Grage Aeromodelling

Komunitas Aeromodelling Nusantara
It is currently 17 Jan 2019, 13:32

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 23 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 15 Oct 2013, 19:22 
Offline
Staff Sergeant
Staff Sergeant
User avatar

Joined: 09 Nov 2012, 10:51
Posts: 212
KBSantoso wrote:
Sutarto Arto wrote:
Mohon maaf para suhu dan Gaero-er seNusantara dan dimana saja berada..!!

Ini benar benar NONA, :cling

Mungkin dari sekian banyak Gaero-Er ada yang paham mengenai kunstruksi bangunan, hal ini untuk menghindari kesalahan kuntruksi sehingga terjadi hal hal yang tidak diinginkan setelah bangunan selesai.
maka lewat thread ini aku mau tanya :

1. untuk bangunan dua lantai ukuran 7 x 15 meter, berapa ukuran besi yang digunakan untuk kolom dan sloop?
2. setiap berapa meter harus dibikin kolom dan berapa ukuran demensinya?
3. Jika ada yang berkenan memberi kunsoltasinya dapat pm ke aku, ditunggu ya.... :doa

Terima kasih

Arto


Ukuran besi umumnya untuk rumah tinggal yg diameter 8mm dan 10mm. Untuk begel 6mm.
Mengenai jarak antar kolom, tergantung gambar denahnya, biasanya kolom dibuat di sudut pertemuan tembok.
Apakah bentang 7 meter akan dibuat bebas kolom, atau dibagi 2 (3,5m) itu menentukan jarak antar kolom dan ukuran kolom serta balok.
Om Sutarto tentukan dulu denah ruangan, baru bisa dilanjut ke penempatan kolomnya.

Berikut saya lampirkan contoh bangunan di atas tanah 7x15m.

Image


terimakasih Om KBSantoso...

aku simpan dulu ya...?!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 15 Oct 2013, 19:26 
Offline
Staff Sergeant
Staff Sergeant
User avatar

Joined: 09 Nov 2012, 10:51
Posts: 212
Maria Nindhya wrote:
butuh design listrik nggak ? :gg


Heehee...mbak Maria...

perlu mbak... masak gak pakai lampu...?
tapi biasanya design elektrik/mekanical sekalian gambar konsyruksinya khan?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 10:10 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 18 Jan 2007, 10:51
Posts: 124
Location: Bekasi
coba ikutan pak...

Jarak kolom ukuran luas bangunan 7 X 15 = 7/2 = 3.5 meter dan 15/4 = 3.75m namun semua itu jarak kolom juga menentukan tata ruang bangunan.

Ukuran sloof bangunan 20X30 cm besi 4xDia.10 begel dia.8-20cm

untuk ukuran bangunan 2 lantai kolom besar 20x25 (ukuran jadi) dengan menggunakan besi 6xD13 begel dia.8 jarak 15 dan jarak 10, artinya pada seperempat panjang kolom atas bawah berjarak 10 cm dan 1/2 panjang kolom bagian tengah jarak 15 cm)

Ukuran balok portal adalah jarak bentang kolom dibagi 11 atau dibagi 10, (hasil pembagian ini menjadi tinggi balok portal) kemudian dibagi dua untuk mencari lebar balok portal.
contoh . bentang / jarak antar kolom 4 meter maka besarnya balok portal adalah 400/10= 40 cm, kemudian 40/2=20. jadi besar balok portalnya adalah 20X40. pembesian balok portal menggunakan besi 4xD13 dan begel dia.8 cm jarak 10cm dan 15 cm. (rumus pembagian besi sama dengan kolom)


Last edited by SUPRI on 21 Oct 2013, 09:25, edited 2 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 10:23 
Offline
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
User avatar

Joined: 25 Feb 2012, 14:25
Posts: 712
Location: Cikarang ( kerja ) garut jawa barat ( asal )
keren :mtp

bener2 gaero tuh tempat belajar banyak hal ya :mtp


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 10:46 
Offline
Administrator
Administrator
User avatar

Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Posts: 10094
Location: Bekasi
Maria Nindhya wrote:
butuh design listrik nggak ? :gg


masak tukang kolam ikan nawarin desain listrik ? :hi3

:kabur


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 11:39 
Offline
Staff Sergeant
Staff Sergeant
User avatar

Joined: 09 Nov 2012, 10:51
Posts: 212
SUPRI wrote:
coba ikutan pak...

