BeeDee-10, semoga jadi juga (proyek ambisius hi hi hi hi)
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- jedx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1350
- Joined: 17 Jan 2007, 16:34
- Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- coyo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1494
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
kawat 0,4 12T delta 4 magnet ??? ck..ck..ck.... pake lipo 3s gak panas Suhu? itu nyedot berapa Amper?
btw, sekalian foto air intake daruratnya donk Suhu....
sy pernah baca katanya luas penampang air intake itu mesti lebih besar daripada luas penampang edf.
jadi klo untuk EDF64, luas penampang air intake mesti lebih besar dari ¼ x PI x 64² = 3217 mm²
bener gak yah?
btw, sekalian foto air intake daruratnya donk Suhu....
sy pernah baca katanya luas penampang air intake itu mesti lebih besar daripada luas penampang edf.
jadi klo untuk EDF64, luas penampang air intake mesti lebih besar dari ¼ x PI x 64² = 3217 mm²
bener gak yah?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Iya pasti panas banget, ESC 18 amp aja panas saat statik, tapi nanti kalo terbang kan udah ada airflow buat coolingnya..
Yg penting tenaga buat roging dulu deh yg dikejar,kalo udah airborne kan bisa mainini throtle.
Utk intake, persyaratannya mesti diatas 100% FSA (front Swept Area, luasan permukaan si D/F), makanya saya tambahain cheater hole (eh lupa lagi difoto2...hiks) dibagian bawah body supaya lebih dari 100%, dan juga transisi dari inlet yg kotak ke bagian depan d/f yg lingkaran mesti mulus (diakalin dg inlet transition duct, bikin dari plastik dilengkungin) sedangkan outlet antara 85 - 90% FSA supaya aliran udara tekanannya nambah jadi pas keluar dari outlet larinya kenceng karena ada penyempitan, gitu kata teorinya yg saya baca...
Yg penting tenaga buat roging dulu deh yg dikejar,kalo udah airborne kan bisa mainini throtle.
Utk intake, persyaratannya mesti diatas 100% FSA (front Swept Area, luasan permukaan si D/F), makanya saya tambahain cheater hole (eh lupa lagi difoto2...hiks) dibagian bawah body supaya lebih dari 100%, dan juga transisi dari inlet yg kotak ke bagian depan d/f yg lingkaran mesti mulus (diakalin dg inlet transition duct, bikin dari plastik dilengkungin) sedangkan outlet antara 85 - 90% FSA supaya aliran udara tekanannya nambah jadi pas keluar dari outlet larinya kenceng karena ada penyempitan, gitu kata teorinya yg saya baca...
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Wah...ternyata BD-10 belom sempet lagi test...tapi untung karena motor jadi sempet diganti yg lebih powerfull...dg cdr motor double stack lebih menjanjikan powernya..
dg motor baru
test statik, motor dan ESC cuma anget aja di full throtle, padahal anginnya kenceng banget...
Ini cheater hole yg saya maksud, buat nambah supply udara ke EDF supaya enggak kesedak..

dg motor baru

test statik, motor dan ESC cuma anget aja di full throtle, padahal anginnya kenceng banget...
Ini cheater hole yg saya maksud, buat nambah supply udara ke EDF supaya enggak kesedak..

- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Akhirnya yg ditunggu2 jadi juga, test flight BD-10
Pertama coba rogging, ternyata susah karena nose wheel gak steerable, jadi pesawat cenderung belok kanan terus. 3 kali coba tetep gagal padahal jalannya udah kenceng.
Akhirnya hand launch aja deh
Terbang sementara masih mengangguk2 dan perlu trim down banyak, keliatannya masih agak tail heavy atau posisi CG belom pas..lain waktu di koreksi lagi deh.
Tenaga ducted fan dg motor cdr double stack cukup bagus dan kuat, dicoba dg setengah throtle juga bisa cruise dg anteng.
Pertama coba rogging, ternyata susah karena nose wheel gak steerable, jadi pesawat cenderung belok kanan terus. 3 kali coba tetep gagal padahal jalannya udah kenceng.
Akhirnya hand launch aja deh

Terbang sementara masih mengangguk2 dan perlu trim down banyak, keliatannya masih agak tail heavy atau posisi CG belom pas..lain waktu di koreksi lagi deh.
Tenaga ducted fan dg motor cdr double stack cukup bagus dan kuat, dicoba dg setengah throtle juga bisa cruise dg anteng.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- nedi
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1163
- Joined: 30 Mar 2007, 17:51
- Location: Cibinong, BOGOR
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact: