Page 3 of 4

Posted: 06 Feb 2007, 13:30
by Rizky_Sr
paskal wrote:Pak Rizky mau bikin pesawat apa ?
pake bahan apa pak ?

Saya juga masih ragu-ragu mau pilih eng 15 or 25 ya....

Karena dgn eng kecil bisa maen dgn lap yg egk terlalu luas


Saya nggak bikin pesawat kok pak, tapi ada teman nawarin pesawat dari balsa tinggal dikasih engine aja. Beratnya lk 1,5kg. Berarti klo menurut Suhu Pak Darwin bisa pake engine 25.

Betul dengan pesawat dan engine kecil bisa main ditempat yang relatif sempit dan take off-nya hand launch.

Posted: 06 Feb 2007, 13:35
by Rizky_Sr
Wind Raider wrote:engine .15 dengan berat sampai 1.5kg masih bisa pak
engine .25 dengan auw 1.5 - 3 kg .
bikin dulu pswnya baru tentuin mesinnya ..


Ok makasih Pak Darwin atas petunjuknya, sekarang paling enggak saya udah punya gambaran klo mo beli engine harus tau dulu berat pesawatnya.. :bow:

Posted: 06 Feb 2007, 14:24
by Wind Raider
kira2 gitulah ....
hasil baca2 di forum lain hehehe

Posted: 06 Feb 2007, 14:33
by Fabian
iwan21 wrote:Waakkk, info pertama yg nyampe katanya engine bekas Car pak .. :-k , wah saya salah denger /info dong... #-o , makanya curiga kok cylinder headnya cuman segede gitu ?, enggak ada tambahan cooling fin lagi ?

Rencana awalnya emang mo ngirim ex mobilan, tapi setelah dicek, carburatornya udah gak komplit. Eh nemu engine yang bekas pesawat (WD versi engine) dan masih bisa hidup, ya udah yg entu yang dikirim.
Kayaknya cuma itu, gak ada yang lainnya tuh Om...

Salam,

Posted: 11 Mar 2007, 07:20
by sudjai sarmo
Engine Car top speednya lebih tinggi dibanding dengan Engine pesawat model, tetapi engine car memerlukan fuel dengan Nitro yang lebih tinggi. Engine car 0,25 tenaganya setara dengan engine pesawat 0,40.
Karena engine car top speednya bisa sampai 34000rpm maka sebaiknya dipakai propeller yang ukuranya lebih kecil dari yang dipakai engine pesawat pada kapasitas yang sama.

Posted: 12 Mar 2007, 09:44
by scratcher
paskal wrote:oh iya berbicara mengenai eng 25 OS. saya liat OS 25 LA dengan OS 25 FX kok harganya beda ya. lebih mahal OS 25 FX.
Apa sih yang membedakanya LA dengan FX?



Konstruksi LA pakai bushing, kalau FX pakai ball bearing (laker).....

Posted: 12 Mar 2007, 10:43
by sudjai sarmo
Bushing lebih mudah pembuatanya sedangkan bearing ada harga tersendiri yang harus ditambahkan, jadinya ya harganya yang beda. Secara teknis bushing tahanan geseknya lebih tinggi dibandingkan dengan bearing. Kalau bushing oblak harus kita bawa ke bengkel bubut tapi kalau bearing oblak hanya perlu kita belikan bearing baru dan sangat mudah untuk kita ganti sendiri.

Posted: 28 Mar 2007, 08:02
by Ratno
Wind Raider wrote:Bisa disharing disini ga pak ratno ... ?
KAlo ada plus photo2nya




lagi dipersiapkan pak...

Posted: 23 Apr 2007, 17:40
by paskal
Selamat sore om dan bapak semuanya

saya baru beli eng 25, saya perlu nasehat dari rekan2 sekalian
Ada beberapa pertanyaan mengenai hal ini, karena saya baru mau mulai dgn eng
1. Utk menyalakan eng ini apakah perlu starter elektrik ? Jika pakai tangan bisa egk ?
2. Saya dengar ada juga untuk menghidupkan eng dgn chiken stick. Itu apa seh ?
3. Pemanas busi saya punya utk rc boil bisa dipakai utk eng pesawat egk ?
4. Cara break in eng 25 bagaimana caranya ?
5. Bahan bakar utk eng 25 saat break in berapa dan saat terbang berapa % kadar nitro ya ?
6. apakah bisa Dengan eng 25 ini bisa angkat pesawat 1,5 kg - 2 kg ?
7. Jika menyalakan eng pakai stater elektrik apakah perlu beli spinner baling ?

Terima kasih :)

Posted: 24 Apr 2007, 21:34
by tomee
bantu dikit ya pak...brdasarkan pengalaman pake OS25FX
1. kalo engine msh tokcer, cukup 'ditabok' propnya pasti nyala
3. saya pernah pake 1 battery AA sambung ke busi pake jepit 'buaya' bisa, yg penting dpt tegangan 1 battery dah cukup, jgn lebih.
7.pake stater elektrik tapi 'karet' depannya di balik, bisa buat muter prop, karena lobangnya pas dengan mur shaftnya.

klo ada yg salah mohon koreksi para suhu....
lumayan bisa ngisi 3 soal... \:D/