Page 1 of 1

Auto ROTASI GEAR/BLADE. masalh beres

Posted: 16 Jan 2009, 10:45
by zaki
mohon masukannya

pernahkah teman2 memperhatikan main gear dari heli engine?? jika di putar dengan tangan searah jarum jam maka blade akan ikut bergerak, dan jika di putar berlawanan maka akan LOSS ( bisa di putar tapi blade tidak ikut berputar karena ada one way bering di dalamnya )..

1....yang ingin saya tanyakan....main gear saya ( heli KNIGHT) kadang2 bisa di putar berlawan berlawan dgn arah jarum jam( tanpa blade berputar) tapi terkadang malah ngelok dgn Blade ( di putar berlawan arah jarum jam namun blade ikut bergerak)...apakah ada masalah dgn heli saya, khususnya di autorotasi blade nya??

2....jika di terbangkan sih normal2 aja ( yg saya rasa), apa efeknya? terutama saat trottle turun

3....jika sewaktu2 autorotation gear/blade ngeLOCK..kemudian saya terbangkan lagi kemudian saya cek lagi autorotasi gear/balde kembali normal( bisa di putar berlawanan arah jarum jam tanpa balde ikut berputar) :aduuuuh:

mohon masukannya

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 16 Jan 2009, 20:48
by sahid
kayaknya masalah, di lonceng yg agak seret shg masih nggesek/lengket dh linear kloss/kopling

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 23 Jan 2009, 10:42
by zaki
ternyato....autorotasi main gear with one way beringnya yg bermasalah ](*,) ](*,)
apakah autorotasi MAIN GEAR (with one way bering) knight bisa kanibal dgn yg lain ga?? jika stok kosong semua [-o<

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 24 Jan 2009, 08:46
by sahid
udah dicoba dg memberikan grease ke one waynya?

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 17 Feb 2009, 10:48
by zaki
ini kabar terlengkap [-o< [-o<

wah mangkin bingung aja neh ](*,) ](*,)

masalah:
oneway/autoraotasi di main blade klo di putar arah CCW harus nya free dan arah CW nge LOCK.. tadinya arah CCW nya free tpi dah berapa bulan ini ampe sekarang malah ngeLOCK...

cek:
akhirnya main gear saya lepas dari main shaft dan saya keluarkan,
1. saya coba putar2 gear clutch/gear engine dgn tangan, hasilnya bisa di gerakan CW/CCW nya free. NORMAL
2. saya coba putar main gear yg masih menyatu dengan oneway dan autorotasi nya..tapi arah CCW nya tidak dapat berputar, padahal dulu bisa di putar2/FREE, kecuali arah CW memang ngeLOCK.
3. saat saya mau copot shaft pendek/driven shaft dari one way malah ga bisa di cabut(pdhl sebelum nya bisa dgn mudah di cabutnya), akhirnya saya cabut dgn di ketok pelan2 ampe copot shaft pendeknya.
4. setelah di cabut saya cek daleman oneway dgn saya liat secara manual trus saya beri WD kemudian saya pasang lagi shaft pendek ke dalam one way, kemudian saya putar main gear, hasilnya arah CW bener ngeLOCK dan arah CCW jadi normal kembali menjadi FREE...trus saya pasang di heli, saya putar kembali arah CCW masih FREE, kemudian terbang 10 menit pas saya gerakan main gear ke arah CCW eh malah jadi ngeLOCK lagi ](*,) ](*,)

5. akhirnya saya bongkar lagi...hasilnya mirip seperti no.1 dan no.2 dan no.3


akhirnya saya coba beli oneway baru( 1 set dgn rumahnya)...awalnya memang normal tapi setelah terbang malah jadi ngeLOCK( kejadian mirip no.1, 2, 3) ](*,)


tapi kejadian itu sudah berlangsung dan saya sadari sekitar 2bulanan( sadarnya ), tapi ampe sekarang heli saya terbangkan dgn kondisi itu, saya rasa sih normal aja terbangnya, saya khawatir jika autorotasi berjalan baik heli bisa lebih baik dan stabil dari sekarang dan saya khawatir jika saya terus terbang takut terjadi hal yg tidak saya inginkan , ada yg akan terkena efek dari itu.

pertanyaannya :D

1. apa yg terjadi dgn aneway saya?aapa yg rusak, oneway kah atau bagian engine??
2. apa efek dari hal tsb, berhunbung saya selalu terbang dalam keadaan tsb???



mohon bantuannya ya, terimakasih =D>

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 17 Feb 2009, 13:36
by sahid
zaki wrote:.............

4. setelah di cabut saya cek daleman oneway dgn saya liat secara manual trus saya beri WD kemudian saya pasang lagi shaft pendek ke dalam one way, kemudian saya putar main gear, hasilnya arah CW bener ngeLOCK dan arah CCW jadi normal kembali menjadi FREE...trus saya pasang di heli, saya putar kembali arah CCW masih FREE, kemudian terbang 10 menit pas saya gerakan main gear ke arah CCW eh malah jadi ngeLOCK lagi ](*,) ](*,)

5. akhirnya saya bongkar lagi...hasilnya mirip seperti no.1 dan no.2 dan no.3


akhirnya saya coba beli oneway baru( 1 set dgn rumahnya)...awalnya memang normal tapi setelah terbang malah jadi ngeLOCK( kejadian mirip no.1, 2, 3) ](*,)




kebetulan belum pernah ngalami hal2 yg aneh....tapi kalo baca urutan ceritanya....jangan2 oneway g' bermasalah......
](*,) ](*,) .....Mungkinkah itu kopling yg mengembang shg. dia masih lengket dg linear/lonceng?....

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 17 Feb 2009, 17:14
by rindra
salam kenal sebelumnya pak zaki, sebelumnya saya pernah ngalamin 2x di trex 450 ketika pake gear baru yang satu set sama oneway bearing. Yang pertama saya cuekin dan trus saya pake ternyata hilang sendiri, perkiraan saya karena masi baru/jarang dipake jadi agak kesat. Yang ke-2 dipake gak ilang-ilang dan ternyata instalasi salah, oneway bearing terlalu keatas/kebawah sehingga antar gear ada yang bersentuhan.

Untuk engine50/compas belum pernah tuh, saya ada 2 ekor baik-baik saja.

kalo menurut saya coba dulu aja, kalo trus ilang yah beres, kalo udah terbang dipegang gear anget/panas ada salah instalasi, kalo gak beres-beres telpon avion :D duh bongkar pasang main gear kan capek

Re: Auto ROTASI GEAR/BLADE

Posted: 23 Feb 2009, 09:45
by zaki
wah makasih pak =D>