Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Kepala cenat cenut , sering menghayal , melamun , berhalusinasi , kebanyakan ide ??? Daripada kesambet , lebih baik tuangkan ide Anda disini

Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny

Post Reply
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Budi wrote:
Oom Handoyo, kalo punya hair dryer, coba mesinnya di panasin dulu pakai hairdryer sampai bener2 panas.......harusnya sih lebih mudah.....


P. Budi. Engine saya kalau panas nyetaternya sulit, lebih gampang kalau dingin. Teorinya gimana kok terbalik dgn pernyataan P.Budi?

Memang dengan pertamax saya perlu manasin engine ini lebih lama baru stabil.
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by Budi »

wah itu namanya anomali, tapi mungkin juga karena udara yg masuk kurang banyak oksigennya, secara volume kurang mampat(packed) ...........buktinya needle valve harus di-cekek habis......kalo dingin udara dan carb nya maka jumlah oksigen untuk volume yg sama akan lebih besar, jadi lebih mudah di stater. karena pembakaran intinya akan terjadi pada campuran yang pas.....

secara teori, campuran bahanbakar udara- akan lebih mudah terbakar pada temperatur yang lebih tinggi......karena pergerakan molekulnya lebih aktif dan lebih mudah terurai dari fasa cair ke fasa uap.....(bahan bakar tidak terbakar pada fasa cair tapi fasa uap, oleh karena itu neddle venturi diperlukan untuk vaporize liquid)
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by Ary »

Untuk engine glow yg dikonversi ke gasoline,umumnya karburatornya diganti dgn yg didisain untuk gasoline,
(mis. walbro)
kalau kita tetap menggunakan karburator glow, memang akibatnya mendapatkan setting yg pas jadi sulit,karena
engine dgn bb gasoline membutuhkan karburator yg mampu menakar bahan bakar dgn lebih konstan dan presisi dibandingkan karburator milik engine bb methanol... dan jg jgn lupa kadar oli nya harus tetap tinggi seperti pd engine glow umumnya, jika tdk kemungkinan con rod bakal jebol,karena untuk engine glow con rod nya tidak menggunakan bearing...
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by AgoesAurelz »

Ary wrote:Untuk engine glow yg dikonversi ke gasoline,umumnya karburatornya diganti dgn yg didisain untuk gasoline,
(mis. walbro)
kalau kita tetap menggunakan karburator glow, memang akibatnya mendapatkan setting yg pas jadi sulit,karena
engine dgn bb gasoline membutuhkan karburator yg mampu menakar bahan bakar dgn lebih konstan dan presisi dibandingkan karburator milik engine bb methanol... dan jg jgn lupa kadar oli nya harus tetap tinggi seperti pd engine glow umumnya, jika tdk kemungkinan con rod bakal jebol,karena untuk engine glow con rod nya tidak menggunakan bearing...


masuk akal memang...
Tapi kalo pake carb Walbro ukurannya udah seperti heatsink mesin glownya? entar nempatin posisi carbnya jadi masalah lagi..
User avatar
Charles
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1300
Joined: 30 Jul 2007, 16:56
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by Charles »

Saya sih gak tau teorinya engine gimana, cuma saya kebetulan melihat dilapangan, pesawat terbang lancar, engine stabil dan tidak ada masalah. Bahkan dicoba loop juga bisa. Suara engine dan asapnya gak beda dengan yang pake metanol, kalau gak diomongin gak akan tau kalau itu pake pertamax. Tenagannya memang tidak kuat-kuat amat (menurut penglihatan saya lho..), sama dengan metanol nitro 5%.
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1355
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by handoyo6299 »

Lha itu oom Charles, ayo diburu temannya itu, terus dgali sampe ketemu elmunya, nah khan kita bisa jadi terbang lagi dengan minimalis, ayooo ooom ini namanya mandatory soale untuk kita bersama nich, he..he... kok maksa sich :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Charles wrote:Saya sih gak tau teorinya engine gimana, cuma saya kebetulan melihat dilapangan, pesawat terbang lancar, engine stabil dan tidak ada masalah. Bahkan dicoba loop juga bisa. Suara engine dan asapnya gak beda dengan yang pake metanol, kalau gak diomongin gak akan tau kalau itu pake pertamax. Tenagannya memang tidak kuat-kuat amat (menurut penglihatan saya lho..), sama dengan metanol nitro 5%.


Rekan saya yang satu ini memang menjadi pengamat yang serius. Maklum, sesama minimalis. Saya rasa malah sudah dicontek. :)
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

handoyo6299 wrote:Lha itu oom Charles, ayo diburu temannya itu, terus dgali sampe ketemu elmunya, nah khan kita bisa jadi terbang lagi dengan minimalis, ayooo ooom ini namanya mandatory soale untuk kita bersama nich, he..he... kok maksa sich :lol: :lol: :lol: :lol:


Ada perkembangan? :)
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by MrDoms »

kalau dah setara dengan nitro 5% sudah hebat dong om J....
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Doms wrote:kalau dah setara dengan nitro 5% sudah hebat dong om J....


Kenceng dan tenaganya sih ok om Doms. Tapi belum bisa kontan, harus pinter throttle management. Minggu ini akan coba pakai Premium. Laporannya minggu depan, sekalian video kalau ada yang bikinin.
Post Reply

Return to “It Begins With A Spark”