Page 2 of 6
Posted: 22 Aug 2007, 12:55
by Syafik
Makanya saya pingin bertanya kepada para ahli dan suhu disini... masalahnya sabtu kemarin saya mengalami masalah di heli engine saya, tapi untungnya para senior2 di magic sby langsung sigap membantu...
nicd rx saya full charge hari selasa... malam sabtunya dicek masih 5,0volt asumsi saya arus segitu pasti masih sangat layak untuk terbang... esoknya heli di start setelah posisi stik throtle diposisi tengah (mesin sudah mengerang keras tp blm lift)... eh tiba2 heli nggak bs dikontrol alias tx nggak hubungan dg rx

mau mematikan nggak berani, blade muter kenceng... takut. akhirnya senior sigap dg rescuenya... ternyata setelah dicek battery habis, untung blm posisi terbang... bener kondisi battery jangan disepelekan deh, hikmah banget... lebih bagus memang melakukan charge sebelum flight, betul seperti itu nggak ya prosedurnya...? tolong pencerahannya suhu2

Posted: 22 Aug 2007, 13:18
by Franky
Waduh ngeri tuh... dulu juga pernah ada pengalaman di pesawat pake konektor std WD, akhirnya lepas dan lost control nabrak genting rumah anggota AURI.... makanya untuk urusan batt RX mesti bener2 check n recheck, soalnya ga ada ampun lagi kalo sampai failure.
BTW gmn tuh cara senior2 dari magic matiin engine saat blade masih berputar keras? bole donk bagi2 ilmunya....
Posted: 22 Aug 2007, 14:17
by Syafik
Sayangnya gak sempat motretin... soalnya tegang banget
Pak Iwan Hanny di mobil boxnya siap 2 batang alumunium silinder panjang biasanya dipake untuk membentangkan payung, dipegang satu2 oleh 2 orang... satu orang megang helinya memastikan tidak berubah posisi, yang satunya lagi memutus paksa selang fuel dari fueltank... akhirnya... uh lega rasanya, langsung charge ulang nunggu satu jam an lah diselingi main buggy... ngedrift.... buat ngilangin stress.
Hampir dalam sehari 2 kejadian, nggak ah... kapok

Posted: 22 Aug 2007, 16:18
by darma
Pak Syafik, setahu saya batere NiCd/NiMH self-discharge ratenya memang lebih tinggi dari LiPo, tapi itu juga waktunya berminggu-minggu...... kalo drop dalam waktu semalam sih kayaknya nggak mungkin kecuali kalo baterenya memang sudah sangat lemah.......
Posted: 22 Aug 2007, 17:04
by Syafik
Ya itulah pak... barangkali perlu di maintenace dg discharge... sapa tau bisa nemu solusinya bikin nicd segar lagi... tapi kalau memang rusak... ya... terpaksa harus ganti hikhikhik...
Posted: 22 Aug 2007, 20:12
by sevenslidegrills
Pak syafik saya beli dischargernya di Jembatan Merah Plaza di toko mainan di ground floor. Lupa nama tokonya. Itu juga gak sengaja mo beliin maenan buat si kecil, liat2 kok jualan heli co ax 4 ch juga. Trs akhirnya mata sampe ke alat yg kayak charger tapi gak ada kabel buat colokan listriknya. Tanya yg jual, ternyata itu discharger batt. Sekali pake utuk 2 batt tipe AA.
Setelah di coba kok voltase dari 8 batt AA NiMH kok cuma mentok turun sekitar 9v yah? Gak tau juga klo discharge itu bisa paling rendah berapa volt. Ato dischargernya yg kurang optimal saya juga kurang paham.
Posted: 24 Aug 2007, 11:00
by Syafik
Kalau ada yang murmer gitu lumayan... sekarang saya hanya memanfaatkan charger yang udah fungsi dischargenya, tapi ya itu... bagaimana cara penggunaannya secara benar gitu... ada yang bisa bantu pakar2 elektronik

Posted: 30 Aug 2007, 08:22
by Joker
Waduh bisa sampai kayak gitu, hebat juga untung helinya ngak papa, tetapi prinsipnya sich mas kalo masalah bat harus setiap saat harus di cek dulu aja mas karena apapun pasti ada failure nya kalau kita ngak teliti(apalagi kalau ada yang bikin konsentrasi ngak bagus hehehehe)
Ok masalah batt, mas mungkin bisa baca di majalah chip (edisi.....)ntar dech saya cari kan pdfnya disitu ada bahasan yang cukup lah bagaimana kita merawat ama penjelasan umur bat nicd ama nimh sampai li-on dan lipo sabar mas pdf nya menyusul ok
Posted: 30 Aug 2007, 12:38
by Syafik
OK thanks... ditunggu mas, kirim via YM aja
Sementara ini masih cari bat RX cadangan, ato kayaknya pake lipo dg 2in1 regulator bagus kayaknya lebih gampang ngechargenya... tapi kok mahal ya

Posted: 29 Oct 2007, 12:56
by Yudha
Jadi untuk batre nimh/nicd sebaiknya disimpan dalam keadaan full charge atau di discharge dulu baru disimpen ??