Page 3 of 4
Posted: 24 Oct 2007, 22:46
by su-31
Yudha wrote:Property PTPN II
...wah ini abis ketemu ngobrol di Cibinong, langsung ke Hangar ya...
Nostalgia deh Yud.
Itu Piper Pawnee Brave, PK-PNS. kode rating nya PA-36-300.
..mesin nya udah supercharged, dan body full Metal.
Yg lain yg grounded mestinya ada yg call-sign nya PK-PNM, ini yg tuaan, covernya masih dari Fabric alias kain.
Ini yg saya punya rating nya, di license disebut PA-26-260, (Pawnee-II).
Memang dulunya ada Piper Navayo C/R (Counter Rotating Prop), Twin Engine, Crashed (menewaskan Capt. Eddy,
beserta mekaniknya, Oom Johny Risakota, thn 1985)..., Callsign nya PK-PNR, untuk executive transport.
Padahal saya masih nerbangin si PNR ini di thn 82~83.
...artinya kalo saya nerusin bawa, mungkin kita ndak bakal ketemu di Cibinong ya...
Yg ndak ada waktu saya dulu disitu, si Supercub itu.., punya siapa ya ?
Ada juga dulu Gelatik (Wilga), untuk training ngambil rating Pawnee nya (Pawnee itu single seater).
Apa masih ada?... fotoin dong...
Makasih buat fotonya...
Posted: 25 Oct 2007, 07:46
by Yudha
@su-31
Hehehehehe.....sebenarnya foto itu saya ambil jauh sebelum kita ketemu di cibinong om, mungkin om wisnu baru liat sekarang yah.
Di hanggar ptpn 2 sekarang ada tiga piper pawnee dan satu supercub semuanya grounded, wilga nya malah ngga pernah liat saya om.
Cover dari kain maksudnya semua badan pesawat dilapisi kain om ??
Posted: 25 Oct 2007, 07:49
by NF
yup,....supaya ringan om.........
piper J Cub covernya pakai sejenis katun yg semi ripstop kalo ga salah...
Posted: 25 Oct 2007, 08:45
by iwan21
night fox wrote:yup,....supaya ringan om.........
piper J Cub covernya pakai sejenis katun yg semi ripstop kalo ga salah...
Kayak terpal tapi tipis,..dikenal dg nama " Fabric"
Posted: 25 Oct 2007, 08:47
by flytosky
kayak monocote donk?
Posted: 25 Oct 2007, 13:05
by NF
= silkcote=fabricote.., kalo udah terpasang di dope supaya tahan cuaca...
sirip elevator dan rudder P 51 Mustang ya pake juga, juga beberapa seri DC 3 batch awal..
Posted: 25 Oct 2007, 14:21
by su-31
night fox wrote:= ...kalo udah terpasang di dope...
..naaah, Pak NF & oom Iwan21 bisa bagi2 tau dong, teknik dope covering untuk aeromodel/balsa...
Itu PA-26 saya pernah lihat waktu ganti kulit, pakai dope juga.., gak tau gimana..tau2 bisa kenceng.
eh saya nyoba di balsa, bisa sih dope dan kain nya mengeras tapi gak bisa kenceng/tegang di seluruh sayapnya?
...gimana ya ???

Posted: 25 Oct 2007, 14:45
by iwan21
He he he...kalo saya masih pake ilmu kuno om....kertas singkong di dope pake clear coat melamin buatan Impra.
Kertas singkongnya dibasahin dulu supaya lembab dan gampang ditarik agar kenceng,setelah kering baru di dope tipis (impranya diencerin pake thinner), didope beberapa kali (minimal 3 x) dimana yg terkahir setelah kering bisa di amplas pelan2 dg kertas amplas grit 400 keatas
Posted: 25 Oct 2007, 14:45
by NF
nah..saya tahunya dan sering ya nge cover dan ngedope sayap chuck glider om...
untuk kertas tissue/tela/jepun/singkong, saya pasangnya secarang 'kering', yakni kayu balsa yg di olesin pake lem pva,setelah kering baru di 'kuas' ,tepatnya di olesin dgn kuas kapas kertasnya pake cairan dope dan didiamkan..,ntar kalo dah kering bisa kenceng sendiri...
dope: herin di campur pakai gabus foam bekas elektronik.....kekentalan di kira kira sendiri, cair = kurang, kental = berat....
Posted: 25 Oct 2007, 16:11
by SUPRI
Augustinus Aurelius wrote:Nah klo yang ini saya ngga tau pesawat apa, biasa digunakan oleh pihak ptpn untuk menyemprot hama, ada 4 unit semua nya grounded.


Kalo saya engga salah yang ini namanya
Air Tractor kalo salah mohon dikoreksi..

[/quote]
Itu pesawat kalau nggak salah namanya
Cessna Ag Wagon
Kalau semuanya Groundded salah satunya dibawa saja ke MGT2 biar bisa dioprek ama suhu Iwan21 heee.....heeee.......heeee......