AVANT Aurora Ultimate 90
Posted: 09 Dec 2008, 11:48
Sabtu kemarin, sudah tiba Avant Aurora di Manado, setelah penantian yang sangat panjaaaaang
Spec yang di siapkan untuk heli ini :
- Engine YS 91 SR
- Muffler Hatori 946
- Servo Cyclic BLS 451 x 3 (runing 7,2 Volt)
- Thortle Servo Futaba S9254
- Regulator Elly Q
- Gyro Solid G + DS 8900
- Governor ATG
- MainBlade V-Blade 690 TST
- Padle Align (ex. Trex 700)
- Tail Blade SAB 105 (ex. Synergy)
Perakitan.....
Tidak seperti kit heli merk yang lain, yang sudah 80% pre assembly dari pabrik, avant sama sekali dalam kondisi 0%. Semua parts tersusun dalam bag plastic secara systematis, berikut dengan code parts listnya. Membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk merakit heli ini sampai komplit sekaligus seting (sekedar perbandingan Trex 700/Vibe 50 membutuhkan 8-10 jam saja....) Proses perakitan cukup rumit mengingat semuanya dalam keadaan terurai, seperti contoh untuk merakit gear torque tube drive atau tail unit saja membutuhkan waktu 1-2 jam, karena kita harus menyeting ketebalan shim-nya trial & error supaya mendapatkan gear mesh yang no play.... ke presisian sangat di utama heli ini... sayangnya dalam kit yang saya dapat terdapat parts yang sama sekali tidak presisi.... Dudukan clutch ke engine pada avant sudah dibuatkan drat dari sononya, yang ternyata tidak match dengan ulir drat dari engine yang saya pakai.... juga kita perlu memodifikasi sedikit pada center block dudukan engine agar tidak mentok dengan regulator engine YS....

untuk pemasangan Electronik parts hampir tidak ada kendala, semuanya simple berada dalam satu lokasi yang tersusun rapih sehingga memudahkan kita untuk mengatur susunan kabelnya


Secara umum konstruksi chasis heli ini sangat kokoh dengan adanya penambahan stifner dari carbon di daerah engine blocknya, sehingga getaran yang timbul dari engine bisa sedikit di redam.

Untuk bagian tail serupa dengan synergy konstruksinya,... sayangnya masih banyak komponen plastic untuk menekan harga jual barangkali....

wah.. panjang deh kalau di uraikan satu persatu... mungkin sampe besok belum selesai... hehehe
nih ada lanjutan foto-fotonya... sayangnya canopy masih polos.... hari ini masuk salon dulu ah....
Liat dari Depan.... Body super Ramping.. Slim abis...

Dari samping heli ini kelihatan lebih tinggi 1 cm di banding synergy ataupun trex 700


Untuk Head banyak nilai plusnya nih heli..... bling-bling kalu kata orang

Blade Grip metalnya....

Head Programable bisa di set sesuka kita mau, stabil, super stabil, normal, aktiv atau super aktiv terserah kita.... tinggal menggeser-geser posisi bautnya

untuk Avant ini di seting pada posisi antara aktiv dan super aktiv....
setingan Cyclic yang di dapatkan mentok 8 deg dengan catatan swashplate full travel... kalau ingin lebih tinggal menggeser-geser secara manual/mekaniknya... untuk pitch saya kasih 12/-12 idle up 2.... cukup pusing juga nyeting head ini hanya saja qta bisa menyeting heli ini sesuai dengan keinginan kita.....

Setelah semuanya komplit tes flight/maiden dulu ah....

Review terbangnya...
Heli ini sangat stabil, powerfull, juga lincah, manuver-manuvernya terasa mantap seperti halnya heli-heli 3D kelas 90 yang lain....

menurut aku, heli ini Powernya mirip dengan competitor di class 90 yang lain, begitu pula kestabilannya...



