Cara Discharge Battery

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Makanya saya pingin bertanya kepada para ahli dan suhu disini... masalahnya sabtu kemarin saya mengalami masalah di heli engine saya, tapi untungnya para senior2 di magic sby langsung sigap membantu...

nicd rx saya full charge hari selasa... malam sabtunya dicek masih 5,0volt asumsi saya arus segitu pasti masih sangat layak untuk terbang... esoknya heli di start setelah posisi stik throtle diposisi tengah (mesin sudah mengerang keras tp blm lift)... eh tiba2 heli nggak bs dikontrol alias tx nggak hubungan dg rx #-o #-o mau mematikan nggak berani, blade muter kenceng... takut. akhirnya senior sigap dg rescuenya... ternyata setelah dicek battery habis, untung blm posisi terbang... bener kondisi battery jangan disepelekan deh, hikmah banget... lebih bagus memang melakukan charge sebelum flight, betul seperti itu nggak ya prosedurnya...? tolong pencerahannya suhu2 [-o< [-o<
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Waduh ngeri tuh... dulu juga pernah ada pengalaman di pesawat pake konektor std WD, akhirnya lepas dan lost control nabrak genting rumah anggota AURI.... makanya untuk urusan batt RX mesti bener2 check n recheck, soalnya ga ada ampun lagi kalo sampai failure.
BTW gmn tuh cara senior2 dari magic matiin engine saat blade masih berputar keras? bole donk bagi2 ilmunya....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Sayangnya gak sempat motretin... soalnya tegang banget
Pak Iwan Hanny di mobil boxnya siap 2 batang alumunium silinder panjang biasanya dipake untuk membentangkan payung, dipegang satu2 oleh 2 orang... satu orang megang helinya memastikan tidak berubah posisi, yang satunya lagi memutus paksa selang fuel dari fueltank... akhirnya... uh lega rasanya, langsung charge ulang nunggu satu jam an lah diselingi main buggy... ngedrift.... buat ngilangin stress.

Hampir dalam sehari 2 kejadian, nggak ah... kapok [-o< [-o<
User avatar
darma
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 13 Jul 2007, 13:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Post by darma »

Pak Syafik, setahu saya batere NiCd/NiMH self-discharge ratenya memang lebih tinggi dari LiPo, tapi itu juga waktunya berminggu-minggu...... kalo drop dalam waktu semalam sih kayaknya nggak mungkin kecuali kalo baterenya memang sudah sangat lemah.......
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Ya itulah pak... barangkali perlu di maintenace dg discharge... sapa tau bisa nemu solusinya bikin nicd segar lagi... tapi kalau memang rusak... ya... terpaksa harus ganti hikhikhik...
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Pak syafik saya beli dischargernya di Jembatan Merah Plaza di toko mainan di ground floor. Lupa nama tokonya. Itu juga gak sengaja mo beliin maenan buat si kecil, liat2 kok jualan heli co ax 4 ch juga. Trs akhirnya mata sampe ke alat yg kayak charger tapi gak ada kabel buat colokan listriknya. Tanya yg jual, ternyata itu discharger batt. Sekali pake utuk 2 batt tipe AA.

Setelah di coba kok voltase dari 8 batt AA NiMH kok cuma mentok turun sekitar 9v yah? Gak tau juga klo discharge itu bisa paling rendah berapa volt. Ato dischargernya yg kurang optimal saya juga kurang paham.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Kalau ada yang murmer gitu lumayan... sekarang saya hanya memanfaatkan charger yang udah fungsi dischargenya, tapi ya itu... bagaimana cara penggunaannya secara benar gitu... ada yang bisa bantu pakar2 elektronik [-o<
User avatar
Joker
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 836
Joined: 24 Jul 2007, 11:56
Location: Surabaya
Contact:

Post by Joker »

Waduh bisa sampai kayak gitu, hebat juga untung helinya ngak papa, tetapi prinsipnya sich mas kalo masalah bat harus setiap saat harus di cek dulu aja mas karena apapun pasti ada failure nya kalau kita ngak teliti(apalagi kalau ada yang bikin konsentrasi ngak bagus hehehehe)

Ok masalah batt, mas mungkin bisa baca di majalah chip (edisi.....)ntar dech saya cari kan pdfnya disitu ada bahasan yang cukup lah bagaimana kita merawat ama penjelasan umur bat nicd ama nimh sampai li-on dan lipo sabar mas pdf nya menyusul ok
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

OK thanks... ditunggu mas, kirim via YM aja
Sementara ini masih cari bat RX cadangan, ato kayaknya pake lipo dg 2in1 regulator bagus kayaknya lebih gampang ngechargenya... tapi kok mahal ya #-o #-o
User avatar
Yudha
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2732
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Jadi untuk batre nimh/nicd sebaiknya disimpan dalam keadaan full charge atau di discharge dulu baru disimpen ??
Post Reply

Return to “Battery & Charger”