Page 2 of 4

Posted: 19 Apr 2007, 23:13
by Tralala
sepertinya pak Q-roen harus potong ayam putih dulu nich supaya predatornya ngak gampang ngamuk......

Re: engie gasoline....menyenangkan ato bikin sakit hati ????

Posted: 19 Apr 2007, 23:32
by JetFlyer
tn wrote:om2ku semua....

ada yg punya pengalaman dengan engine Gasoline ga ???
misalnya, utk seorang yg baru mau mulai dg engine ini,apa yg harus di perhatikan ? merk (klo boleh sebut merk lho ya),cara menghidupkan,mesin ini terdiri dari apa aja,prop yg di pake,aflikasi pswt seperti apa,cara perawatannya,campuran bahan bakarnya dan lain2 deh,yuk kita diskusikan di sini....

sukur2 ada yg bisa menjelaskan se jelas2nya

wassalam
tono


Pak Tono,
Mesin bensin memang secara umum lebih irit. ... malahan bisa dibilang,... amat sangat irit !!
less maintenance. tapi vibrationnya lebih besar.
Torquenya gede, tapi RPMnya rendah.
jadi kalo pesawatnya mau buat ngebut, gasser kurang cocok.

ada 2 type ignition system : pake magneto (tanpa battery) dan electonic (pake battery 4,8volts)

karena ada ignition, radionya pun harus hati2 dalam hal penempatannya.
lebih sering glitch,( kalo salah placement dan wiringnya)
Battery dan Rx harus di pisahkan.

saya liat, banyak aeromodeller yg kecewa dengan gas engine.
menurut pendapat pribadi saya, kemungkinan besar dikarenakan:

1. break-in yg terlalu singkat.
biasanya mesin gas perlu sekitar 5 liter (untuk mesin kecil) sampai 20 liter (untuk ukuran mesin besar) untuk break in yg baik. (kalo motor bebek biasanya berapa yah??)

2. pengunaan oil yg kurang atau berlebihan. ini tergantung dari merk Mesin. tidak ada standard !! dan juga oil untuk Break-IN dan regular flying jumlahnya ada beda juga. biasanya waktu break-in pake yg natural, stlhnya pake yg synthetic.

3. selama break-in period, harus pake ukuran blade yg sedikit lebih kecil dan tidak di beri beban yg berlebihan. tapi jangan sampe OverRev.

4. pake fuel yg tidak terlalu tinggi oktannya. (premium) kalo yg High oktan, lebih panas & lebih cepat berkerak(carbon). engga ada untungnya.

sebenernya sich prinsipnya sama saja dengan mobil/motor baru.
kan kalo baru, engga boleh di buat ngebut. tunggu sampe 1000km lalu service dulu. baru boleh dipake buat ngebut.

semuanya ada di BREAK-IN. tapi kebanyakan dr kita, udah engga sabar.
maunya dipake buat 3D atau di heli langusng di Flip... yach jebol dech !!


mesin2 yg saya rasa bagus :

Zenoah- Jepang :mungkin paling populer, simple tapi berat (aslinya mesin potong rumput). (pake magneto)
3W _ Jerman :pernah juara dunia beberapa kali. bagus.

Desert Aircraft - USA : paling powerful ! ringan, gampang di start. belakangan ini
juara dunia terus. DA50 ini yg paling powerful dan simple (buat kapal 1/3 atau 25-27%)

Fuji,BME, FPE, KING,ZDZ dan masih banyak lagi.

setting mesin ini cukup simple dan sekali udah setting, biasanya engga perlu dirubah2.
yg sangat perlu dijaga adalah filter bensinnya. kalo udah kemasukan kotoran, rada rewel mesinnya.

OK, gituh dulu... takut kepanjangan ngocehnya...
kalo mau nanya apa lagi, nanti saya coba jawabin (moga2 bisa yach..)

good Luck,
NT

Posted: 19 Apr 2007, 23:35
by JetFlyer
Q-roen wrote:Gasolin engine memang iriiit rit rit. tapi kenapa aku sial terus pake heli gasolin. traumaaaaaaaa. akhirnya kembali ke . . . . glow engine.


saya denger banyak yg jebol heli ini yach pak ?
bapak pake fuelnya apa?
berapa liter break in nya?
olinya gimana?
just curious.

