Posted: 13 Dec 2007, 23:29
Sedikit tips dari saya.. kalau anda memakai fuel yg mengandung lubrikasi berbahan dasar castor, maka sisa dari pembakaran/kerak dari castor biasanya akan sangat sulit dibersihkan kalo sudah terlambat. Beda dgn bahan bakar yg mengandung lubrikasi synthetic. namun ttp ada cara agar kotoran ini tidak membandel. kalo saya setiap kali habis selesai bermain dalam satu hari. saya selalu membersihkan bagian yg metal (khususnya engine) dgn alcohol 70%, dgn demikian sisa castor td tidak cepat membekas. paling tidak lebih baik kita bersihkan sebelum kotoran mulai mengeras. jgn menggunakan bahan yg mudah terbakar seperti bensin, selain berbahaya bensin dapat merusak part2 yg terbuat dari karet dll. juga bau nya yg akan sgt menggangu ketika kita menyimpannya dalam mobil.
untuk membersihkan body pesawat/heli saya biasanya hanya menggunakan cairan pembersih kaca seperti pak Djai bilang. cairan ini memang terbukti sgt ampuh untuk membersihkan dari sisa2 minyak yg melekat di bodi tanpa merusak body karena cairan ini biasanya hanya bersifat seperti air sabun saja. (mengingat body pesawat / heli terbuat dari plastik atau monokote) apa lagi bagi para pemain foamies, bensin sgt diharamkan kena BODY. lebih baik anda bersihkan saja dgn air sabun/pembersih kaca dan dilap dgn kain halus / tissue.
jgn lupa untuk karburator usahakan jgn sampai ada benda selain FUEL yg masuk kedalam, karena apabila ada air masuk dikhawatirkan bisa menimbulkan karat pada bearing.
apabila memang punya after run, untuk pemakai fuel non synthetic lubricant, dianjurkan untuk memakainya, atau bisa digantikan dgn PENRAY penetrant atau bisa juga dgn WD 40, tp untuk keamanan seal/O-ring lebih bagus penray dibanding WD 40, karena tidak membuat karet jadi getas.
MAAF kalo kepanjangan.. abisnya sekalian curhat itulah ritual saya sehabis ber-HOBBY ria...
Salam, semoga bermanfaat.. mohon dikoreksi apabila salah..
untuk membersihkan body pesawat/heli saya biasanya hanya menggunakan cairan pembersih kaca seperti pak Djai bilang. cairan ini memang terbukti sgt ampuh untuk membersihkan dari sisa2 minyak yg melekat di bodi tanpa merusak body karena cairan ini biasanya hanya bersifat seperti air sabun saja. (mengingat body pesawat / heli terbuat dari plastik atau monokote) apa lagi bagi para pemain foamies, bensin sgt diharamkan kena BODY. lebih baik anda bersihkan saja dgn air sabun/pembersih kaca dan dilap dgn kain halus / tissue.
jgn lupa untuk karburator usahakan jgn sampai ada benda selain FUEL yg masuk kedalam, karena apabila ada air masuk dikhawatirkan bisa menimbulkan karat pada bearing.
apabila memang punya after run, untuk pemakai fuel non synthetic lubricant, dianjurkan untuk memakainya, atau bisa digantikan dgn PENRAY penetrant atau bisa juga dgn WD 40, tp untuk keamanan seal/O-ring lebih bagus penray dibanding WD 40, karena tidak membuat karet jadi getas.
MAAF kalo kepanjangan.. abisnya sekalian curhat itulah ritual saya sehabis ber-HOBBY ria...

Salam, semoga bermanfaat.. mohon dikoreksi apabila salah..