih 0,5mm dari ukuran normalnya. Raptor saya kemaren juga sama, diganti clutchbell punya Titan malah maunya idle saja mainblade sudah muter.


Pak Ja'i.

Many thx pak, kemaren clutch sudah saya lakukan seperti kata bapak, tapi dgn cara saya getok dikit pake palu agar dia kembali normal, dan lalu saya pasang lagi dan kemudian distart engine normal bisa idle. Namun setelah terbang beberapa kali, penyakitnya kambuh lagi.
Tapi begitu diamati jarak kopling dengan belt yang didlm housing agak renggang sekali dan mungkinkah ini salah satu penyebabnya kopling mengembang terlalu lebar sehingga agak sulit dia mingkup lagi secara normal.
Pak kira kira berapa milimeter space antara kopling vs belt tsb yang direcomended.
Selama ini saye agak sulit engine idle karena engine mati dengan blade kita tahan, kalu gak salah waktu masih baru dulu waktu engine idle blade gak muter sama sekali dan sekarang kok jadi gak bisa idle.Tolong pak solusinya .

Rgds,


Iskandar komar

Posted: 31 Oct 2007, 12:24
by e12ry
wah kalo itu emang penyakitnya raptor pak engage..... hampir semua rapto begitu pak....
kalo saya saya diemin aja..... kalo jebol baru ganti...
cuman saran pak jai di ragum sih bisa...... cuman lama2 gitu lagi....
bosen juga.... ahirnya di diemin aja...

Posted: 31 Oct 2007, 13:25
by sudjai sarmo
Toleransi antara clutch shoe dengan clutch bell waktu sama2 baru pernah saya ukur 0,5mm.

Posted: 31 Oct 2007, 14:20
by Iskandar Komar
e12ry wrote:wah kalo itu emang penyakitnya raptor pak engage..... hampir semua rapto begitu pak....
kalo saya saya diemin aja..... kalo jebol baru ganti...
cuman saran pak jai di ragum sih bisa...... cuman lama2 gitu lagi....
bosen juga.... ahirnya di diemin aja...


Mas e12ry,

Wah kalau itu penyakitnya Raptor aneh juga ya ... jadi gak bisa idle dengan anteng engine mati melulu, aku gak paham jalan keluar ngatasinya......
Kalau Trotle agak gede dikit blade pinginnya muter melulu ....agak kuarang nyaman juga startingnya.


rgds.

Iskandar Komar