Page 1 of 1

Heli Lama... what If..

Posted: 10 Aug 2008, 18:06
by widodo
Suhu-suhu mohon pencerahanya buat ke nitro:

Punya Hirobo lama, tapi nggak punya supporting tools yang lainya.... ](*,) ](*,) , jadi perlu beli-beli Stater, fuel pump and glow driver....

Stater: Prolux stater dari sisi harga paling make sense, stater shaft sudah integrated TCO paling kecil, dibilang bisa sampai engine 39, kalau memang rencana nggak kearah heli-heli besar worthed nggak ya ?

Fuel pump: Yang cost efficient apa ya ?

Glow driver: Prinsipnya kan cuman batere 1.5V, sudah pakai glow extension jadi kalau langsung di baterai nimh paralel 2 bisa nggak ya ?

Batere reciever: standarnya cuma 4 cell langsung di connect ke reciever, cuman mikir kok rada-rada ngeri juga ya nanti kalau voltage drop karena drain servo mungkin nggak reciever/gyro cutt off ? Kalau Pakai baterai 6 cell Nimh, di series trus tambah regulator pernah ada yang coba ??.

Kalau memang visible kan tinggal pasang rumah batere TX, modif serial arrangement sedikit (8 baterai di arrange jadi 2 rangkaian 6 dan 2), baterai untuk glow driver di seri dengan kabel glow extension jadi kalau mau hidupin tinggal short connector glow di luar.

Just my wild imagination..., input highly appreciated

Posted: 10 Aug 2008, 20:00
by Budi
Pak Widodo,
jangan nanggung2 pak, saya yakin Bpk tidak akan stop di Heli Lama kelas 37...... Jadi sekalian daftar Belanja:

long Term:
- Sullivan Starter + Shaft + Batt casing
- Sulivan pump
- handy glow plug (macem2 mereknya) atau pakai Align 2 in 1 BEC system(RX power source 5.8 volt built in glow driver + 7.4v 2cells lipo)
or RX 5 cell nicad (awas gyro sero ada yg nggak terima >5.1 vol)

Posted: 10 Aug 2008, 20:28
by jaka
wah jadi ketempuhan nih .... 8-[ satu lagi keracunan nitro......

nah itu bos ikutin saran om pemula 1 .......ampuuuuunnnnn....

Posted: 10 Aug 2008, 21:33
by widodo
Makasih Om Pemula atas saranya, tapi malu ah beli sulivan... masa belinya belum lunas udah beli stater yang gaya #-o ...
Anyway, tadi nguprek-uprek nemu ESC DF60(brushed) kayaknya mau coba rancangan om WR deh bikin sendiri on board glow driver mumer nanti coba di mixing sama thortle ... jadi kalau lagi low thortle glownya nyala sedikit-sedikit

Untuk baterai, itu juga concern saya gimana make sure baterenya nggak drained jadi kayaknya mendingan pakai 6 cell Nimh regulated down...

Btw ternyata nitro ngupreknya sama asyiknya juga kaya electrik ya... next challange ATG 80rb perak kali ya... 8-[ 8-[

p.s. kabel halus di canopy udah di bersihin sama anak saya, dia bilang ada rambut nempel...aduhhhh ](*,) ](*,)

Posted: 11 Aug 2008, 07:05
by Budi
Sayang kalo kabel(rambut)nya putus oom, itu dash board instrumen panel(meter) nyala indiglo biru cantik sekali...apalagi kalo terbang senja.........wuih......kelihatan scale habis.....

saya pernah ukur, sekali terbang heli lama ini hanya menghabiskan 320mAH, jadi kalo pakai nicad 1500mAh bisa 2-3 kali terbang masih aman sebelum ngecharge lagi.....no worry, yg penting sebulan sekali nicad di cycle(discharge/recahrge)....

on glo driver bikin sendiri aja om, pakai 1 batt ukuran D atau AA yang 2000mAH dikasih switch dah beres(jgn lupa matikan sebelum terbang).....saya terapkan ini di pesawat nitro praktis banget.....

Posted: 11 Aug 2008, 12:27
by sahid
on glo driver bikin sendiri aja om, pakai 1 batt ukuran D atau AA yang 2000mAH dikasih switch dah beres(jgn lupa matikan sebelum terbang).....saya terapkan ini di pesawat nitro praktis banget.....[/quote]

peletakan batt yg ideal dimana oom?( heli eng 50 )....wah koq g' kepikiran dari kemarin dri pd ribet psg glow plug extension...... #-o #-o #-o

Posted: 11 Aug 2008, 13:44
by widodo
@Om Sahid: Kalau saya sih pakai rumah baterai TX, kan bisa 8 baterai: 6 buat RX + Servo (pakai regulator homemade) trus 2 buat glow driver. Pakai Sony nimh 2200mA (15rb-an di pasar cibubur).

Posted: 12 Aug 2008, 06:26
by Budi
wah Oom Widodo emang cerdas dan kreatif....saya malah nggak kepikiran pakai batt casing TX, cuma emang perlu modif ya pak utk misah-in 5/6 cell dgn 2 cell........brilliant.

@ Oom Sahid, saya rata2 letakkan di engine mounting di ikat dgn cable ties. sedang kan swithc bisa di taruh dimana aja.

Ada untungnya kalo lupa matiin on glo driver ini, pada saat engine idle nggak gampang mati.....terutama kalo glo plug udah lemah......cuma batt cepet habis. jg lupa buat extension untuk nge-charge (bisa dari bekas connector servo)

Posted: 12 Aug 2008, 09:32
by sahid
praktis,cerdik, tepat guna.... =D> =D> =D> ...inilah untungnya forum ini hal2 yang sgt brguna bs terbuka di sini...makasih para senior....