Page 13 of 14
Posted: 20 Jun 2007, 13:43
by iwan21
Belom tau nih ?, keluarga ngajak liburan dulu nginep ke tempat saudara ,mumpung anaknya libur..
Posted: 20 Jun 2007, 13:47
by jedx
iwan21 wrote:Belom tau nih ?, keluarga ngajak liburan dulu nginep ke tempat saudara ,mumpung anaknya libur..
wah.. penerbangan delay nih
Posted: 20 Jun 2007, 16:00
by sudjai sarmo
Ditunggu kelanjutanya.
Posted: 20 Jun 2007, 19:51
by coyo
kawat 0,4 12T delta 4 magnet ??? ck..ck..ck.... pake lipo 3s gak panas Suhu? itu nyedot berapa Amper?
btw, sekalian foto air intake daruratnya donk Suhu....
sy pernah baca katanya luas penampang air intake itu mesti lebih besar daripada luas penampang edf.
jadi klo untuk EDF64, luas penampang air intake mesti lebih besar dari ¼ x PI x 64² = 3217 mm²
bener gak yah?
Posted: 21 Jun 2007, 08:31
by iwan21
Iya pasti panas banget, ESC 18 amp aja panas saat statik, tapi nanti kalo terbang kan udah ada airflow buat coolingnya..
Yg penting tenaga buat roging dulu deh yg dikejar,kalo udah airborne kan bisa mainini throtle.
Utk intake, persyaratannya mesti diatas 100% FSA (front Swept Area, luasan permukaan si D/F), makanya saya tambahain cheater hole (eh lupa lagi difoto2...hiks) dibagian bawah body supaya lebih dari 100%, dan juga transisi dari inlet yg kotak ke bagian depan d/f yg lingkaran mesti mulus (diakalin dg inlet transition duct, bikin dari plastik dilengkungin) sedangkan outlet antara 85 - 90% FSA supaya aliran udara tekanannya nambah jadi pas keluar dari outlet larinya kenceng karena ada penyempitan, gitu kata teorinya yg saya baca...
Posted: 25 Jun 2007, 08:44
by iwan21
Wah...ternyata BD-10 belom sempet lagi test...tapi untung karena motor jadi sempet diganti yg lebih powerfull...dg cdr motor double stack lebih menjanjikan powernya..
dg motor baru
test statik, motor dan ESC cuma anget aja di full throtle, padahal anginnya kenceng banget...
Ini cheater hole yg saya maksud, buat nambah supply udara ke EDF supaya enggak kesedak..

Posted: 09 Jul 2007, 08:58
by iwan21
Akhirnya yg ditunggu2 jadi juga, test flight BD-10
Pertama coba rogging, ternyata susah karena nose wheel gak steerable, jadi pesawat cenderung belok kanan terus. 3 kali coba tetep gagal padahal jalannya udah kenceng.
Akhirnya hand launch aja deh
Terbang sementara masih mengangguk2 dan perlu trim down banyak, keliatannya masih agak tail heavy atau posisi CG belom pas..lain waktu di koreksi lagi deh.
Tenaga ducted fan dg motor cdr double stack cukup bagus dan kuat, dicoba dg setengah throtle juga bisa cruise dg anteng.
Posted: 23 Jul 2007, 08:53
by iwan21
BD 10 nyoba d/f baru, diameter 67mm
Karena ukuran lebih gede dari EDF-64,
posisi D/F mundur kebelakang 2cm
malah jadi tail heavy, padahal batere udah di ujung nose banget..weks..
mesti operasi body dulu agar D/F bisa maju kedepan dan CG bisa pas pada posisinya
Posted: 23 Jul 2007, 11:06
by nedi
sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................
Posted: 23 Jul 2007, 11:27
by iwan21
nedi wrote:sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................
Terima kasih om, tapi masih kurang.
Berikutnya mau pindah posisi D/F lebih kedepan agar CG nya dapet pas, juga luasan sayap mau ditambah supaya enak terbangnya