<ask>about exhaust system...

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
eidri
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1580
Joined: 16 Apr 2007, 21:32
Location: Mt.Kiara - Kuala Lumpur
Contact:

Post by eidri »

Mr. Dom's wrote:kok suhu christofel tau aja ya lagi ada pertanyaan.... langsung nongol... hehehe...

saya mau nebeng nanya ada nggak rekan2 yang punya teknik bikin mufler hom med... yang bisa membantu mengeluarkan power lebih baik tapi kompensasi kebisingan cukup oke...

kebetulan saya ada dapat pipa aluminum super ringan dia 3 cm panjang 25 cm


om doms bisa klik disini http://www.rcaerobats.net/Making_Quiet.htm ...kali2 aja dapet inspirasi.... \:D/
User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

@eidri: maksudnya, bukan sekedar nambah besar muffler. Ini kan ngomong soal melepas sekat ... Nah, itu muffler aslinya memang sudah di design sama os dg volume yg cocok, tapi tanpa sekat. Lalu untuk mengakomodir aturan kebisingan, dibuatlah sekat tambahan ... yg akibatnya bikin power berkurang ...
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Bung Eidri......(mulai kapan panggil bung...)

Di Era ke-emasan "Balik Race" Cibubur (Fun Pylon Race).....hampir sebagian besar pilot menggunakan Supersport 40 dgn engine OS55AX, kemudian beralih ke supersport 30 dgn engine yg sama terakhir Delta 30 masih engine yang sama.....dan semakin ngebut......terakhir Q500dgn OS46AX yg paling kencang.......

di saat itu semua jenis modif mulai dari bermacam engine (OS 46AX/LA, OS55AX, OS FS72, novarossi, mvvs?? dll) dicoba, berbagai macam muffler modif, kawin silang, hommade di lakukan, termasuk bore up exhaust, optimalisasi prop dll.

khusus utk OS55AX Muffler, kita melakukan bench test. Di komando-i oleh Pak Maliki.....test diawali dgn menggunakan engine standard. cool power 5% prop APC 11x6 (optimum thrust) RPM mencapai 13800rpm(angka estimasi se-ingatnya), kemudian di copot baffle mufflernya, RPM naik ke 14400rpm. rpm tertinggi dicapai setelah menggunakan muffler GMS 46 yaitu 14900rpm....tapi suaranya nyaring banget........dan hanya beberapa sortie baut muffler langsung kendor dan copot.......(kepanasan/ vibrasi)........

Tapi yg paling hebat dan kencang sepertinya racikan Oom Ekozz, degan tuned pipe modif sendiri........

kalau mau nyoba lagi, saya punya bench dan mufflernya sekarang dipakai di Magic untuk dibandingkan dgn standardnya.
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Sedikit OOT .... kalau untuk balap kenapa pakai 11X6 Om? untuk engine yg sama (OS 55AX) meskipun dgn muffler standar , bukankah jauh lebih
ngebut dgn prop 10X8 ?? kecepatan pesnya bisa naik sekitar 34% lagi lo....
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Ary wrote:Sedikit OOT .... kalau untuk balap kenapa pakai 11X6 Om? untuk engine yg sama (OS 55AX) meskipun dgn muffler standar , bukankah jauh lebih
ngebut dgn prop 10X8 ?? kecepatan pesnya bisa naik sekitar 34% lagi lo....


itu yg belum di coba oom sesuai dgn saran Oom Ary waktu itu,.....keburu supersportnya nyuyuk(nyungsep duluan)...... sekarang lagi rakit Delta Sport 30 utk balap liar di Cikeas (oops ... :-$ , awas ada yg berwajib ntar ditangkep)......

Sekarang lagi kosentrasi rakit peswat 3D sama Heli.....

Nanti kalo dah jadi saya posting review OS55AX dgn Deltasport dipasangin GPSmodul data logger(RoyaltekBT2000)biar bisa lihat speed aktualnya dgn berbagai variasi prop.
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

PakBapak, saya numpang maen control line ya.

Bukan Cone baffle nya yg dicopot, tapi mufflernya, alias gak pake muffler samasekali...(drpada bingung kayak si Eidri).
Jangan malah nanya ya Dri, kalo gak pake muffler, fuel pressurenya dari mana ?.., ntar nanya Uniflow tank segala
:-# :-# :-#
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Kalau dalam control line muffler bisa dicopot karena throttle nya kan full terus, tapi kalau uniflow tank diterapkan pada
control line, kita dapat pressurenya dari mana suhu 31 ?? :-k
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Ary wrote:Kalau dalam control line muffler bisa dicopot karena throttle nya kan full terus, tapi kalau uniflow tank diterapkan pada
control line, kita dapat pressurenya dari mana suhu 31 ?? :-k


Iya jadi bertanya tanya, pressurenya darimana? Kecuali tanknya posisi diatas carb, atau suction flow venturi sangat kuat sehingga bisa menarik fuel dari tank.

Saya pernah lihat temen modif dgn membuka exhaust. Tekanan utk fuel tank diambil dari bikin tap backplate crankcase dipasangin nipple line up ke tanki......
User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

tekanan dari muffler ke tank hanya untuk bantu ... bukan berarti tanpa itu trus mesin nggak bisa nyala ...
saya udah sering pake mesin tanpa bantuan tekanan dari muffler, nggak pernah ada problem tuh, cuman spuyer memang harus dibuka tambah ...
User avatar
Charles
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1300
Joined: 30 Jul 2007, 16:56
Location: Surabaya

Post by Charles »

Pemula 1 wrote:Iya jadi bertanya tanya, pressurenya darimana? Kecuali tanknya posisi diatas carb, atau suction flow venturi sangat kuat sehingga bisa menarik fuel dari tank.

Saya pernah lihat temen modif dgn membuka exhaust. Tekanan utk fuel tank diambil dari bikin tap backplate crankcase dipasangin nipple line up ke tanki......

Bahasanya om Pemula 1 makin susah aja dimengerti....he...he....
Post Reply

Return to “Engine”