Engine OS 46 Problem

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1796
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

seasickers wrote:
Andreas Andri wrote:Kalau saya pakai cairan thinner untuk menghilangkan kerak/karbon, lumayan efektif dan tanpa menggunakan amplas...


Pake "carbon remover" lebih mantab om asal jangan kena meterial dari karet serta kena tangan aja, dijamin semua kerak rontok tanpa bikin mesin cacat. Tanpa di amplas malahan.....


Biasanya beli dimana " carbon removernya " Om........
User avatar
Andreas Andri
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 26 Sep 2007, 14:53
Location: Tangerang

Post by Andreas Andri »

Ada yang bilang pakai "Carbo Jets", biasa digunakan di bengkel resmi honda untuk menghilangkan kerak di piston dan klep mobil honda, tapi cukup mahal, di honda sendiri harganya perkalengnya 75 ribu (berbentuk cairan foam).


betul pak mendingan pakai yang sintetik, sudah terbukti bersih.

kalau saya setiap habis 5 tank fuel langsung saya bongkar head-nya, biasanya masih kuning jadi mudah dibersihkan.
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

wah.. bang andreas.. setiap 5 tanki bongkar headnya? emangnya tuh mesin terpasang di pesawat apa? kok bisa mudah untuk bongkar pasangnya.. kalo trainer sih mudah ... apakah jika sering dibongkar demikian tidak akan merubah kompresi engine?
User avatar
Andreas Andri
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 26 Sep 2007, 14:53
Location: Tangerang

Post by Andreas Andri »

Pesawatnya seagull pak, menurut saya sering bongkar head tidak mengurangi kompresi, yang penting gasketnya di monitor kualitasnya..
User avatar
Pitra Ratulangi
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1745
Joined: 17 Jul 2007, 19:12
Location: Sultra Kendari, Wakatobi
Contact:

Re: Engine OS 46 Problem

Post by Pitra Ratulangi »

newfly wrote:Para Suhu dan Pakar aero yang saya hormati,
Mohon bantuan pecerahan mengenai Engine OS 46 SF yang dudukan businya sudah 'dol' ulirnya atau drat-nya . Jadi nggak mau dikencangkan lagi. Hal ini mengakibatkan kompresinya bocor dan terdengar suara berdesis dari celah busi. Saya sudah bawa ke tukang bubut dan baru dipakai sekali ulirnya 'dol' lagi. Saat ini saya sedang mencoba mengatasinya dengan memperkuat dudukan menggunakan lem besi dextonce. Apakah ini aman? atau ada cara lain yang jitu selain beli mesin baru....he..he... mohon pencerahannya.
Demikian, terima kasih.


Mas Newfly...sy pernah mengalami pengalaman yg sama , lalu di bawah ke tukang bubut aluminium memang hasilnya engine bisa hidup tapi susah dapat idle alias harus thortle tinggi terus serta engine jadi panas ...mungkin karena tukang bubutnya belum paham detailnya kali, akhirnya hitung-hitung tidak jauh berbeda dgn beli baru al hasil pilihan terakhir beli cylinder head yg baru.
User avatar
kresna
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 502
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Papua, Sulawesi, Sumatra
Contact:

Post by kresna »

Ravenchan wrote:wah.. bang andreas.. setiap 5 tanki bongkar headnya? emangnya tuh mesin terpasang di pesawat apa? kok bisa mudah untuk bongkar pasangnya.. kalo trainer sih mudah ... apakah jika sering dibongkar demikian tidak akan merubah kompresi engine?

Bongkar mesin (bersihkan ataupun ganti part) justru mesin menjadi lebih joss .... para pemain RC car malah sering sekali bongkar pasang mesin, setiap habis race pasti bongkar mesin.
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Saya juga pernah bongkar sekali, tapi sejak pak SU-31 bilang, "mesinnya jangan diubah settingannya dah bagus" jadi enggan bongkar2 lagi, gak tau ntar kalo dah jam terbang tinggi mungkin banyak kerak ya harus dibersihin :D
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Sebenarnya ada tips supaya mesin biar tidak mudah berkerak... setiap habis main (idealnya) harus disemprot after run oil... atau kalo ngga ada bisa juga disemprot WD-40 di lubang cylinder kopnya, cukup 3-4 kali burst.. kemudian mesin disetater (tanpa glowheater) kira-kira 2-3detik aja... dijamin mesin lebih bersih dan fit.. Jangan terlalu sering bongkar/pasang mesin... [-X kecuali kalo anda yakin mesin bener2 kotor..
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Saya lebih suka terbang daripada bongkar mesin. Kayak pak Wisnu. Mesin saya tahunan gak pernah saya bongkar kalau gak ada problem.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Apalagi yang gak ngerti mesin kaya saya... yg penting pake... hehehe
Post Reply

Return to “Engine”