Kelebihan heli ini selain dari modelnya yang cantik adalah pada kualitas parts metalnya yang sangat keras (paling terasa ketika saya memodif center blocknya... pakai gerinda baru ok,... (pake kikir udah sejam cuman 0,5mm...) cuman semuanya juga harus di tebus dengan harga yang mahal... apalagi kurs lagi tinggi
tapi sebandinglah dengan apa yang di dapat.... 
Spec yang di siapkan untuk heli ini :
- Engine YS 91 SR
- Muffler Hatori 946
- Servo Cyclic BLS 451 x 3 (runing 7,2 Volt)
- Thortle Servo Futaba S9254
- Regulator Elly Q
- Gyro Solid G + DS 8900
- Governor ATG
- MainBlade V-Blade 690 TST
- Padle Align (ex. Trex 700)
- Tail Blade SAB 105 (ex. Synergy)
Perakitan.....
Tidak seperti kit heli merk yang lain, yang sudah 80% pre assembly dari pabrik, avant sama sekali dalam kondisi 0%. Semua parts tersusun dalam bag plastic secara systematis, berikut dengan code parts listnya. Membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk merakit heli ini sampai komplit sekaligus seting (sekedar perbandingan Trex 700/Vibe 50 membutuhkan 8-10 jam saja....) Proses perakitan cukup rumit mengingat semuanya dalam keadaan terurai, seperti contoh untuk merakit gear torque tube drive atau tail unit saja membutuhkan waktu 1-2 jam, karena kita harus menyeting ketebalan shim-nya trial & error supaya mendapatkan gear mesh yang no play.... ke presisian sangat di utama heli ini... sayangnya dalam kit yang saya dapat terdapat parts yang sama sekali tidak presisi.... Dudukan clutch ke engine pada avant sudah dibuatkan drat dari sononya, yang ternyata tidak match dengan ulir drat dari engine yang saya pakai.... juga kita perlu memodifikasi sedikit pada center block dudukan engine agar tidak mentok dengan regulator engine YS....

untuk pemasangan Electronik parts hampir tidak ada kendala, semuanya simple berada dalam satu lokasi yang tersusun rapih sehingga memudahkan kita untuk mengatur susunan kabelnya


Secara umum konstruksi chasis heli ini sangat kokoh dengan adanya penambahan stifner dari carbon di daerah engine blocknya, sehingga getaran yang timbul dari engine bisa sedikit di redam.

Untuk bagian tail serupa dengan synergy konstruksinya,... sayangnya masih banyak komponen plastic untuk menekan harga jual barangkali....

wah.. panjang deh kalau di uraikan satu persatu... mungkin sampe besok belum selesai... hehehe
nih ada lanjutan foto-fotonya... sayangnya canopy masih polos.... hari ini masuk salon dulu ah....
Liat dari Depan.... Body super Ramping.. Slim abis...

Dari samping heli ini kelihatan lebih tinggi 1 cm di banding synergy ataupun trex 700


Untuk Head banyak nilai plusnya nih heli..... bling-bling kalu kata orang

Blade Grip metalnya....

Head Programable bisa di set sesuka kita mau, stabil, super stabil, normal, aktiv atau super aktiv terserah kita.... tinggal menggeser-geser posisi bautnya

untuk Avant ini di seting pada posisi antara aktiv dan super aktiv....
setingan Cyclic yang di dapatkan mentok 8 deg dengan catatan swashplate full travel... kalau ingin lebih tinggal menggeser-geser secara manual/mekaniknya... untuk pitch saya kasih 12/-12 idle up 2.... cukup pusing juga nyeting head ini hanya saja qta bisa menyeting heli ini sesuai dengan keinginan kita.....

Setelah semuanya komplit tes flight/maiden dulu ah....

Review terbangnya...
Heli ini sangat stabil, powerfull, juga lincah, manuver-manuvernya terasa mantap seperti halnya heli-heli 3D kelas 90 yang lain....

menurut aku, heli ini Powernya mirip dengan competitor di class 90 yang lain, begitu pula kestabilannya...



Kelebihan heli ini selain dari modelnya yang cantik adalah pada kualitas parts metalnya yang sangat keras (paling terasa ketika saya memodif center blocknya... pakai gerinda baru ok,... (pake kikir udah sejam cuman 0,5mm...) cuman semuanya juga harus di tebus dengan harga yang mahal... apalagi kurs lagi tinggi




