Page 3 of 6

Posted: 29 Oct 2007, 13:14
by NF
tetep om , sblm di simpan di charge penuh dulu dan stlh sekitar 60 hr di 'cycle' lagi....

Posted: 29 Oct 2007, 13:35
by Charles
Kalau saya biasa mendischarge dengan bola lampu sepeda motor diparalel dengan batery checker yang digital, jadi tegangnnya bisa dimonitor. Kalau bateray yang 8 sel, setelah turun sampai 8 V baru selesai discharge, dinginkan sebentar baru di charge kembali. Tapi untuk RX saya menggunakan baterai alkaline saja supaya lebih aman. Saya terbang tiap Sabtu dan Minggu, sebulan baru ganti baterai (tentu di cek dulu pakai baterai checker), dan walau sudah lama dipakai, tegangannya tidak cepat drop seperti nimh atau nicd.

Posted: 29 Oct 2007, 16:51
by Syafik
Kadang kita khawatir setelah nicd dicharge terus hanya sempat dipake terbang 1x sekitar 10 menit asumsi tegangan masih bagus, tapi minggu depannya akan terbang lagi... apakah langsung di charge lagi atau perlu dikuras dulu/discharge sebelum di charge lagi... karena bener2 jadi trauma dg bat rx yang jika tiba drop saat kita sdh terlanjur terbang... Bagaimana solusinya

Posted: 29 Oct 2007, 17:55
by Ravenchan
cara memakai bola lampu motor untuk discharge batere cukup ampuh juga, untuk lippo apakah wajib discharge? atau hanya untuk nicad atau nimh saja?

Posted: 29 Oct 2007, 18:00
by Yudha
Ravenchan wrote:cara memakai bola lampu motor untuk discharge batere cukup ampuh juga, untuk lippo apakah wajib discharge? atau hanya untuk nicad atau nimh saja?


discharge lipo menggunakan cycler di charger akan memperpendek umur lipo

Posted: 29 Oct 2007, 18:05
by Ravenchan
B5 belum ada fasilitas discharge bang.. atau lippo tidak perlu discharge?

Posted: 29 Oct 2007, 18:36
by Charles
Syafik wrote:... karena bener2 jadi trauma dg bat rx yang jika tiba drop saat kita sdh terlanjur terbang... Bagaimana solusinya

Menurut saya solusi paling ampuh, untuk RX gunakan bateray yang bukan charge, seperti alkaline dll. Habis, tinggal buang dan ganti. Tidak bakalan drop saat dipake, walau isinya sudah pas-pasan (kecuali putus kabel atau korslet). Dijamin gak bakalan trauma lagi deh.... Baterai nimh/nicd cukup kita gunakan di TX, soalnya bisa dimonitor di display TX, baterai masih cukup atau sudah drop.

Posted: 29 Oct 2007, 18:48
by Yudha
Ravenchan wrote:B5 belum ada fasilitas discharge bang.. atau lippo tidak perlu discharge?

discharge lipo ya dengan digunakan pada pesawat/heli

Posted: 30 Oct 2007, 05:52
by sudjai sarmo
Kalau Heli Engine pakai Battery Alkalin biasanya pakai battery box, bahayanya karena getaran mesin battery bisa copot dan lepas dari boxnya. Kalau pakai battery box terminal dudukan battery harus sering dibersihkan karena battery hanya nempel, kalau battery NiCad atau NiMh kan disolder semua.

Posted: 30 Oct 2007, 07:21
by rindra
Syafik wrote:
sevenslidegrills wrote:Klo saya biasanya discharge batt NiMH SANYO 2700mah pake alat utk discharge yg biasa dipake tamiya. Lumayan buat yg chargernya gak ada fasilitas utk discharge. Harganya juga murah yg biasa sekira 40rban, klo yg merk TAMIYA 95rb.


Wah beli dimana ya kok bisa murah gitu... trus bisa discharge sampe berapa sell maksimalnya

kalo dulu main mobil rc batre masih pake nicd, discharge cuma pake lampu halogen ato resistor yang warna putih (balokan namanya resistor apa ya?segede 1 buku jari, lupa ukuran hambatannya) tapi paling sering pake halogen, begitujuga buat batre tx