Jarak kolom ukuran luas bangunan 7 X 15 = 7/2 = 3.5 meter dan 15/4 = 3.75m namun semua itu jarak kolom juga menentukan tata ruang bangunan.

Ukuran sloof bangunan 20X30 cm besi 4xDia.10 begel dia.8-20cm

untuk ukuran bangunan 2 lantai kolom besar 20x25 (ukuran jadi) dengan menggunakan besi 6xD13 begel dia.8 jarak 15 dan jarak 10, artinya pada seperempat panjang kolom atas bawah berjarak 10 cm dan 1/2 panjang kolom bagian tengah jarak 15 cm)

Ukuran balok portal adalah jarak bentang kolom dibagi 11 atau dibagi 10, (hasil pembagian ini menjadi tinggi balok portal) kemudian dibagi dua untuk mencari lebar balok portal.
contoh . bentang / jarak antar kolom 4 meter maka besarnya balok portal adalah 400/10= 40 cm, kemudian 40/2=20. jadi besar balok portalnya adalah 20X40. pembesian balok portal menggunakan besi 4xD13 dan begel dia.8 cm jarak 10cm dan 15 cm. (rumus pembagian besi sama dengan kolom)




Salam kenal Om Supri..

Alhamdulillah...
dapat tambahan masukan.. yang lebih detail :hre :hre

aku.. simpan ya pak ... semoga bermanfaat ilmunya.. :doa

terimakasih


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 11:41 
Offline
Staff Sergeant
Staff Sergeant
User avatar

Joined: 09 Nov 2012, 10:51
Posts: 212
denysafari wrote:
keren :mtp

bener2 gaero tuh tempat belajar banyak hal ya :mtp


betul ...betul... betul...

:mtp

karena ada pojok nona, jadi aku pingin share keinginanku bikin gubuk om Deny..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 11:42 
Offline
Staff Sergeant
Staff Sergeant
User avatar

Joined: 09 Nov 2012, 10:51
Posts: 212
iwan21 wrote:
Maria Nindhya wrote:
butuh design listrik nggak ? :gg


masak tukang kolam ikan nawarin desain listrik ? :hi3

:kabur


Heeehee.. Suhu Iwan21...
gak apa apa kok ya ..mbak Maria..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 12:38 
Offline
Administrator
Administrator
User avatar

Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Posts: 10094
Location: Bekasi
Sutarto Arto wrote:
iwan21 wrote:
Maria Nindhya wrote:
butuh design listrik nggak ? :gg


masak tukang kolam ikan nawarin desain listrik ? :hi3

:kabur


Heeehee.. Suhu Iwan21...
gak apa apa kok ya ..mbak Maria..


anu om, itu bikin kolam ikan katanya salah satu diantara bejubel keahliannya :cling


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tanya Soal Kuntruksi Bangunan 2 lantai
PostPosted: 16 Oct 2013, 13:21 
Offline
First Lieutenant
First Lieutenant
User avatar

Joined: 09 May 2010, 21:56
Posts: 1466
Location: Semarang
SUPRI wrote:
coba ikutan pak...

Jarak kolom ukuran luas bangunan 7 X 15 = 7/2 = 3.5 meter dan 15/4 = 3.75m namun semua itu jarak kolom juga menentukan tata ruang bangunan.

Ukuran sloof bangunan 20X30 cm besi 4xDia.10 begel dia.8-20cm

untuk ukuran bangunan 2 lantai kolom besar 20x25 (ukuran jadi) dengan menggunakan besi 6xD13 begel dia.8 jarak 15 dan jarak 10, artinya pada seperempat panjang kolom atas bawah berjarak 10 cm dan 1/2 panjang kolom bagian tengah jarak 15 cm)

Ukuran balok portal adalah jarak bentang kolom dibagi 11 atau dibagi 10, (hasil pembagian ini menjadi tinggi balok portal) kemudian dibagi dua untuk mencari lebar balok portal.
contoh . bentang / jarak antar kolom 4 meter maka besarnya balok portal adalah 400/10= 40 cm, kemudian 40/2=20. jadi besar balok portalnya adalah 20X40. pembesian balok portal menggunakan besi 4xD13 dan begel dia.8 cm jarak 10cm dan 15 cm. (rumus pembagian besi sama dengan kolom)


Penjelasannya sangat lengkap... :mtp


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 23 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum

cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group