Page 1 of 2
Batrei lipo habis crash?
Posted: 30 Mar 2008, 14:47
by John
halo rekan-rekan.....
saya punya batrei lipo FP 25C 2170 mh
waktu crash batrei mengangalami penyok sedikit (menghantam aspal)
jd ada kemingkinan sel terluar ada sobek sedikit ...(kecil sih paling sebesar tusukan jarum)
sampai saat ini belum saya charge dan digunakan
apa ga berbahaya.....kalo tegangan masih normal2 aja....
Posted: 30 Mar 2008, 21:46
by Ravenchan
halo bang. salam kenal. Jika sekedar penyok yang tidak merubah bentuk fisiknya secara keseluruhan biasanya masih aman. Tapi perlu diperhatikan jika bungkusan batere lippo sampai koyak dan ada cairan yang keluar lebih amannya jgn dipakai lagi. Safety first. Btw pembahasan tentang lippo seperti ini sudah pernah dibahas teman-teman di forum ini. Silahkan dibaca thread2 yang ada di subforum ini.
Posted: 31 Mar 2008, 07:16
by anes74
Re: Batrei lipo habis crash?
Posted: 31 Mar 2008, 08:10
by MrDoms
John wrote:halo rekan-rekan.....
saya punya batrei lipo FP 25C 2170 mh
waktu crash batrei mengangalami penyok sedikit (menghantam aspal)
jd ada kemingkinan sel terluar ada sobek sedikit ...(kecil sih paling sebesar tusukan jarum)
sampai saat ini belum saya charge dan digunakan
apa ga berbahaya.....kalo tegangan masih normal2 aja....
salam kenal om John...
saya sependapat dengan om ravenchan...
menurut pengalaman saya batrenya masih bisa diselamatkan.... batre saya pernah cobel akibat crash, sampai kelihatan isi liponya akibat ketusuk dahan pohon.... waktu itu batre panas tapi voltase setiap sell masih >3Volt.... sampai dibawa pulang kerumah juga masih panas... langsung saya masukkan ke fridge sekitar setengah jam (5 menit saja didalam kulkas batre masih panas juga) setelah dingin langsung saya plaster bagian yang cobel, kemudian di balance charged kan...
sampai sekarang batrenya masih punya performa yang sama...
perlu diingat: harus hati-hati dalam pekerjaan apalagi waktu nge charge...
Posted: 31 Mar 2008, 12:39
by deden96
Lipo saya hbs crash nunjukin voltage tiap cell msh balance! Voltage total msh 11-an volt.
Tapi kenapa thrust motor BL jadi lemah ya?
Posted: 31 Mar 2008, 13:40
by MrDoms
om deden
wah... ini mesti minta penerawangan suhu christo..... moga-moga beliau mau mampir...
apakah kalau batre dicobakan kemotor2 yang lain juga membikin kendor tenaga motor yang lain?
menurut pemahaman saya sih... kalau voltase masih oke.. putaran mesti sesuai KV motor x voltase batre... tapi kalau ndak... munkin motornya bekas crash juga, jangan-jangan ada yang nyangkut di motor atau shaftnya bengkok dan biasanya motor cepat panas.
Posted: 02 Apr 2008, 22:04
by John
Posted: 03 Apr 2008, 06:15
by Budiman
deden96 wrote:Lipo saya hbs crash nunjukin voltage tiap cell msh balance! Voltage total msh 11-an volt.
Tapi kenapa thrust motor BL jadi lemah ya?
Mas Deden,
Battery lipo pasca crash,ada kemungkinan mengalami cacat pada salah satu cell karena impacted..tegangan yg terukur di battery belum tentu menjamin akan memberikan performance yg sama wktu masi baru,karena tegangan yg sampean maksud hanyalah tegangan apung ato floating voltage...
Tegangan yg kita butuhkan utk menggerakkan motor adalah tegangan buang..ato discharge voltage...nilai discharge voltage inilah yg harus kita perhatikan.
Seperti kasus yg terjadi pada Pak John..salah satu cellnya udah cacat..biasanya cell yg cacat kemampuan untuk menyimpan tegangan sudah berkurang..sehingga discharge voltage jg payah..dan satu lagi, susah utk diballance...berdasarkan pengalaman saya, kemungkinan utk meledak belum terjadi..ya jangan sampailah
Saran saya si, battery yg seperti ini jangan dipake lagi buat terbang de...karena akan membuat motor BL panas...karena motor tidak mendapatkan supply arus yg seimbang dr masing2 phase...akibat selanjutnya..ESC jg panas sehingga cut off krn high temperature...dan helipun akan mencium bumi dengan sukses...
Lebi baik battery yg begini cukup dipake buat setting up di darat aja,seperti cek servo,pitch,dsb..lalu utk terbang pake battery yg lebi OK...
Dan satu lagi..Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tegangan tiap cell,ballance ato tidak...selalu menggunakan ballancer pada waktu charging...lebi bagus lagi menggunakan active ballancer...jika memungkinkan...karena active ballancer lebih menjamin life time battery utk bertahan lebi lama..
Demikian, semoga bisa membantu
salam,
Budi
Posted: 03 Apr 2008, 13:20
by Syafik
Lengkap penjelasannya mas...
@John: gimana hasilnya setelah ditambal, apa aman saja...
Posted: 05 Apr 2008, 14:10
by John
Syafik wrote:Lengkap penjelasannya mas...
@John: gimana hasilnya setelah ditambal, apa aman saja...
ya untuk sementara masih aman2 aja, belum dipakai secara maksimal
( cuman dipakai utk hover dan setting2 maklum pasca crash perlu banyak setting ulang)
jadi belum ketahuan performance sampai dimana?
kebetulan juga masih ada 1 batrei yg masih ok...