Page 2 of 5

Posted: 15 Sep 2007, 19:25
by su-31
Precission.., Axial roll.., minimum loss altitude.
ya saya cuma bisa kasi saran: Practice, practice and practice.

tn wrote:...di timing nya om Ivan.., ....harus pas .., harus selaras.
latihannya harus giat banget tuh hehehehe...


Selaras Hand and Eye coordination.
Kapan saat nya correction dengan elevator dan..., termasuk ruder, dll.
Itu kuncinya...

Yg perlu dipahami, Wayang2 3D atau Aerobatic yg fully symetric wing, tidak akan turun ketika inverted.

Kehilangan ketinggian yg terjadi pada dasarnya bukan karena posisi (inverted atau Upright).
Contohnya Wayang2 3D itu umumnya mid wing dan sayapnya fully symetrical.
Untuk nge-trim atau mendapat CG yg sesuai, kita harus cruise dengan setengah (50%) power.
Kemudian di roll inverted.
Pada saat inverted.., justru ndak boleh kehilangan ketinggian (descend).
Perhatikan pada saat inverted Kalau turun artinya CG nya terlalu kedepan (Nose Heavy)...,
kalau malah climb berarti Tail Heavy.
Slightly up atau down sesuaiken dengan taste masing2 pilot.

Nah.., setelah inverted bisa level.., kalau kembali upright tetep level (ndak turun)...,
Lantas kalau di roll kenapa kok tetep turun ???

Pesawat apapun (apalagi high wing flat bottom) kalau di roll terus2an ya pasti turun.
Lha banking aja membuat pesawat turun juga kan?
Ya.., karena ada saatnya lift nya berkurang...
Kapan lift nya berkurang ?, ya contohnya saat posisi knife edge !.
Bagian dari roll itu kan ada knife edge nya juga toh...
Dll, dlsb, sehinggga kita perlu tau kapan (timing) perlu koreksi.
Ya koreksinya dengan semua.., elevator, rudder, power...
Contohnya yg dipaparkan sama oom Wind & encik Nubli itu, ya dilatih aja lah.

Saya kalau cuma roll tanpa kehilangan altitude, wuah gampang...
Cuma lantas kalau saya claim roll saya itu axial/presisi.., ya diketawain sama master2 3D.
Sebab saya cuma bisa roll tanpa turun, tapi headingnya ndak pernah bisa lurus...
Jadinya ya rolling circle...
Saya sekarang udah sampai tahap "nyerah".., ya soalnya males practice !

Sama kayak loop.., saya juga jago loop...
Tapi loop model lonjong/telur.., ndak pernah bisa bunder bola...O:)

ujung2nya/kesimpulannya...Practice practice and paractice.

Ini dibawah cuplikan instruksi Mike Pilkenton, designernya OMP Edge-540 untuk trim CG,
Sebagai contoh, bahwa kehilangan ketinggian waktu roll, pada dasarnya bukan sebab posisi inverted.

Semoga membantu.

The plane should fly level both upright and inverted at about 3/4 throttle for ideal 3d setup. If it climbs then you are tail heavy.
This is why you are so pitch sensitive and have coupling problems. Move your CG forward.

Posted: 15 Sep 2007, 20:06
by flytosky
wah. masih hidup thread ini ternyata. hahaha

wah...sejak sky raider crash, sy praktis ga pernah latihan lagi. warhawk juga sepertinya tidak memihak pada saya. mau ga mau musti nunggu armada baru yang belum tau kapan bakal datang.

untuk sementara latihan di simulator dulu deh. tapi adrenaline nya beda. bedanya seperti janjian kencan dengan cewek super jelek vs cewek super cantik. hahahaha

pesawat 3d

Posted: 12 Sep 2008, 00:10
by dino
boz en para suhu sy newbe nih mo nanya pesawat low,midle, or high wing yg plng cocok buat 3d O:)

Re: pesawat 3d

Posted: 12 Sep 2008, 03:50
by toto
dino wrote:boz en para suhu sy newbe nih mo nanya pesawat low,midle, or high wing yg plng cocok buat 3d O:)


Kalo tidak salah dari awal thread ini apabila coba diperhatikan dengan seksama adalah pesawat dari jenis mid wing dengan bentuk airfoil sayap fully symetrical dan mulailah dengan dr bentuk fuselage wayang, kira2 gitu enggak, tolong koreksinya para suhu ............ :bow: :bow: :bow:

Posted: 12 Sep 2008, 10:05
by Budi
Dari yg saya pelajari dari perguruan cibinong........ timing koreksi rudder dan elevator sangat berperan. Mid wing dgn setting2 termasuk CG yg tepat koreksinya paling sedikit....

Saya dididik para Suhu Cibinong untuk latihan dgn slow roll dulu untuk me-memorize besar koreksi sesuai karakter pesawat........

Posted: 12 Sep 2008, 13:12
by dedy_r450
Pemula 1 wrote:Dari yg saya pelajari dari perguruan cibinong........ bla-bla-bla ... dan ... Saya dididik para Suhu Cibinong untuk bla-bla-bla


hahahahah.... yg gini ini berat nih,.... seolah2 di padepokan cibinong2 itu suhunya jago-jago..... padahal hihihihi... *dah pada tau kan eyang gurunya aja alih profesi buka salon????? \:D/ \:D/ \:D/

Posted: 12 Sep 2008, 13:14
by Jimm
ded, rambut gw udah gondrong nih..bawa kursi kecil sama cermin ya..kali aja gratis nyukurnya..asal ga dicukur pake propeler..ampoooeeennnnn

Posted: 12 Sep 2008, 13:16
by dedy_r450
Jimm wrote:ded, rambut gw udah gondrong nih..bawa kursi kecil sama cermin ya..kali aja gratis nyukurnya..asal ga dicukur pake propeler..ampoooeeennnnn


Gratis om spy,.. cuman ya entu... ga boleh milih model.... :)) model yang lain habis,.. tinggal model botak hahahahahahaha

Posted: 12 Sep 2008, 13:19
by Jimm
dedy_r450 wrote:
Jimm wrote:ded, rambut gw udah gondrong nih..bawa kursi kecil sama cermin ya..kali aja gratis nyukurnya..asal ga dicukur pake propeler..ampoooeeennnnn


Gratis om spy,.. cuman ya entu... ga boleh milih model.... :)) model yang lain habis,.. tinggal model botak hahahahahahaha


:joy: :joy:

Re: [tanya] gimana lakukan roll tanpa descent?

Posted: 21 Jan 2009, 08:24
by Mukti
Saya tertarik juga dengan thread ini, karena kalau lihat di video2 dan diskusi forum luar, manuver ini (mungkin yang dimaksud Rolling Harrier) jadi puncak 3D airplane kayak piroflip di Heli. Kalau baca teorinya sih gampang waktu posisi nyamping sedikit koreksi ruder pada arah yang sesuai, waktu invert koreksi elevator down dan seterusnya...... Tapi prakteknya kok jempol kanan sama kiri gak pernah akur... di simulator aja pesawat jadi liar gak jelas arahnya. Sekarang coba latihan continous slow roll sesuai petunjuk Pemula1 .... berdasarkan pengalaman enakan roll ke kanan atau ke kiri pak ???