Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Ok pak syafik trim atas infonya,

Salam TES
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he

Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat

Terimakasih
Salam
TES
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Teguhes wrote:Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he

Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat

Terimakasih
Salam
TES


Alo Pak Teguh,

mohon maaf..saya baru buka forum hari ini...hehehe...kira2 apanya yg mau di lelesin dr walkera saya ya,Pak...?mungkin Pak Teguh bisa bisa memberikan gambaran kepada saya...terus terang saja ..helinya sudah saya protoliabis2an karena saking frustasinya saya ](*,) ...kalo ga salah yg masi utuh itu Tx dan Rx nya..lalu gyro made by walkera jg masi ada... :-k
Oh ya,sekedar menambahkan soal motor brushless dan brushed...kalo secara umum.. electric motor ini memiliki daya putar karena terjadinya permainan medan magnet di dalam tiap kumparan kawatnya...secara basic begini,Pak...arus yg melewati kawat ato kumparan akan menimbulkan induksi pada sekeliling kawat tadi...medan magnet berputar kalo tidak salah..berlawanan arah jarum jam(counter clockwise)...
Fenomena medan magnet inilah yg menyebabkan motor berputar...krn terjadi pertemuan kutub2 yg sama pada periode putaran terntentu sehingga menimbulkan daya tolak menolak kedua kutub tsb..dan terjadi pertemuan kutub2 yg berbeda sehingga menghasilkan daya tarik2 menarik...
Btw, itu tadi sekedar pengenalan soal electric motor secara dasar saja..
Kemudian dalam perkembangannya motor electric terbagi menjadi berbagai jenis...yg terus terang saya sendiri juga tidak hapal,Pak...hehehe.... =P~
Diantaranya adalah brushless motor dan brushed motor....dari segi torque dan speed sebenarnya kedua jenis ini boleh diadu...tergantung dr berbagai pertimbangan yg akan dilibatkan utk menentukan jenis mana yg akan dipake...
Salah satu pertimbangannya adalah maintenance cost ... O:)

Untuk brushless motor dari segi maintenance cost jelas lebih murah daripada brushed motor, karena perputaran brushless motor memanfaatkan beda medan magnet yg ditimbulkan secara simultan oleh 3 kumparan(gulungan kawat) pada stator pada motor...inilah kenapa kita sebut 3 phase...
kemudian kumparan yg berputar yg kita namakan rotor berupa gulungan kawat jg yg nantinya akan menjadi magnet setelah terimbas ato terinduksi medan magnet yg dihasilkan oleh kumparan stator tadi...perputaran motor terjadi karena medan magnet yg ditimbulkan oleh stator dan medan magnet yg terjadi pada rotor masing2 memiliki kutub2 ato pole2 yg berbeda....contoh gampangnya..kalo sampean pny magnet dgn kutub Selatan lalu sampean deketin ke ujung magnet lain yg berkutub Utara...pasti akan terjadi tarik-menarik..terus kalo sampean deketin dua magnet dgn kutub yg sama,maka akan terjadi tolak-menolak....Nah,begitulah sebenarnya yg terjadi pada motor listrik,Pak =P~
Tapi ada sedikit perbedaan pada motor brushless heli..bagian rotornya yg menyatu dengan shaft adalah magnet permanen...mungkin untuk mengurangi berat motor aja..soalnya kalo pake gulungan kawat jg..kuatirnya heli kita malah ga bisa terbang ntar..krn keberatan motor..hehehhe
Jadi praktis tidak ada gesekan secara physical ....sehingga tidak ada bagian yg habis pakai...problem utama pada motor brushless ini cuma pada bearing saja...itupun makan waktu yg lama sekali sampe bosen nunggunya..hehehe..tapi sampean tenang,Pak...ini cuma terjadi pada brushless motor 3 phase utk kebutuhan industri aja kok...hehehe O:)

Lalu utk brushed motor ..nah ini..saya lebih suka meyebutnya motor DC(Direct Current)...krn secara konstruksinya..motor DC ini terdiri dari kumparan stator sebagai kumparan medan magnet(field winding) dan kumparan rotor yg biasa kita sebut armature...agar masing2 kumparan menghasilkan medan magnet..maka..masing2 harus mendapatkan suplay arus listrik....utk kumparan stator tidak jadi masalah..krn ini kumparan yg diam..tapi utk kumparan armature ato rotor yg notabene akan berputar utk mendapatkan arus listrik...maka dipakelah material penghantar..yg biasa kita sebut carbon brush..carbon brush ini yg merupakan material habis pakai..inilah yg bikin mahal motor brushed secara perawatannya..krn mesti sedia spare carbon brush..heheheh...ini yg bikin ga praktis,kalo diaplikasikan ke heli electric...life time motor pasti akan berkurang seiring dgn berkurangnya carbon brush tadi

Demikian..semoga bisa memberikan gambaran,Pak...kalo ada rekan2 yg mau menambahkan..monggo..monggo silakan nimbrung...mohon maaf kalo sedikit melenceng dr tema topik... O:)

salam,

Budi
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Terimakasih pak atas pengetahuanya............

kami perlu perangkat kerasnya pak maksud saya non elektrikalnya.......tapi kalau boleh di lelesi yang tdk papa pak..

