Page 1 of 1

L.R.K ??

Posted: 08 Feb 2007, 08:43
by iwan21
[/b]

Nah akhirnya dapet juga stator dg 12 pole, menimbang lagi pada cerita L.R.K maka ini akan diniatin dibikin L.R.K aja deh.

Image

Diameter stator 27mm, bandingin ama sebelahnya yg 9 pole, 22mm

Keuntungan L.R.K :
1. Torsi gede.
2. RPM tinggi.

1. Cara gulung :
setiap stator dilompatin satu, jadi dg 12 pole cuman 6 stator yg digulung, ini akan dapet rpm yg tinggi .
2. karena pole statornya tetep di itung 12, maka jumlah magnetnya mesti 14, ini akan dapet torsi yg gede.

Gitu teorinya, nanti kita buktiin deh kalo udah dikerjain.
Masalahnya sekarang diameter shftmya 5mm, itu mesti diakalin supaya bisa pake shft 3mm standar nih..

Posted: 08 Feb 2007, 10:00
by Abi Ghiffa
Finally dapet juga yang 12 pole, kalau ada lebihnya bolehlah di Jakarta-kan satu :pickme:
Btw dapetnya dari CDROM merka apa yach, kok saya dah bongkar 12 CD-ROM masih belum nemu juga, apa mesti yang ke 13 nich :D

Tapi menurut desas desus sich ada di TEAC SCSI CD ROM "CD-W54F" atau "CD-W516E".
Malahan ada terdapat 2 motor brushless dalam 1 cdromnya.

Ditunggu reportnya pak Rodji.

Posted: 08 Feb 2007, 10:31
by iwan21
Saya dapet bongkar ZIP drive, bukan dari cdr O:) , kalo mau ngakalin bisa juga dari HDD ATA, cuman karena statornya tipis ( 2mm rata2 ) jadi mesti didobel atau triple deh.
Kalo ex ZIP drive ini lumayan, 5mm tebel statornya, dan karena cuman satu2nya enggak bisa di Jakarta-in he heh he

Posted: 08 Feb 2007, 10:53
by coyo
Om Roji, setau sy motor LRK itu torsi gede tapi RPM nya rendah bgt, jd cocok buat prop besar

Image

Posted: 08 Feb 2007, 11:02
by iwan21
Bentar saya cari, kayaknya yg DLRK yg rpm tinggi dan torsi gede...

Posted: 08 Feb 2007, 11:03
by iwan21

Posted: 08 Feb 2007, 11:39
by Abi Ghiffa
Dan kalau mau refer ke sitenya ada disini nich :
the LRK Site

Posted: 08 Feb 2007, 11:51
by coyo
klo menurut ini motor DLRK gulung kawatnya gak ada yg dilompatin
http://www.micronradiocontrol.co.uk/docs/KH-257-2.pdf

Untuk 10 & 14 magnet:
DLRK: AabBCcaABbcC
LRK: A-b-C-a-B-c-

tp sy blm nemu LRK vs DLRK keunggulan & kelemahan masing2? (internet lg lelet hiks......)

Posted: 08 Feb 2007, 11:57
by coyo
tambahan dari file yg tadi, karateristik motor dari perbedaan jumlah magnet:

Untuk 10 magnet
RPM : tinggi
Torsi : rendah

Untuk 14 magnet
RPM : sedang
Torsi : sedang

Untuk 16 magnet
RPM : rendah
Torsi : tinggi

Posted: 08 Feb 2007, 14:05
by iwan21
Ini juga bisa dijadiin referensi :

http://www.torcman.de