Beralih ke GASOLINE ???

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

Salam sejahtera dari nun jauh di pertapaan eYang 7 rupa...


Ya, bensin Pak..., Gasoline.
Mesin pesawat R/C berbahan bakar Bensin !
Saat nya kita beralih ke Gasoline, ketika harga Nitro semangkin tinggi.

Kalaupun ndak beli jadi, banyak RCer yg sudah BaCoba mengkonversi engine Methanolnya ke Gasoline.
Sebab apa ?, ya ndak tau alasan rekan2 yg udah mencobanya.
Kalau saya, jelas2 karena harga Nitro udah tak terjangkau.

Saat kita jalan2, kekampung terpencil bawa pesawat & kehabisan Methanol...(???).
Andaikan bawa pesawat gasoline, terpaksa isi bensin eceran buat ojek.., bisa terbang terus.

Tapi mesin2 bensin/gasoline, ya besar2 & berat Pak !
ooo, iya memang, maka gak semua jadi praktis & efisien kalo pakai mesin bensin.
...sampai engine .60, ya buat saya masih sangguplah pakai Methanol/Nitro.
Engine 90an keatas.., selamat tinggal Nitro !.

Jadi, begitulah Pak.
Buat saya yg kantongnya pas2an, Methanol/Nitro itu Fuel Mewah, tak terjangkau.
Kalau budget gak masalah, saya pribadi lebih suka Methanol/Nitro.
Bau nya, powernya, sensasinya.., top lah.
Sementara Bensin.., ada yg (termasuk saya sendiri) suka pusing dengan baunya !.

OK..., beralih ke mesin bensin ???
Ntar dulu deh.., selain bau, ya itu tadi.., besar, bulky, berat dlsb.
User avatar
dino
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4396
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by dino »

pk oplosan 0 % nitro utk mesin cu besar bs nggk ya pa'...? :-k :-k
biaya oplos ktnya berkisar ini :-k methanol murni yg kwalitas bagus cm 11 rb/liter..... castornya....jg murah kok..... bli nya dmn yo...castor kwalitas bagus ato syt oil ....pa' :-k
User avatar
atari7up
Major
Major
Posts: 3815
Joined: 06 May 2008, 10:10
Location: Medan - Maryland Field (D.A.C)

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by atari7up »

Hanya bisa ngences aja utk sekarang ini... ](*,)
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

Coba kita tanya dulu sama yg pakai Methanol pada Engine 90an ke atas...
Regardless mampu beli Nitro atau tidak..., berapa pakBapak habiskan buat nerbangin engine 120, 180, 2 ataupun 4 stroke ???

Ini Pak Toto dari dusun Cikempong,
Magnum 180 4Stroke.., disebelah kanannya Jett SJ-120.
Katanya Mules juga beli Fuel 15% buat ngempanin mesin2 tsb.

Image
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

atari7up wrote:Hanya bisa ngences aja utk sekarang ini... ](*,)


ooo, tenang Bang, coba itu harga2 mesin Methanol Bang Atari harganya berapa...
Mari kita lanjut dulu ceritanya,
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

...memperkenalkan

Turnigy TR-26HP



Kita molai dengan ukuran fisik dulu, coba ini kita liat dari Box nya mesin2 sekelas (120an keatas)
Dua mesin Methanol dan sebuah Gasoline:

Image
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

Naaaah, coba ini liat...
Yg ditengah adalah Mesin Gasoline 26cc.., jadi sekelas Engine 120an Methanol lah.

Image
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

Langsung saya cengkeram dengan jari, agar dapat liat seberapa besar ukuran fisiknya...
Image

Mufflernya,
Image
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

Ya, Turnigy TR-26HP, mesin gasoline terkecil yg penah saya liat...

Terkecil ???
Anu, dulu saya penar punya Kioritz Echo-20 Gasoline.
Ya lebih kecil..., cuma jangan lupa...itu dulu... dan, MAGNETO !

Emangnya kenapa kalo Magneto ?.., biar para Engine Guru yg kasi tau lah, sehingga urusan berat jadi begini nih ceritanya...

Magnum-180 4Stroke,
Image

Jett 120 2Stroke, (yg ini harus nambah 120an Gram, sebab ndak termasuk Engine Mount)
Image

DLE-30 & GrPro-26, belum termasuk Muffler, Stand-off, CDI & Ignition battery.
ImageImage
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Beralih ke GASOLINE ???

Post by su-31 »

nah ini lengkap kap kap, Ready fo Action,
...semua, Batere Lipo 2s 1850mA, CDI, Stand-off Mount, Muffler, Kabel2, pokoknya semua deh

926 Grams, Ready To Fly !!!
Image
Post Reply

Return to “Engine”