Page 2 of 3

Posted: 19 Jan 2008, 08:58
by dion
@adhreena
Nilai C kalo ga salah nilai dari discharge rate. ini merupakan nilai dari jenis batt nya bukan kapasitas. li-ion umumnya kurang dari 5C.
li-po mempunyai nilai C yang lebih tinggi.

pararel dan seri hanya mengubah nilai Arus dan voltage saja tidak bisa merubah nilai C nya.

Saya menggunakan 3 batt nokia buat power TX saya. lumayan awet karena TX tidak butuh nilai C yang tinggi.

Thanks

Posted: 19 Jan 2008, 09:35
by christoffel
kalau diparalel, nilai xC memang nggak naik. malah kalau nilai xC nya nggak sama, hasil paralelnya ngikut yg kecilan .... tapi kapasitas simpannya (sebenarnya justru ini yg disebut C) jadi nambah.

nilai C yg ditulis pd batt LiPo itu kan menerangkan kemampuan arus maximal batt untuk discharge, sekian kali Capasity (C). Kalau saya lebih suka pake istilah xC untuk ini.
contoh :
batt LiPo 2000mA 10C artinya maximal arus discharge continue nya 10x2000mA = 20Amp ==> C=2000, xC=10
kalo di paralel 2 biji,
jadinya 4000mA 10C artinya maximal arus discharge continue nya 10x4000mA = 40Amp ==> C=4000, xC=10
atau boleh dibilang kemampuan dischargenya setara 2000mA 20C ==> C=2000, xC=20 tapi ini cuman penyetaraan untuk discharge lho, karena charge nya nanti tetep harus ngikutin aturan main C=4000, xC=10

jadi kalo mau pake batt Nokia, bisa aja, cuman harus diparalel sampai kemampuan arusnya cukup untuk beban yg digunakan.

Posted: 04 Feb 2008, 00:14
by yuda
Kalo untuk tx jr9ch apa bisa masuk kekotak batre tx tersebut?..

Posted: 04 Feb 2008, 14:36
by Syafik
Saya punya lipo 3 sel 2biji dan dua2nya gak bisa dicharge lagi tapi kalau ujung kabel + dan - dicoba ditempelkan sekilas masih kuat banget arusnya, apakah kira2 lipo itu masih bisa dipake atau kalau dibongkar dan dicek satu persatu kemuadian yang masih bisa dipake di pack lagi apakah masih bisa dan aman. btw liponya merek sama... kalau bisa kan lumayan bisa untuk bat TX atau kalau masih bisa 2sel bisa untuk bat RX... mohon petunjuknya dan sarannya

Posted: 05 Feb 2008, 12:03
by christoffel
coba di cycle aja masing2 cell nya. nanti kelihatan mana yg udah jelek, mana yg masih bisa dipake, mana yg masih bagus. kalo mau di gabung ulang, coba cari cel yg kira2 sama kondisinya.

Posted: 05 Feb 2008, 12:32
by Syafik
boleh di cycle ya pak kalo lipo? berapa kali cycle untuk lihat kondisi... thanks akan saya coba dulu

Posted: 05 Feb 2008, 18:12
by adhreena
@ christoffel
Saya sudah mencoba menggabungkan 4 buah baterai hp dan 1 cell lippo ( kira" jadi kaya lippo 3 cell), buat mutar BL lonceng kira" 5 menit belum ada masalah (full throttle), apakah masih boleh dilanjutkan uji cobanya ?

@ Syafik
lebih boleh lagi kalo dibungkus, terus dipaketkan kealamat saya, he....he..... \:D/ .

Posted: 05 Feb 2008, 21:27
by Syafik
wah pak Adhreena ini, saya blm apa2in tuh dan pingin dicoba dulu... namamya juga bereksperimen

Posted: 01 Oct 2008, 21:22
by thoha
ikutan ya
berbagi pengalaman saja

saya sudah sejak pertengahan september 2007 menggunakan
battery HP untuk jr 9 ch PCM9X II
sampe sekarang baik2 saja
durasi pemakaian TX untuk 1 kali charge kira-kira 1 jam
bisa untuk 4 jam terbang

saya pake battery hp lipo sony ericson 3 biji

ini pengalaman praktis saya
untuk teoritisnya di sini banyak yg ahli

selengkapnyavbisa dilihat di web saya http://seribubintang.com/?p=211

Posted: 01 Oct 2008, 22:48
by Pitra Ratulangi
thoha wrote:ikutan ya
berbagi pengalaman saja

saya sudah sejak pertengahan september 2007 menggunakan
battery HP untuk jr 9 ch PCM9X II
sampe sekarang baik2 saja
durasi pemakaian TX untuk 1 kali charge kira-kira 1 jam
bisa untuk 4 jam terbang

saya pake battery hp lipo sony ericson 3 biji

ini pengalaman praktis saya
untuk teoritisnya di sini banyak yg ahli

selengkapnyavbisa dilihat di web saya http://seribubintang.com/?p=211


Kalau pengalaman saya jika di charges sampai penuh bisa di pake terbang seminggu om.