Page 2 of 8

Posted: 06 Jun 2007, 00:13
by andre77
saat hand launch Wd cenderung turun itu wajar aja jadi mesti di angkat elevatornya, sampai WD berada di ketinggian yang cukup.

Posted: 06 Jun 2007, 01:32
by scoobyd00
terimakasih om Andre, sy akan latihan terus biar terbiasa agar bisa lanjut ke model2 berikutnya.. (anggaran sedang dibuat..hehe..)

Posted: 06 Jun 2007, 08:35
by Mukti
Yudha wrote:
Mukti wrote:kayak saya baru pertama kali nerbangin WD.... Selain yang disampaikan oleh suhu2 di atas, coba cek balance kana-kirinya. Soalnya kalau 3ch gak balance, apalagi lebih berat ke arah torque motor buat pemula pasti susah karena langsung panik counter dengan ruder.


Cara ngukur balance nya gimana tuh om ?
Pegang ujung nose pake ujung jari dan tangan satunya lagi pegang ujung bawah ruder juga pake ujung jari, tinggal lihat WD nya berat ke kanan atau ke kiri... Gak balance bisa jadi memang wingnya berat sebelah atau masang wingnya gak center jadi harus digeser2 biar pas. Tapi sebenarnya miring2 dikit buat WD gak papa karena Wingspannya besar dan prop diameternya kecil.

Posted: 06 Jun 2007, 13:07
by Abi Ghiffa
Saya kemaren juga ngerakit WD 4, Motor Brushless 2409 / Li-Po 3S 1200mAh / Prop 8060 dipotong 1.5 cm / ESC 25A.
Saat Rogging pesawat kok selalu belok kanan (Stang padahal udah gak terkunci).
Trus take off sedikit pesawat juga cenderung meleot ke kanan dan stall. hiks,..kenapa pesawat yang saya terbangin semua begitu yach ??? apa saya settingan elevator terlalu Norak kali yach?, akhirnya karena gak nahan anginnya kekencengan diputuskan membatalkan terbang lanjutan hari itu.
Dasar emang jempolnya belum oke nich,..kalo pesawatnya saya yakin cuman butuh sedikit sentuhan,..
Ada yang bisa bantu ???? Om paskal lupa bawa tustel kemaren,..:D

Posted: 06 Jun 2007, 13:28
by iwan21
Coba cek lagi dudukan motor 2409 nya om, mungkin kurang right thrust mengingat 2409 punya power dan kv gede (180W/1600) dibanding yg 2408 (sekitar 110W/1200). Ditambah lagi pake Lipo 3s dan prop dg pitch 6..kalo ada stok coba dulu dg Batere 2 sel..
Atau coba dulu handlaunch dg 1/2 throttle, jangan langsung maksimum throtle dulu.

Posted: 06 Jun 2007, 13:30
by NF
engine (motor) side trush nya udah ada 'pa belon.........
jangan lupaaaa....

Posted: 06 Jun 2007, 13:33
by Yudha
night fox wrote:engine (motor) side trush nya udah ada 'pa belon.........
jangan lupaaaa....


mohon pencerahan, side trush maksudnya apa ya om :-k

Posted: 06 Jun 2007, 13:35
by Abi Ghiffa
Right Trust,...ya ya nanti dicoba dulu,..soalnya selama ini gak pakai trust trust, soalnya pake prinsip "I Trust on Thrust" (aku percaya pada dorongan propeler) :D

Apa segede itu ya power 2409 ? could be lah ya,..Sipppp.

(jadi tengsin ama anak-anak disorakin di lapangan - hiks)

Posted: 06 Jun 2007, 13:36
by iwan21
side thrust = right thrust,sudut antara sumbu motor dan sumbu pesawat kalo diliat dari atas (sumbu motor miring sedikit terhadap sumbu pesawat) bertujuan mengkompensasi efek roll akibat torsi motor/engine.

Liat topiknya disini :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p=10940#10940

Posted: 06 Jun 2007, 13:38
by iwan21
@A/G, iya 2409 powernya gede, makanya waktu di sms saya sempet mikir, apa ini WDnya mau dibuat jungkir balik gitu..he heh he he..padahal pake 2408 aja udah ngacir enggak ketulungan dg batere 3s