Page 2 of 4
Posted: 02 Sep 2007, 12:25
by sudjai sarmo
Kita setting engine pesawat dari sampingpun ada bahayanya, kemaren waktu menyettingkan needlevalve punya Mr.Wawan malah saya kena kerikil yang tersedot propeller yang full throttle pas didahi saya, bisa Anda bayangkan kerikil kecil bisa masuk ke dahi dan baru tiga hari kemudian ketauan masih ada kerikilnya dibekas luka. Dan masih untung nggak kena mata.
Posted: 04 Sep 2007, 10:43
by Bambang Suroto
Memang kita selalu beruntung terus ya pak Sudja'i... kena dahi untung aja nggak kena mata... untung aja mata di kacain.. he 3x.
_______________________________________
Ada niat ada usaha....terbanglah pesawatku....
Posted: 05 Sep 2007, 08:49
by Syafik
Terimakasih buat para senior yang memberi input dan informasi yang sangat berharga, bisa dijadikan pedoman lain kali kalai untuk lebih berhati terhadap segala resiko yang terjadi di hobby ini...
Pertanyaan saya, bagaimana kalau adjust throtle untuk heli engine, apakah blade saja yang dicopot atau dg flybarnya... karena cukup berbahaya kalau udah full speed
Posted: 05 Sep 2007, 13:04
by x wing
kalo menurut ku blade aja yang di lepas
(xixiixxii wong belom pernah pake heli engine ko' kasih saran)
Posted: 05 Sep 2007, 22:37
by aamwood
Aku kasih saran yah .... cuman saran saja ...
Kalu main heli, usahakan jangan pakai blade grip plastic. Kalau bisa upgrade ke metal. Heli merk apapun juga aku sarankan ganti ke metal saja.
Soalnya aku pernah ngalamin. Blade lepas sampai 30 meter karena blade grip plasticnya pecah. Padahal dari luar dak kelihatan ada cacatnya. Dan blade grip itu juga baru dipakai terbang kurang dari 30 kali. Jadi hati hati.
Posted: 06 Sep 2007, 08:32
by sudjai sarmo
Kalau setting needle valve di engine Raptor50 saya selalu memakai Temperatur Gun untuk memonitor panas mesin, kalau terlalu panas di rich, dan yang mudah bila habis terbang kita pegang backplate engine bila masih bisa kepegang artinya mesin tidak terlalu panas.
Bila terjadi lost contact saat heli menjelang takeoff...
Posted: 03 Nov 2007, 23:52
by AgoesAurelz
Bila terjadi "lost contact" (karena batt lepas, Rx or Tx error) pada helicopter pada saat heli menjelang take off, kondisi: Heli masih ditanah tapi rpm main blade sudah lumayan tinggi putarannya... Ada beberapa tips untuk menghentikannya:
1. Jangan panik.. dan Jangan sekali-kali mencoba mengentikan dengan menekan center rotor dgn tangan!
Segera Buka baju dan lempar ke mainrotor, baju akan otomatis ngelibet di mainrotor dan blades akan berhenti berputar.
2. Apabila rpm masih low (blades belum terlalu kencang berputar), segera ambil bambu panjang dan masukan dengan cepat dan tepat ke sela-sela landing skid pada heli... selanjutnya bambu tsb diberi pemberat kiri&kanannya supaya heli tdk bisa terbang (bambu bisa diinjak oleh dua orang) dan tunggu sampai bbm di tangki habis...
3. Apabila situasi tidak terkendali, dan kedua cara diatas tidak berhasil... segera ambil batu, toolbox atau kayu dan segera HANCURKAN heli... cara ini cukup beresiko karena pecahan blade bisa mengenai tubuh...
Tips diatas saya dapat dari seorang pilot heli senior... (it's TOO LATE for me... but not too late for others pilots!)
Posted: 04 Nov 2007, 05:49
by Redblur
Apa.......batu???
kejadian ini pernaqh terjadi di cinere
Lepton lost contact karena batrai TX habis heheheh
aku ama om gundul400 bingung di apain
dia nekat deh.......berhasil heheh
Posted: 04 Nov 2007, 11:01
by Ravenchan
wah... ngeri juga ya kalo sampai kejadian ginian.. teringat cerita yang heli engine.. tiba2 ketekan full throtel dalam ruangan... yg bersangkutan berlarian keluar nunggu sampe bbmnya abis ... kekekkee
sapa itu ya? hehehe ada yang tau??
Posted: 04 Nov 2007, 11:43
by AgoesAurelz
Redblur wrote:Apa.......batu???
kejadian ini pernaqh terjadi di cinere
Lepton lost contact karena batrai TX habis heheheh
aku ama om gundul400 bingung di apain
dia nekat deh.......berhasil heheh
Nekatnya gimana Om? ada tips & trick cara jinakkan heli dgn kondisi spt itu? Lepton kalo lagi fullspeed RPM nya tinggi banget... tangan kalo kesambar pasti buntung! Untung saat itu tidak terjadi apa-apa pada om gundul....
btw, Cara ke-3 dari tips yg saya tulis adalah pilihan terakhir... karena kondisi spt itu sgnt kritis sehingga pilot harus bertindak cepat sebelum heli mengudara!