Page 1 of 3

Pengecekan baut head silinder dan mufler.....Kapan?

Posted: 23 Jul 2008, 08:21
by sahid
Mohon saran dan trik agar baut head silinder engine os 50 dan baut mufler g' selalu kendor
Kronologis : heli engine 50 break in bulan maret 2008, terbang rata2 2 x / minggu, masuk bulan mei sambungan mufler mulai rembes....setelah ketahuan rembes tersebut : setiap mau terbang diadakan pengecekan dan dikencangkan ( selalu kendor ) Puncak fatal pada hari minggu 20 juli mufler lepas pada ketinggian 20 meteran ( setelah terbang sekitar 6 menit )..shg helli crash. Padahal sebelum terbang udah di cek dan baut dikencangkan dan g' ada gejala slek.

Sekarang drat di muffler udah SLEK ( setelah crash ), dimana kesalahannya ? baut kendor juga terjadi pada silinder head....apa g' boleh kencangkan baut waktu dingin?

Posted: 23 Jul 2008, 08:51
by Abi Ghiffa
Problem sama dengan saya, kalau saya malah gak nemu-nemu baut yang cocok buat muffler hiks,...tapi saya di pesawat om.

Udah diberi "ramuan" namanya threadlock kalo gak salah, cuman itu karena bautnya gak kompak jadi kendor mulu.
Mohon saran segera, (secara dah mau sabtu nech ;D)

Posted: 23 Jul 2008, 08:52
by Budi
Saya punya pengalaman yang sama, ada beberapa trik yg saya lakukan dan sampai hari ini sudah tidak masalah, siapa tahu salah satunya membantu
1. pengencangan dilakukan pada saat mesin Panas. pada saat memuai
2. menggunakan counter rotation atau 2 mur berlawanan
3. high Temp silicate gasket (Devcon yang Merah)

selamat mencoba......

Posted: 23 Jul 2008, 08:56
by Abi Ghiffa
Pemula 1 wrote:...
2. menggunakan counter rotation atau 2 mur berlawanan

Ini dapet baut counter rotation dimana ya ?


Pemula 1 wrote:...
3. high Temp silicate gasket (Devcon yang Merah)...

Yang ini juga beli gasketnya dimana, apakah ada di sparepart mobil/motor ?



Thanks

Posted: 23 Jul 2008, 09:06
by Budi
2. counter rotation nut itu sebenarnya 2 mur yang dipasang pada baut diputar berlawanan sehingga ngunci, biasanya di terapkan pada pemasangan engine mounting pak..... saya mohon maaf mungkin penjelasannya kurang baik....tolong dong oom oom senior...

tapi ini nggak berlaku jika knalpotnya nggak pake mur (built in thread muffler seperti Hatori, Align, FunTech), harus diganti sama baut yang lebih panjang.

3. Benar oom Abi, belinya di toko service Motor, biasa pake untuk kenalpot motor......

sampai detik ini semua muffler saya 30, 50, sampai yg 90 Alhamdulillah aman.......

Posted: 23 Jul 2008, 09:17
by zq
Salam kenal oom Sahid,
klo pengalaman saya agar antara mufler & engine tdk terjadi rembesan & kendor,
pertama kita lepas dulu mufler & engine dari heli, lalu bersihkan permukaan mufler& engine yang saling berhubungan dari kotoran sisa pembakaran, lalu kita mengamplas permukaan mufler & engine bergantian di atas kaca sebagai media tatakan agar hasilnya baik, bisa menggunakan amplas halus tetapi akan lebih baik menggunakan amplas pasta seperti AUTOSOL, klo saya menggunakan autosol, tidak perlu lama mengamplasnya yang penting permukaan mufler & engine sudah bersih dan rata lagi, lalu kita pasang kembali mufler dan engine di heli,
pasa saat pemasangan mufler ke engine agar tidak terjadi rembesan lagi kita menggunakan packing cair seperti THREEBOND di permukaan mufler & engine, untuk drat mufler yang rusak kita bisa menggunakan baut yang lebih panjang dan dikencangkan dengan mur & menggunakan threadlock,
untuk baut di silinder head cukup dikencangkan lagi dengan menambah torsi sedikit agar tidak mudah kendor, dan selama ini saya selalu mengencangkan baut dalam kondisi dingin,
mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa membantu O:)

Posted: 23 Jul 2008, 09:27
by ucha
Pemula 1 wrote:Saya punya pengalaman yang sama, ada beberapa trik yg saya lakukan dan sampai hari ini sudah tidak masalah, siapa tahu salah satunya membantu
1. pengencangan dilakukan pada saat mesin Panas. pada saat memuai
2. menggunakan counter rotation atau 2 mur berlawanan
3. high Temp silicate gasket (Devcon yang Merah)

selamat mencoba......


:bow: :bow:
Pakai baut & nut saja..

Posted: 23 Jul 2008, 09:50
by flytosky
kalau sy pake lem silicon yang tahan panas (warna merah), dan rembesan pun menghilang. membersihkan lem itu kalau memang tidak diperlukan lagi pun cukup gampang, tinggal tarik pake dua jari aja udah lepas.

kalau soal baut muffler yang kendor...apa mungkin waktu ngunci pertamanya terlalu kencang? washer nut nya masih dipakai kan?

Posted: 23 Jul 2008, 13:09
by yuda
Kalo pengen gampang yah ganti mufler baru, tapi resikonya boros :D ..
Yang hemat & mudah bisa pake caranya flytoski, saya juga menggunakan lem sylikon anti panas & ga'ada masalah mpe saat ini,,
untuk Drat yg udah dol, bautnya ganti yg lebih panjang aja & dikasih mur seperti konstruksinya mufler MP550,, beres dah..
Kalo kebiasaan saya abis terbang hely dibersihkan sendiri sambil ngecek semuanya, jadi flight berikutnya udah langsung terbang..

Posted: 23 Jul 2008, 13:27
by ucha
Kalau pakai lem akan susah saat mau maintenance engine.
Pakai gasket lebih simple.