Page 1 of 3
Lippo sebagai Power RX
Posted: 17 Nov 2008, 13:33
by Abi Ghiffa
Saya menggunakan Lippo sebagai power di Pesawat Engine saya,.dengan skema sbb:
Mohon masukan dan saran atau komentarnya,...
(Cape juga beli batre A2 atau NIMH)

Re: Lippo sebagai Power RX
Posted: 17 Nov 2008, 14:06
by dedy_r450
Abi Ghiffa wrote:Saya menggunakan Lippo sebagai power di Pesawat Engine saya,.dengan skema sbb:

Mohon masukan dan saran atau komentarnya,...
(Cape juga beli batre A2 atau NIMH)

Wah kalo ini udah pasti bisa deh bang,.. kan klo elektrik emang seperti itu..
tapi fungsi esc disitu bukan sebagai esc lagi tapi hanya berfungsi sebagai stepdown/BEC.. *bener ga sih ini istilahnya ..

Posted: 17 Nov 2008, 14:14
by NF
YUP....................100% bener........,esc cuma jadi volt converter.....
Posted: 17 Nov 2008, 14:14
by sahid
Saya juga pakai oom, awet n panjang umur....pakai batt 2 sel 1800 mAh setiap terbang rata2 4 kali isi fuel dengan step down bekas punya esc tower pro yg sudah jebol ESC nya, ternyata step downnya masih ok.....minggu kemarin udah tiga minggu batt belum minta cas.......
Posted: 17 Nov 2008, 14:36
by Charles
Bagaimana jika motornya tetap diaktifkan tetapi digunakan untuk menggerakkan pompa fuel ke karburator, tentunya di mix dengan throtle! Sehingga tidak perlu lagi selang dari knalpot ke tanki, dan tidak ada lagi masalah suplai fuel ke engine walau pesawatnya jungkir balik.
Posted: 17 Nov 2008, 14:53
by Budi
Wah solusi yang baik dan cerdas......karena banyak nih ESC yg BECnya masih bagus......cuma sekarang pertanyaannya, bagai mana tahu powernya cukup untuk servo2 yg torqnya besar? tolong

Posted: 17 Nov 2008, 14:54
by Abi Ghiffa
Lah powernya khan pakai BEC dari ESC tersebut om,..tetap dijamin 6v,...(atau 4,6?),..jadi no problem,..kasih Lipo yang gede Amp nya
Posted: 17 Nov 2008, 15:20
by AgoesAurelz
sama dengan cara om Abi Ghifa, saya udah sering coba kok... selama ini aman-aman saja...
Posted: 17 Nov 2008, 15:21
by sudjai sarmo
Kalau tujuanya hanya sekedar agar bisa dipakai Receiver dan Servo sih bisa, tetapi dengan Step Down Regulator seperti yang ada di ESC akan terjadi pemborosan Power. Hitung saja kalau beban keseluruhan ada sekitar 800mA pada 6V sedangkan pada LiPo ada 12V maka selisih Volts Input dikurangi Volts Output dikalikan Arus maka akan ada selisih sebesar 12V-6V X 0,8A= 4,8W yang terbuang percuma dan diubah menjadi panas di Transistor regulator.
Agar kerugianya minimal apakah tidak sebaiknya pakai saja regulator swiching yang banyak dijual di HS dengan harga yang tak seberapa mahal. Atau mungkin ada pertimbangan lain ???????????
Posted: 17 Nov 2008, 15:25
by dedy_r450
sudja'i sarmo wrote:Atau mungkin ada pertimbangan lain ???????????
mungkin daripada harus beli volt converter lagi,.. ini ada esc yg becnya masih bagusmakanya dipake.. mungkin itu kali pertimbangannya..
tapi bener kata om dja'i,.. kalo sama-sama belum punya bec atau pus esc.. ya mending bli becnya aja yg harganya lebih murah dari esc.
Tapi ya ndak tau kalo main elektrik juga,.. jadi klo pas engine di terbangin escnya dipake becnya,.. tapi pas nerbangin yg elektrik,.. escnya diambil buat di elektrik..

weh sama2 efisiennya sih.. huehehehehe