Page 2 of 3

Posted: 13 Dec 2007, 23:29
by rpramusinto
Sedikit tips dari saya.. kalau anda memakai fuel yg mengandung lubrikasi berbahan dasar castor, maka sisa dari pembakaran/kerak dari castor biasanya akan sangat sulit dibersihkan kalo sudah terlambat. Beda dgn bahan bakar yg mengandung lubrikasi synthetic. namun ttp ada cara agar kotoran ini tidak membandel. kalo saya setiap kali habis selesai bermain dalam satu hari. saya selalu membersihkan bagian yg metal (khususnya engine) dgn alcohol 70%, dgn demikian sisa castor td tidak cepat membekas. paling tidak lebih baik kita bersihkan sebelum kotoran mulai mengeras. jgn menggunakan bahan yg mudah terbakar seperti bensin, selain berbahaya bensin dapat merusak part2 yg terbuat dari karet dll. juga bau nya yg akan sgt menggangu ketika kita menyimpannya dalam mobil.

untuk membersihkan body pesawat/heli saya biasanya hanya menggunakan cairan pembersih kaca seperti pak Djai bilang. cairan ini memang terbukti sgt ampuh untuk membersihkan dari sisa2 minyak yg melekat di bodi tanpa merusak body karena cairan ini biasanya hanya bersifat seperti air sabun saja. (mengingat body pesawat / heli terbuat dari plastik atau monokote) apa lagi bagi para pemain foamies, bensin sgt diharamkan kena BODY. lebih baik anda bersihkan saja dgn air sabun/pembersih kaca dan dilap dgn kain halus / tissue.

jgn lupa untuk karburator usahakan jgn sampai ada benda selain FUEL yg masuk kedalam, karena apabila ada air masuk dikhawatirkan bisa menimbulkan karat pada bearing.

apabila memang punya after run, untuk pemakai fuel non synthetic lubricant, dianjurkan untuk memakainya, atau bisa digantikan dgn PENRAY penetrant atau bisa juga dgn WD 40, tp untuk keamanan seal/O-ring lebih bagus penray dibanding WD 40, karena tidak membuat karet jadi getas.

MAAF kalo kepanjangan.. abisnya sekalian curhat itulah ritual saya sehabis ber-HOBBY ria... \:D/
Salam, semoga bermanfaat.. mohon dikoreksi apabila salah..

Posted: 14 Dec 2007, 06:19
by Satria
Bagaimana membedakan fuel yang mengandung lubrikasi berbahan dasar castor atau synthetic, apakah ada petunjuk yg dapat membedakan ...

Posted: 14 Dec 2007, 08:22
by rpramusinto
ada kok oomm. di kemasan biasanya ada tulisan synthetic... cari aja disekeliling botol. setahu saya merk COOL POWER & Wild cat memakai synthetic oil.. hasilnya.. engine piston lebih bersih dibanding CASTOR yg sering bikin hitam piston apabila anda bongkar engine anda. dan juga COOL power & wild cat sudah ada additive anti rust. jadi tak perlu after run oli lagi. memang fuel ini sedikit lebuh mahal dibanding yg pake castor (BYRON) tp mesin lebih sehat dan power lebih baik serta relatif lebih dingin mesin nya. ini hasil pengalaman pribadi pak. mungkin ada yg memiliki opini berbeda.
SALAM.. 8-[

Posted: 17 Dec 2007, 13:36
by seasickers
OVERHOUL ENGINE

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Gambar bisa bercerita lebih banyak.........

Posted: 17 Dec 2007, 15:32
by Syafik
Hasilnya mantep gak pak...

Posted: 17 Dec 2007, 15:56
by rpramusinto
Boleh juga ni pa overhaul mesin nya.. tapi kayanya bagusan dibikinin thread aja lagi ni pak..biar lebih spesifik..

Posted: 17 Dec 2007, 15:57
by seasickers
Manteb pak, cuman setting angin + fuelnya agak susah nemunya,.....
coba coba dan coba lagi akhirnya ketemu juga settingan yang pas antara lean dan richnya.

Posted: 17 Dec 2007, 17:06
by Satria
rpramusinto wrote:Boleh juga ni pa overhaul mesin nya.. tapi kayanya bagusan dibikinin thread aja lagi ni pak..biar lebih spesifik..


Setuju mas ... itung-itung nambah ilmu soal engine ...

Posted: 17 Dec 2007, 19:25
by sudjai sarmo
Hati2 mejanya bisa terbang.

Posted: 17 Dec 2007, 19:36
by Syafik
iya nih setuju dibikin thread khusus overhaul engine... diulas lebih detil, plus dan minusnya