Estarter with Homemade Floater

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

eh ...,kalo sebelum lem kering ,ditempelin stiker polyvinil yg tipis kan bisa mbuat 'licin' juga surfacenya.....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

newfly wrote:Oh..gitu toh...
Pak Syafik selama ini saya belum pernah nyoba di cat baru di lem fox.... saya baru nyoba sebaliknya... Nah..kalo mau eksperimen saya tunggu hasilya..he...he... siapa tahu lebih bagus... \:D/ \:D/

baik pak... ditunggu progres ke2 nya dengan mengikuti petunjuk rekan2 senior semua...

NF wrote:eh ...,kalo sebelum lem kering ,ditempelin stiker polyvinil yg tipis kan bisa mbuat 'licin' juga surfacenya.....

Stiker itu seperti apa pak bentuknya atau mereknya... apa seperti stiker sepeda motor itu atau gimana ya...
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

yap..., stiker sepeda motor om...
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Sip pak... terimakasih sarannya akan saya coba...
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 636
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Syafik wrote:kalau produk pabrikan bentuknya kaya boat memang bawahnya runcing/menyudut... dan menggunakan plastik jadi air gak masuk, mungkin karena air ikut masuk disela2 foam jadinya berat banget liftnya...


Pak Syafik,

Moga2x ini bisa membantu :

Image

Karena kalau sumbu pesawat sejajar dengan level air, dan pengaruh down trust serta jarak sumbu motor dengan level air. Pada waktu full power pesawat akan cenderung menukik sehingga ujung depan float akan dipaksa terbenam ke air.

Untuk landing berbeda sekali dengan landing di normal runway. Waktu landing seperti low past and slow speed, kemudian kurangi power sedikit demi sedikit dengan koreksi elevator jika diperlukan sampai float menyentuh air.
Pada waktu float udah menyentuh air , usahakan jangan langsung cut throttle, karena drag air sangat besar, tetap pelan2x

Demikian Pak

Salam
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Terimakasih pak GM sangat bermanfaat sekali... saya akan coba aplikasikan sesuai saran pak GM dan saran2 senior2 yang lain. Ternyata seperti itu yang seharusnya maklum benar2 tidak mengerti teori dan ilmunya hanya menyontoh mentah2 saja.

Semoga bisa berjalan dengan baik pada penerbangan selanjutnya
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

thanks pak GM sharingnya... mudah dipahami... :muach:
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 636
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Mr. Dom's wrote:thanks pak GM sharingnya... mudah dipahami... :muach:

Om Dom's , main float juga yah, postingin donk Om.


Syafik wrote:Terimakasih pak GM sangat bermanfaat sekali... saya akan coba aplikasikan sesuai saran pak GM dan saran2 senior2 yang lain. Ternyata seperti itu yang seharusnya maklum benar2 tidak mengerti teori dan ilmunya hanya menyontoh mentah2 saja.
Semoga bisa berjalan dengan baik pada penerbangan selanjutnya

Sama2x Pak, praktek lapangan itu lebih berarti Om, Ingat motonya Pak NF (Membaca,belajar dan mencoba adalah guru terbaik .........juga pengalaman).
Kami tunggu kabar selanjutnya. (gerogi juga nich kalau ternyata salah :wb: :-k #-o :smt021 )

Om btw, mainnya ditambak mana Om. Kan itu air asin, electronic pesawat bisa berabe. Apalagi bisa matiin ikan2x bandeng karena kesetrum,
bisa-bisa diomelin ama Pak Elan lho Om. he....he....he....he....

Salam
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

jangan lupa mbawa WD 40 / AP 75 atau apapun merknya dan air destilasi ( air accu , tapi bukan yang zuur = asam), gunanya untuk mbasuh rangkaian elektronik kalo kena air.
beberapa pengalaman waktu AAC masih terbang di daerah marina puri anjasmoro, rangkaian elektronik langsung ko'it kalo ndak cepet di tolong kalo kena air tambak (payau) apalagi air laut / asin...
lebih baik rx/ speed cont dan batere di bungkus rapat pakai kantong plastik atau karet (sorry) kb biar kedap.......
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

NF wrote:jangan lupa mbawa WD 40 / AP 75 atau apapun merknya dan air destilasi ( air accu , tapi bukan yang zuur = asam), gunanya untuk mbasuh rangkaian elektronik kalo kena air.
beberapa pengalaman waktu AAC masih terbang di daerah marina puri anjasmoro, rangkaian elektronik langsung ko'it kalo ndak cepet di tolong kalo kena air tambak (payau) apalagi air laut / asin...
lebih baik rx/ speed cont dan batere di bungkus rapat pakai kantong plastik atau karet (sorry) kb biar kedap.......


wah... ilmu baru nih... bisanya kalau kecemplung air komponennya saya kebas-kebaskan atau dihembus sendiri biar airnya keluar...

pertanyaan pak D, kalau disemprod pakai WD40 rangkaian elektronik nya terlebih dahulu sebelum terbang buat pencegahan apakah akan ada masalah? Pemahaman saya sih WD40 itu minyak, trus minyak nggaks suka air... jadi kalau dah disemprot dulu dengan WD40 lapisan minyak akan menjaga komponen elektronik jika kecemplung ke air. Apakah pemahaman saya ini bisa diterapkan pak D NF?
Post Reply

Return to “Foamy”