Augustinus story: Fingers cut by blade of R/C Heli..

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

Post Reply
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)
Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih buat dukungan moril teman-teman disini :)
Kalo soal kronologis... Hmm… Terus terang saja saya agak enggan untuk cerita detailnya, maafkan…
(…Sampai saat inipun saya masih sering teringat detik-detik yg sangat mencekam itu...)
Daripada ngebahas kronologisnya lebih baik saya bahas faktor teknis penyebabnya ya…
Penyebab utama nya karena: Konektor battery di Rx yg kendor.. Saat itu saya pakai konektor “Tamiya” untuk batt Rx yg saya ambil dari bekas remote R/C car. Sepintas kalo diperhatikan sepertinya konektor itu aman karena ada pengaitnya… Tapi setelah saya teliti, logam kuningan di dalam konektor itu sangat rentan longgar. Penampang “femalenya seperti huruf "O" tapi kebelah ditengah jadi lebih mirip huruf “C”… Kalo konektor itu udah sering dipasang-dicabut pasti akan longgar .. Sebelum detik-detik kejadian itu heli gasser saya sempat beberapa kali tailnya ngipas-ngipas. Mungkin karena getaran/goncangan yg cukup kuat, konektor battery itu lama-lama kendor… saya tambahkan juga, posisi battery saat itu juga terlalu kencang ngikatnya sehingga hampir engga ada “slack” jadi begitu ada goncangan keras maka konektor batt akan sedikit ketarik, hingga longgar/lepas…
Kurang lebih seperti itu sebabnya.. Untuk cara-cara penanggulangan heli yang lepas battery/koneksi sewaktu di ground, udah saya postingkan di topic SAFETY RULES..
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Wah saya terlambat baca postingan pak Agustinus. Tapi saya juga turut prihatin atas kejadian yg pak agustinus alami skaligus simpati yg amat sangat besar atas perhatiannya terhadap hobby ini, sehingga mau sharing dan paling tidak mengingatkan kita semua atas sisi lain dari hobby ini yaitu BAHAYA!
Ok pak, saya doakan tetap semangat begitu juga semangat dalam hobby ini.

PEACE!
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

kayaknya pak Augustinus ada hobby baru lagi nih sekarang? mulai merambah terbang virtual ya pak? hehehehe
User avatar
Snowman
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 859
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu

Post by Snowman »

Turut prihatin atas apa yang terjadi,.....
terima kasih mau berbagi,....ini mengingatkan kita agar selalu waspada,..hati2,...
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

saya turut prihatin atas musibah yang di alami om augustinus dan juga bangga karena dengan hati tulus om august tidak ingin teman yang lain ikut menderita dengan sharing pengalamannya di forum ini....
sekali lagi terima kasih om august atas kesediaanya..........
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1796
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

SAYA TURUT PRIHATIN PAK...............DAN SALUT UNTUK BAPAK.......... ATAS SHARINGNYA........

UNTUK REKAN-REKAN PILOT SEMUA INI MERUPAKAN SHARING YANG SANGAT-SANGAT BERHARGA...... " SAFETY FIRST "

CEK DAN RICEK LAGI, BOLEH KITA MINIMALIS TAPI INGAT JANGAN CEROBOH........ DAN BURU-BURU......... CEK DAN CEK

LAGI APA ADA KEKURANGAN APA BILA KITA MENGGUNAKAN SESUATU. JANGAN MELIHAT KARENA MURAH KITA LANGSUNG

MENGGUNAKANNYA TANPA MELIHAT KUALITAS DAN KELEMAHAN DARI BARANG TERSEBUT.

JADI CEK DAN RICEK LAGI SETA SABAR......SABAR.....SABAR........
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Augustinus Aurelius wrote:Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)


Saya kaget melihat gambarnya om... nggak tahan ngelihatnya serem.... mugnkin pas kejadian saya malah nggak bisa nolong... keburu pingsan duluan... hehehehe... yang pasti nggak ada sparepartnya....

tapi saya salut for your brave strong spirit... walau pun tidak bisa bikin pis... pis man... pis... :smt109 hehehe... tapi orangnya peace... :smt033....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Augustinus Aurelius wrote:Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)
Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih buat dukungan moril teman-teman disini :)
Kalo soal kronologis... Hmm… Terus terang saja saya agak enggan untuk cerita detailnya, maafkan…
(…Sampai saat inipun saya masih sering teringat detik-detik yg sangat mencekam itu...)
Daripada ngebahas kronologisnya lebih baik saya bahas faktor teknis penyebabnya ya…
Penyebab utama nya karena: Konektor battery di Rx yg kendor.. Saat itu saya pakai konektor “Tamiya” untuk batt Rx yg saya ambil dari bekas remote R/C car. Sepintas kalo diperhatikan sepertinya konektor itu aman karena ada pengaitnya… Tapi setelah saya teliti, logam kuningan di dalam konektor itu sangat rentan longgar. Penampang “femalenya seperti huruf "O" tapi kebelah ditengah jadi lebih mirip huruf “C”… Kalo konektor itu udah sering dipasang-dicabut pasti akan longgar .. Sebelum detik-detik kejadian itu heli gasser saya sempat beberapa kali tailnya ngipas-ngipas. Mungkin karena getaran/goncangan yg cukup kuat, konektor battery itu lama-lama kendor… saya tambahkan juga, posisi battery saat itu juga terlalu kencang ngikatnya sehingga hampir engga ada “slack” jadi begitu ada goncangan keras maka konektor batt akan sedikit ketarik, hingga longgar/lepas…
Kurang lebih seperti itu sebabnya.. Untuk cara-cara penanggulangan heli yang lepas battery/koneksi sewaktu di ground, udah saya postingkan di topic SAFETY RULES..

Terimakasih sharung pengalamannya... sangat-sangat berharga dan pelajaran yang amat bermanfaat bagi kita2
User avatar
M 4 UL
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 129
Joined: 29 Oct 2007, 19:20
Location: Bandung - Jakarta
Contact:

Post by M 4 UL »

Saya baru baca postingannya pAgus neh..
saya turut prihatin pa, dan terimakasih juga atas sharing nya
User avatar
Desi Suryanto
Posts: 8
Joined: 18 Oct 2007, 11:40
Location: jogjakarta
Contact:

Post by Desi Suryanto »

turut priahtin ya pak..
buat temen2 lain supaya lebih hati-hati, n jangan lupa doa dulu sebelum main..
Post Reply

Return to “Safety First : Utamakan keamanan”