After-run Oil
Moderator: sudjai sarmo
- herwanto
- Posts: 7
- Joined: 06 May 2008, 19:50
- Contact:
Re: After-run Oil
yg saya lihat pengalaman dari rc car, after run oil selain sebagai pelindung dari karat untuk penyimpanan lama yang otomatis akan memperpanjang nyawa mesin, after run juga memiliki efek mesin jadi lebih mudah dinyalakan lagi setelah disimpan.. dan kenapa sebaiknya pakai after run, karena after run memiliki sifat langsung terbakar dan hilang bila terkena panas mesin, jadi sisa2nya tidak akan membahayakan mesin tsb.. hal ini yg blm tentu sama dgn wd40 atau yg lain sbgnya (disamping yg dikatakan pak sudjai sarno).. kalau dari penglaman saya 2-3 tetes utk setelah short run, dan 4-5 tetes utk setelah long run atau mau disimpan lama pak.. jangan lupa utk optimalnya, bensin harus benar2 kosong dulu dari dalam mesin, lalu propeler diputar setelah diteteskan agar after run menyebar rata.. saya sendiri pakai merk hobicco pak.. itu sih dari pengalaman saya.. semoga membantu..
- setyo antarikso
- Technical Sergeant
- Posts: 536
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: After-run Oil
saya dulu pakai WD40, tapi setelah diperhatikan karet O ring sering getas.
Skr pake penray anti rust, buat karet lebih aman. Belum pernah kejadian karet getas lagi. Nyemprotnya juga lebih bebas.
kalau pake minyak singer, cenderung menyerap debu, lama lama warna jadi gelap.
Satu lagi kl dengan penray tsb, setelah disimpan lama begitu distart langsung hidup, krn sifatnya cairan yg flammable.
Skr pake penray anti rust, buat karet lebih aman. Belum pernah kejadian karet getas lagi. Nyemprotnya juga lebih bebas.
kalau pake minyak singer, cenderung menyerap debu, lama lama warna jadi gelap.
Satu lagi kl dengan penray tsb, setelah disimpan lama begitu distart langsung hidup, krn sifatnya cairan yg flammable.
- kula
- Second Lieutenant
- Posts: 2245
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: After-run Oil
bukannya di manual OS46AX justru tdk disarankan utk menggunakan after run oil ?
- setyo antarikso
- Technical Sergeant
- Posts: 536
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: After-run Oil
maksudnya harus hati2 dalam netesin after run.
Buat saya, solusi murah ya pake penray, namanya bukan after run, tapi anti rust.
Malah pernah dapet engine heli OS 50hyper macet (karburator macet, kruk as macet), cukup disemprot pake cairan tsb terus dibiarkan semaleman, paginya diputer pelan2 begitu udah lancar puterannya langsung distater hidup. Cuma asep initial run agak kotor karena bekas karat tsb. Selanjutnya bersih.
Buat saya, solusi murah ya pake penray, namanya bukan after run, tapi anti rust.
Malah pernah dapet engine heli OS 50hyper macet (karburator macet, kruk as macet), cukup disemprot pake cairan tsb terus dibiarkan semaleman, paginya diputer pelan2 begitu udah lancar puterannya langsung distater hidup. Cuma asep initial run agak kotor karena bekas karat tsb. Selanjutnya bersih.
- justinus
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1969
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: After-run Oil
Penray itu merk?
- Budi
- Brigadier General
- Posts: 9685
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: After-run Oil
WD40 itu penetrant dengan kandungan solvent ditambah very low viscous lube sifatnya tidak water soluble dan masuk ke pori2. jadi bagus untuk sort period lubrikasi. karena begitu solvent mengering, lube akan ngumpul dititik terendah.
Top1 memang di beri surfactan dan deterjen. Lubricant nya tetap non water soluble. deterjennya water soluble dan memecah surface tension dari water. jadi dihindari pemakaiannya di daerah lembab terbuka seperti indonesia.
yg cocok sih emang High speed low viscous lube seperti minyak singer plus kalo ada corrosion additive seperti si anti rust (non water soluble juga)
Top1 memang di beri surfactan dan deterjen. Lubricant nya tetap non water soluble. deterjennya water soluble dan memecah surface tension dari water. jadi dihindari pemakaiannya di daerah lembab terbuka seperti indonesia.
yg cocok sih emang High speed low viscous lube seperti minyak singer plus kalo ada corrosion additive seperti si anti rust (non water soluble juga)
- AgoesAurelz
- Major
- Posts: 3576
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: After-run Oil
.... kalo pengguna BBM Nitro merek: Byron lebih baik ngga usah pake after run... Begitu yg saya baca di sticker yg nempel di gallonnya..
- setyo antarikso
- Technical Sergeant
- Posts: 536
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: After-run Oil
justinus wrote:Penray itu merk?
betul sekali..kalengnya warna kuning emas
- toto
- Colonel
- Posts: 6656
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: After-run Oil
setyo antarikso wrote:justinus wrote:Penray itu merk?
betul sekali..kalengnya warna kuning emas
apakah bisa minta tolong sebagai upeti bawain 2 kaleng om, itung2 amal ........ saya doakan semoga dalam waktu singkat bisa dapat jodoh 2 sekaligus ........... ka . ka .. ka ... burrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr .............. eh balik dulu ngambil upetinya ......... nah baru ngumpet deh sekarang ...........



- prast
- Staff Sergeant
- Posts: 306
- Joined: 25 Sep 2007, 14:37
- Location: Cikarang - Jababeka
- Contact:
Re: After-run Oil
setyo antarikso wrote:saya dulu pakai WD40, tapi setelah diperhatikan karet O ring sering getas.
Skr pake penray anti rust, buat karet lebih aman. Belum pernah kejadian karet getas lagi. Nyemprotnya juga lebih bebas.
kalau pake minyak singer, cenderung menyerap debu, lama lama warna jadi gelap.
Satu lagi kl dengan penray tsb, setelah disimpan lama begitu distart langsung hidup, krn sifatnya cairan yg flammable.
@ Mas Setyo, Penray beli nya dimana?ditoko accessories mobil/motor ada ga...?