BeeDee-10, semoga jadi juga (proyek ambisius hi hi hi hi)

Electric Speed turn you on ??

Moderators: hery_s, joko

User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Belom tau nih ?, keluarga ngajak liburan dulu nginep ke tempat saudara ,mumpung anaknya libur..
User avatar
jedx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1350
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

iwan21 wrote:Belom tau nih ?, keluarga ngajak liburan dulu nginep ke tempat saudara ,mumpung anaknya libur..


wah.. penerbangan delay nih
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Ditunggu kelanjutanya.
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

kawat 0,4 12T delta 4 magnet ??? ck..ck..ck.... pake lipo 3s gak panas Suhu? itu nyedot berapa Amper?

btw, sekalian foto air intake daruratnya donk Suhu....
sy pernah baca katanya luas penampang air intake itu mesti lebih besar daripada luas penampang edf.
jadi klo untuk EDF64, luas penampang air intake mesti lebih besar dari ¼ x PI x 64² = 3217 mm²
bener gak yah?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Iya pasti panas banget, ESC 18 amp aja panas saat statik, tapi nanti kalo terbang kan udah ada airflow buat coolingnya..

Yg penting tenaga buat roging dulu deh yg dikejar,kalo udah airborne kan bisa mainini throtle.

Utk intake, persyaratannya mesti diatas 100% FSA (front Swept Area, luasan permukaan si D/F), makanya saya tambahain cheater hole (eh lupa lagi difoto2...hiks) dibagian bawah body supaya lebih dari 100%, dan juga transisi dari inlet yg kotak ke bagian depan d/f yg lingkaran mesti mulus (diakalin dg inlet transition duct, bikin dari plastik dilengkungin) sedangkan outlet antara 85 - 90% FSA supaya aliran udara tekanannya nambah jadi pas keluar dari outlet larinya kenceng karena ada penyempitan, gitu kata teorinya yg saya baca...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Wah...ternyata BD-10 belom sempet lagi test...tapi untung karena motor jadi sempet diganti yg lebih powerfull...dg cdr motor double stack lebih menjanjikan powernya..

dg motor baru

Image

test statik, motor dan ESC cuma anget aja di full throtle, padahal anginnya kenceng banget...

Ini cheater hole yg saya maksud, buat nambah supply udara ke EDF supaya enggak kesedak..
Image
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Akhirnya yg ditunggu2 jadi juga, test flight BD-10

Pertama coba rogging, ternyata susah karena nose wheel gak steerable, jadi pesawat cenderung belok kanan terus. 3 kali coba tetep gagal padahal jalannya udah kenceng.

Akhirnya hand launch aja deh

Image

Terbang sementara masih mengangguk2 dan perlu trim down banyak, keliatannya masih agak tail heavy atau posisi CG belom pas..lain waktu di koreksi lagi deh.
Tenaga ducted fan dg motor cdr double stack cukup bagus dan kuat, dicoba dg setengah throtle juga bisa cruise dg anteng.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

BD 10 nyoba d/f baru, diameter 67mm
Karena ukuran lebih gede dari EDF-64,
Image

posisi D/F mundur kebelakang 2cm
Image

malah jadi tail heavy, padahal batere udah di ujung nose banget..weks..
Image

mesti operasi body dulu agar D/F bisa maju kedepan dan CG bisa pas pada posisinya
User avatar
nedi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1163
Joined: 30 Mar 2007, 17:51
Location: Cibinong, BOGOR
Contact:

Post by nedi »

sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

nedi wrote:sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................


Terima kasih om, tapi masih kurang.
Berikutnya mau pindah posisi D/F lebih kedepan agar CG nya dapet pas, juga luasan sayap mau ditambah supaya enak terbangnya
Post Reply

Return to “EDF And Pusher”