Pramuka Saka Dirgantara KALSEL.

Moderators: sudjai sarmo, wa2n, ayung_bjm

Post Reply
User avatar
Bambang Suroto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 104
Joined: 02 Aug 2007, 01:57
Location: Cilacap Jawa Tengah

Post by Bambang Suroto »

Kasiannya lagi bung Farhan waktu pra PON di Sangatta narik F3J kalah cepat dengan pesawatnya.. kasihan deh.. selalu teringat.. karena bung Farhan sangat sibuk sekali sampai2 gantungan batery..


____________________________________
Ada niat ada usaha...terbanglah pesawatku
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Rencananya sih mau ganti Glider yang saya bawa ke Sangatta tempo hari dengan Optimae2500 bikinan Bandung Aeromodelling, kalau dana di FASI ada mungkin mau beli yang ARF tetapi kalau dananya cupet malah saya minta dibelikan Balsa dan plantnya saja untukkemudian dibikin sendiri. Kalau menurut Pak Bambang bagaimana tentang Optimae2500 ini, apakah recomendate atau ada pilihan lain?.
User avatar
Bambang Suroto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 104
Joined: 02 Aug 2007, 01:57
Location: Cilacap Jawa Tengah

Post by Bambang Suroto »

Pak Sudja'i yang penting model F3J masuk dalam karakteristik.

Karakteristik model F3J
a. Luas Maximum sayap dan stabilo tidak lebih dari………….. 150 dm2
b. Panjang bentangan sayap tidak lebih panjang dari………….254 cm
c. Berat model tidak lebih berat dari ……..........……………………5000 gram
d. Diameter ujung depan badan tidak lebih kecil dari …..…….7,5 mm
e. Bidang kemudi atau fungsi kendali radio pada model yang diijinkan hanyalah Rudder-Elevator atau V-Tail.

Penerbangan

a. Waktu persiapan 4 menit.
b. Waktu kerja selama 6 menit (Proses penarikan hingga pendaratan pesawat harus dilakukan dalam rentang “waktu kerja” tersebut).
c. Model yang masih terbang setelah “waktu kerja” berakhir harus segera mendarat ditempat yang sudah ditentukan.

KESIMPULAN : Pesawat yang jenis F3J dengan merek dan buatan siapa aja bagus yang penting BANYAK JAM TERBANG SANG PILOT dan sungguh2 dalam latihan.

____________________________________
Ada niat ada usaha...terbanglah pesawatku
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Terima kasih pak Bambang atas informasinya. Karena di Glider ini saya termasuk pemula maka sehabis lebaran ini akan saya intensifkan untuk latihan dengan Glider yang tempo hari saya bawa ke Sangatta.
User avatar
Oedien
Airman
Airman
Posts: 29
Joined: 16 Sep 2007, 22:54
Location: tabalong

Post by Oedien »

wah... jadi rindu waktu saka dirgantara dulu nih.. di lanud samsudin noor..taon 90-91...rasanya pembentukan pertama kali.

thanks P bambang infonya..... di rewind kembali nih hobby yang sudah lama vacum + 10 taon..
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Mas Oedien apa kabar nih??
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Saka Dirgantara Kalsel dibentuk tahun 1972an digawangi oleh Kapten Katamso, tahun 1973 saya ikut gabung dengan pesawat ControlLine berbahan bakar Ether minyak tanah dan castor oil. Kenangan tempo doeloe.
User avatar
Oedien
Airman
Airman
Posts: 29
Joined: 16 Sep 2007, 22:54
Location: tabalong

Post by Oedien »

alhamdulillah bae mas andre.

heheheee..... ternyata saya baru lahir p' ja'i.
berarti masa sebelum saya, saka dirgantara sempat vacum...

Sempat dulu ikut latihan di lapangan syamsudin, bila penerbangan sudah sepi ( jam 4 sore).
kemudian pindah lokasi di seberang lapangan racing mau menuju mandiangin, main control line.
bahan bakarnya methanol + castrol oil.
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Waktu itu punya Engine Diesel saja sudah lumayan, kalau Engine Glow waktu itu harganya masih sangat mahal dan belum terjangkau oleh kemampuan kami.
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

untungnya (untung lagi) ada modeler yg kreatif untuk produksi mesin (BOMA dan TS) yang di buat oleh om Tjong Sutanto dari sby......
Post Reply

Return to “KALSEL”