Grage Aeromodelling

Komunitas Aeromodelling Nusantara
It is currently 16 Jul 2019, 05:58

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 10 posts ] 
Author Message
 Post subject: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 09:14 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 24 Mar 2009, 15:59
Posts: 137
Location: Jember
Selamat pagi para suhu semuanya.

Saya sedang merakit thermometer untuk suhu ruang (+30 derajat celcius) sampai suhu cold storage (minus 30 derajat celcius).
Saya menggunakan sensor suhu ic lm 335 basicnya derajat calvin. dan rangkaian panelnya menggunakan icl 7106...
Prinsip kerja ic lm 335..sebagai penstabil tegangan yang bisa dipengaruhi oleh suhu. setiap kenaikan suhu 1 derajat celcius akan menaikkan output sebesar 10mv linier.
karena ic lm335 adalah basicnya derajat calvin, maka 0 celcius = 273 calvin, Padahal yg saya kehendaki celcius. saya sudah mencoba menggunakan rangkaian yg menghasilkan tegangan 2730mv (maksud saya untuk pengurang nilai calvin ke Celsius). tetapi saya tidak tahu harus saya hubungkan ke mana tegangan tersebut.
mohon pencerahan...

perlu diketahui untuk pembacaan sensor saya menggunakan volt meter digital yg menggunakan intersil icl 7106..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 09:28 
Offline
First Lieutenant
First Lieutenant
User avatar

Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Posts: 1308
Location: Pondok Chandra Surabaya
kenapa nggak pakai lm35 aja ? lha wong yg jual juga banyak, harga juga nggak mahal, koq maksa lm335 ?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 11:28 
Offline
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
User avatar

Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Posts: 823
Location: ((..(ungaran)..))
iya betul kata suhu christ pakai lm 35 aja... dulu saya juga pernah pakai ic ini dihubungkan ke ADC buat termometer ... lebih mudah lagi dari ADC di umpan ke mikrokontroler buat dekoder ke displaynya atau di modifikasi untuk alarm suhu juga

pakai ic intersil icl 7106 juga lebih mudah cuma saran untuk suply sensor dan ic nya dipisah kalau bisa kaena dulu waktu experimen sering terjadi selisih dalam pembacaan


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 18:49 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 24 Mar 2009, 15:59
Posts: 137
Location: Jember
trimakasih suhu Crist...dan suhu Andreas....saya sudah tlpun langsung je suhu Crist..dan sudahdapat banyak masukan....
kalo seandainya s3nsor pake lm 35 (tentunya yg type bisa minus), apakah tampilanya langsung bisa minus kalo untuk mengukur suhu minus jika pake peraga icl 7106.
maaf pertanyaanya mbulet....mudah2an mengerti maksudnya....trims


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 18:52 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 24 Mar 2009, 15:59
Posts: 137
Location: Jember
kalo nggak keberatan saya minta whatsapp atau pin bbm suhu Andreas dan suhu Crist...hehe..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 10 Dec 2013, 23:15 
Offline
First Lieutenant
First Lieutenant
User avatar

Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Posts: 1308
Location: Pondok Chandra Surabaya
lha no hp saya tadi kan sudah sekalian buat WhatsApp mas.
bbm saya nggak punya, sudah nggak jaman mas ... hehehe ...


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 11 Dec 2013, 08:27 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 24 Mar 2009, 15:59
Posts: 137
Location: Jember
christoffel wrote:
lha no hp saya tadi kan sudah sekalian buat WhatsApp mas.
bbm saya nggak punya, sudah nggak jaman mas ... hehehe ...



O iya ya udah sklian whatsapp...hehe. knapa suhu...bbm kok gak njaman..hahaha...


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 11 Dec 2013, 15:21 
Offline
Administrator
Administrator
User avatar

Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Posts: 4190
Location: semarang, jateng
:? ........lho kan BBM = ANDROID juga kan sekarang ????


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 11 Dec 2013, 15:47 
Offline
Senior Airman
Senior Airman
User avatar

Joined: 24 Mar 2009, 15:59
Posts: 137
Location: Jember
NF wrote:
:? ........lho kan BBM = ANDROID juga kan sekarang ????

hehe suhu NF ahirnya muncul juga...iya BBM juga adadi android sekarang ..BBM saya juga pake android...
tapi memang masih banyak yg suka whatsapp dari pada BBM....nggak tahu kenapa...kayaknya lebih cepat whatsapp dari pada BBM..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ic lm 335 atau lm 35
PostPosted: 11 Dec 2013, 16:13 
Offline
Administrator
Administrator
User avatar

Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Posts: 4190
Location: semarang, jateng
saya kira sama saja........spt futaba vs hitec.........beda di"rasa" saja :D


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 10 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum

cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group