Page 2 of 2

Posted: 10 Apr 2007, 06:17
by sudjai sarmo
@Scratcher:

Menilik ceritera Anda kalau pesawat didongakan mesinya mbrebet dan jarak mesin ke tangki sekitar 20cm kesimpulanya tekanan bahan bakar terlalu rendah, pada saat bahan bakar dan mesin sejajar pasti mesin tidak akan bermasalah tetapi pada saat mesin lebih tinggi dari bahan bakar atau pesawat dihentak kedepan pasti akan bermasalah pada unjuk kerja mesin.
Untuk menghindari fenomena tersebut sebaiknya pada saat handlounch jangan langsung dihentak tetapi dibawa lari beberapa meter baru dilempar kedepan, yang penting lagi fuel pressure harus dibenahi dengan cara dipasang oneway valve.

Posted: 10 Apr 2007, 07:44
by scratcher
Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....

Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....

Posted: 10 Apr 2007, 08:00
by JetFlyer
scratcher wrote:Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....

Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....


Pak, saya juga setuju !! bukan masalah cara lempar, tapi setting mesin.
gimana kalo bapak bawa kapalnya ke asac (di serpong) kan udah engga jauh tuh dr Cilegon, sekalian jalan2 gituh ?
nanti kita rame2 keroyokan bantu setting-in.

brg,
NT

Posted: 10 Apr 2007, 09:01
by scratcher
Wah, makasih banyak pak Nick atas tawaran baiknya, cuma kalau dalam waktu dekat sepertinya belum bisa main ke ASAC. saya rencanakan mampir ke ASAC saat FunFly (Juni ?) saja, sekalian jumpa fans...he..he..

Posted: 11 Apr 2007, 07:46
by JetFlyer
scratcher wrote:Wah, makasih banyak pak Nick atas tawaran baiknya, cuma kalau dalam waktu dekat sepertinya belum bisa main ke ASAC. saya rencanakan mampir ke ASAC saat FunFly (Juni ?) saja, sekalian jumpa fans...he..he..


ok pak, anytime kalo mau mampir, kita di asac pasti siap bantuin.
brg,
NT