Kemarin saya dapat motor dari teman tkd tahu motor apa specnya DC rpm nya manpu 3000 rpm dan dimensinya seperti punya hely JADUL saya pak

Terima kasih

Salam
TES
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Teguhes wrote:Terimakasih pak atas pengetahuanya............

kami perlu perangkat kerasnya pak maksud saya non elektrikalnya.......tapi kalau boleh di lelesi yang tdk papa pak..

Kemarin saya dapat motor dari teman tkd tahu motor apa specnya DC rpm nya manpu 3000 rpm dan dimensinya seperti punya hely JADUL saya pak

Terima kasih

Salam
TES


Alo Pak Teguh,

Kabel yg keluar dari motor,ada berapa,Pak?

salam,

Budi
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

selamat siang pak....
Ada tiga pak.....dimensinya kurang lebih sama dengan punya walkera tapi panjangnya panjangan punya walkera.....mungkin bekas motor dari industri tektile pak.......

Pak kalau setting idel itu untuk apa sih pak......

Terus terang kami pingin bisa setting hely.....kalau hanya kursus kira kira ada dimana ya pak

Kare kalau pingin bisa setting di toko2 hobby shop kita harus beli product dulu pak......sedangkan dana hanya cupet sekali

Terimakasih atas bimbingannya......buat para senior2 bisa donk bagi bagi history main heli.....

salam
TES
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Pak teguh ini posisinya dimana... paling enak bisa gabung dikomunitas sekitar bapak, rasanya kalau ikut nimbrung untuk setting heli mungkin teman2 komunitas heli gak akan keberatan dan gak usah kursus2 segala pak...

Kalau yang ditanyakan tentang idle... itu adalah salah satu fungsi flight mode di heli secara umum ada 2... normal flight mode dan idle flight mode dimana kalau normal flight diperuntukkan untuk yang belajar heli atau flight mode itu sistem yang digunakan pada heli 4 chanel kebanyakan atau heli belum collective pitch (alias fix pitch) yang mengandalkan putaran rpm untuk mengimbangi pitch supaya heli bisa lift... kalau idle mode biasanya digunakan pada heli yang siap 3D dikarenakan fungsi RPM motor sudah diset pada posisi tertentu misalkan di 100% RPM sedangkan untuk membuat heli lift menggunakan fungsi picth pada blade, patokan stik throtle adalah di tengah... kalo naik berarti sudut pitch positif, heli jadi naik tapi kalau stik kebawah berarti sudut pitch jadi negatif digunakan untuk heli posisi terbalik

Demikian pak semoga membantu
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Terimakasih pak info nya , kami tinggal di daerah Cikampek Karawang.......Insyaalah kami akan cari info komunitas yang dekat kampung kami , kebetulan kemarin kami ke makasar disana ada toko di dekat mal Panakukang ....saya dapat info agak banyak karena kebetulan gantar teman juga mau mulai hoby aeromodelling ,,,,sekali lagi trimakasih pak .....kalau ke Sby boleh donk mampir pak He He he

Salam
Teguh
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Silahkan pak teguh, tangan terbuka...
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Teguhes wrote:selamat siang pak....

Terus terang kami pingin bisa setting hely.....kalau hanya kursus kira kira ada dimana ya pak

Kare kalau pingin bisa setting di toko2 hobby shop kita harus beli product dulu pak......sedangkan dana hanya cupet sekali

Terimakasih atas bimbingannya......buat para senior2 bisa donk bagi bagi history main heli.....

salam
TES


Pak teguh saya rasa gak harus kok beli produk dari toko yg bersangkutan ntuk bisa tanya ini itu soal setting heli dan lain2nya. Cuma terkadang kitanya aja yg ngerasa gak enak ati, kok gak belanja nanya2 terus sih..... (Hal seperti itu juga yg sering saya alami). Tapi klo sudah kenal biasanya gak harus belanja2 cuma untuk dapet "tiket" belajar. Malah buat saya belajar setting heli lebih banyak dari "banyak tanya" di forum ini yg sebelumnya kita baca2 dulu postingan2 lama. Mungkin ada masalah kita yg sudah pernah di bahas dl. Dan jangan sungkan2 pak untuk PM ato chat di internet messenger dg rekan2 forum yg laen utk konsultasi tentang settingan.
Satu lagi yg paling efektif adalah dg kopi darat dg member grage yg lokasinya berdekatan dg pak teguh. Dijamin klo sdh ketemu komunitasnya secara rutin akan lebih cepat ilmu yg diserap.
Post Reply

Return to “RC Heli : Beginner Corner”