Thx,
NT

Posted: 20 Apr 2007, 08:08
by fiha
Pak JetFlyer kalo masalah filter bisa ngga pake filter untuk heli Nitro? soalnya filter untuk gasoline engine belinya tidak semudah eng. nitro. Thanx

Posted: 20 Apr 2007, 08:24
by JetFlyer
fiha wrote:Pak JetFlyer kalo masalah filter bisa ngga pake filter untuk heli Nitro? soalnya filter untuk gasoline engine belinya tidak semudah eng. nitro. Thanx


setau saya sich bisa yach....
yg pasti, selangnya engga boleh pake silicone (seperti yang biasa kita pake buat methanol,.. itu akan hancur)

kalo saya pake filter yg buatan DUBRO ukuran Large.
dan sebelum di isi ke tanki pesawat, fuelnya juga di filter dulu dr jerigen.

kalo saya udah kebiasaan di filter beberapa kali, dari clunk ke fuel pump pake filter (saya pake filter motor)
dari fuel pump ke insertnya fuel tank juga ada filter.

dari fuel tank ke carburator, ada filter lagi.

Good Luck,

brg,
NickT

Posted: 20 Apr 2007, 08:46
by fiha
Ok Pak JetFlyer, tapi pada eng. gasoline sampai sekarang saya masih punya problem pada sett Governor, gv1 saya tidak bekerja dengan baik (throttle naik turun), apa karena eng. gasoline harus pake Stator Gator kali yah pak ...sampai sekarang saya maih belum paham apa sih Stator Gator mungkin pak JetFlyer ada masukan. thanx

Posted: 20 Apr 2007, 12:06
by JetFlyer
fiha wrote:Ok Pak JetFlyer, tapi pada eng. gasoline sampai sekarang saya masih punya problem pada sett Governor, gv1 saya tidak bekerja dengan baik (throttle naik turun), apa karena eng. gasoline harus pake Stator Gator kali yah pak ...sampai sekarang saya maih belum paham apa sih Stator Gator mungkin pak JetFlyer ada masukan. thanx


pak, saya juga engga ada pengalaman dgn gasser di heli.
tapi menurut saya, ada baiknya terbang tanpa GV1 dulu.
setelah semuanya sudah OK, baru di jalankan.

setting governor seharurnya setelah setting engine selesai.
banyak yg setting engine DENGAN governor nyala, ini bisa bikin salah setup.

Stator Gator? apaan tuch, saya engga pernah tau mengenai barang ini.
sorry.


good Luck,
NT

Posted: 20 Apr 2007, 12:48
by fiha
Iya pak justru saya ingin sekali mencoba terbang dengan memakai gv1 kalo tanpa gv1 sudah sering pak, memang agak rumit pak sett gv1 lain dengan settingan governor atg yang saya pake di eng. nitro yang cukup simple. Ok pak JetFler Thanx atas masukannya.

Posted: 20 Apr 2007, 13:04
by Q-roen
Cerita pengalamanku nih pak. Saya pake predator gasser. sebelumnya saya pake raptor (glow heli). Gasser sangat irit di masalah bbm. terbang 1 jam hanya butuh 6000 rp. sebenarnya masalah ada pada kekurang siapan/ kekurang tahuan saya mengenai heli gasser. 1. break in boleh dibilang nggak ada masalah, waktu hoover tahu2 tail blade nggak muter trus crash, ternyata mur yang untuk ngancing pinion lepas karena lupa nggak di treadlock. 2. Terbang lagi hoover n forward (sambil break in) pada jarak kira2 50m loss kontrol, jatuh ternyata karena radio saya ppm bukan pcm (padahal saya punya radio pcm tapi nggak saya pasang). 3. semua kesalahan diatas sudah saya perbaiki baik itu titik2 yg harus diberi tread lock maupun radio sdh saya ganti pcm trus terbang lagi, power sudah terasa semakin meningkat trus idle up, saya coba main2in pitch (positip, negatif, positip, negatip) maksudnya untuk ngliat torsi eh tahu2 heli piruet kenceng sekali dan crash lagi. mulai boom sampai tail abis tapi engin sampai head set aman. sampai sekarang belum ketemu apa penyabab piruet. tapi kemungkinan besar ada part yang longgar karena vibrasi. Kesimpulan saya gasser vibrasinya sangat tinggi jadi harus bener2 mengikuti petunjuk dari manual book saat perakitan tertama pada baut2 yang harus diberi treadlock. gasser menggunakan busi artinya ada generator yang menghasilkan listrik (hati2 dengan sisterm radiomya). gasser relatif lebih berat jadi kalau crash berakibat lebih fatal. itu pengalaman saya yag kesimpulannya kesalahan ada pada kekurang siapan saya. trims mudah2an bermanfaat. SAFETY FIRST!

Posted: 20 Apr 2007, 13:04
by justinus
fiha wrote:Iya pak justru saya ingin sekali mencoba terbang dengan memakai gv1 kalo tanpa gv1 sudah sering pak, memang agak rumit pak sett gv1 lain dengan settingan governor atg yang saya pake di eng. nitro yang cukup simple. Ok pak JetFler Thanx atas masukannya.


Kalau sudah bisa pasang GV1, terus pasang GPS, P. Firman, biar gassernya tambah canggih.