Page 1 of 2

CONTRA ROTATING MOTOR

Posted: 03 Aug 2008, 00:03
by sutana
Om iwan dah nyoba bikin ini belum
Image
ini versi CDR
Image
Image
Image
Image
bel nya di bikin ulang di tukang bubut
mo bikin pake BL lonceng akh tapi nabung dulu nich............................

Posted: 03 Aug 2008, 07:06
by iwan21
Yg versi CDR sih masih bisa dibuat, cuma kendala nanti cari propeller yg berlawanan arah...itu yg langka

Posted: 03 Aug 2008, 07:07
by Ravenchan
kalo boleh tau.. apakah dengan pemasangan prop demikian akan efektif bekerja? seperti mirip dengan heli-heli coax lama v3. apakah untuk dipasang ke pesawat?

Posted: 03 Aug 2008, 07:21
by iwan21
begini bang kata teorinya, kita bisa menggunakan prop dg diameter lebih kecil utk mendapat thrust yg besar

Posted: 03 Aug 2008, 14:48
by AgoesAurelz
Dulu waktu masih era pswt propeller, contra rotating system sempet populer... tapi perkembangan terakhir (sebelum masuk era pswt jet) balik lagi ke prop biasa/classic.. Apa mungkin Contra rotating dipandang kurang efisien/efektif??

Kalo di dunia R/C aeromodelling, sejauh mana system diatas (bila dilihat dari segi efektif/efisien) dibandingkan dgn menggunakan satu motor,
menurut suhu gimana?

Posted: 04 Aug 2008, 17:43
by jedx
Mungkin ESCnya juga harus 2 biji ya...
Batere juga lebih gedhe....

Posted: 04 Aug 2008, 20:48
by sutana
Betul om jedx, ESC nya 2 biji
Image
Image
untuk lebih jelasnya ini link-nya
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=246407

Posted: 05 Aug 2008, 09:46
by iwan21
di dunia per aeromodellingan , biasanya dipake kalo mau bikin pesawat yg bener2 scale kayak Gannet.atau Seafire yg emang aslinya pake contra rrotaing prop

Posted: 05 Aug 2008, 12:32
by Syafik
kalau pake contra rotating tentunya tidak perlu memberikan sudut thrust ya...

Posted: 05 Aug 2008, 12:36
by iwan21
Syafik wrote:kalau pake contra rotating tentunya tidak perlu memberikan sudut thrust ya...


side thrust mungkin bisa hilang karena 2 mtr berputar berlawanan arah uda mengkompensasi/menghiulangkan efek torque dan juga bisa pake prop dg diameter lebih kecil, tapi down thrust sih tetep kudu ada, itu kan kompensasi saat power ditambah agar hidung enggak mendaangak