Page 1 of 3

beda seting engine untuk fuel nitro 15%&30%

Posted: 22 Dec 2007, 22:01
by rindra
kalo seting engine biasanya untuk fuel nitro15% trus ganti pake nitro 30% biasanya needle dibuat rich ato lean ya?
hari ini coba seting engine heli pake fuel nitro 15%, engine dibuat rich biar gak over heat (jadinya agak brebet di throttle 30-40%) idle up juga asepnya banyak, trus ganti pake nitro 30%, brebet ilang power juga jadi gede banget, setelah +-5 menit idle up suara mesin berubah, cepet-cepet landing pas diliat baut medium needle valve udah ilang entah kemana, engine juga ngebul (over heat), kok bisa copot ya?over heat gara-gara copot baut medium needle ato salah seting karbu ketika ganti fuel nitro 15% ke 30%? mohon pencerahan dari suhu-suhu grage (disini gak ada temen diskusi, yang ada cuma bengong ](*,) ](*,) )

Re: beda seting engine untuk fuel nitro 15%&30%

Posted: 22 Dec 2007, 23:12
by Dharwinz
rindra wrote:kalo seting engine biasanya untuk fuel nitro15% trus ganti pake nitro 30% biasanya needle dibuat rich ato lean ya?
hari ini coba seting engine heli pake fuel nitro 15%, engine dibuat rich biar gak over heat (jadinya agak brebet di throttle 30-40%) idle up juga asepnya banyak, trus ganti pake nitro 30%, brebet ilang power juga jadi gede banget, setelah +-5 menit idle up suara mesin berubah, cepet-cepet landing pas diliat baut medium needle valve udah ilang entah kemana, engine juga ngebul (over heat), kok bisa copot ya?over heat gara-gara copot baut medium needle ato salah seting karbu ketika ganti fuel nitro 15% ke 30%? mohon pencerahan dari suhu-suhu grage (disini gak ada temen diskusi, yang ada cuma bengong ](*,) ](*,) )


duh aku juga baru mo coba heli engine... jadi blm bisa bantu ](*,) , semoga cepet2 dibahas dech...

Posted: 23 Dec 2007, 04:04
by sudjai sarmo
Kalau ada medium needle berarti ini engine kelas 90. Kalau OS50Ring Hyper nggak pakai medium needle.

Posted: 23 Dec 2007, 16:44
by rindra
sy pake karbunya memang os60k, engine os 50, bisa jalan kok (sebetulnya sy jg gak tau itu buat os 60 ato 90), powernya jadi ok loh cuma ya itu tadi masalhnya

Posted: 23 Dec 2007, 20:57
by rindra
seting buat nitro 30% uda ketemu, lebih gampang nyeting pake 30% ya, gak ada brebet, pake yang 15% kok brebet terus di throttle sekitar 20-40% kenapa ya? trus kalo pake gyro 401 delay biasanya diset berapa ya?(servo bawaannya) soalnya kalo idle up kadang masih ada godek2

Posted: 24 Dec 2007, 03:54
by sudjai sarmo
Rappy saya Gyro 401 untuk Delay diposisi 0, mode Normal sensitivitasnya di 60% AVC.

Posted: 24 Dec 2007, 07:39
by Yudha
Saya pake delay 0, normal gain 70 % iddle up 60 %

Posted: 25 Dec 2007, 11:24
by rindra
uda dicoba nih, ternyata emang ngelock, kenapa kemarinnya enggak ya? mungkin sugesti dari pendapat orla... kalo tail blade nya lentur ngaruh enggak ya?

Posted: 26 Dec 2007, 09:47
by e12ry
Buntut ngga nge lock.....
1. kalo saya boleh tahu posisi gyro nya di mana ya? apakah di taro di depan? atau deket dengan servo lainnya.... such as cyclic servo dll... biasanya pas gyro initial dia ngga boleh goyang soalnya...... kalo di ada goyang dikit aja...... jadi slengeean buntutnya.....
2. apa kah ada binding di tarikan servo rudder? Coba buka linkage tarik tekan pake jari.... kalo 100% loss berarti ngga ada binding..... kalo rada seret berarti harus di bikin ngga seret dulu....
Dari pengalaman pribadi saya..... dulu buntut ngga nge lock gara2 itu....

15% - 30% = Di rich in dikit......
30% - 15% = Di lean nin dikit.....

Semoga membantu....
Regards
Erry S.

Posted: 26 Dec 2007, 09:48
by e12ry
kalo pake 15% nge brebet..... mixture valve mesti di cekek dikit..... kalo needle dah dapet setelannya baru mixturenya di buka dikit2 sampe ke tahap hampir brebet.....