Page 3 of 5
Posted: 15 Sep 2007, 06:39
by Syafik
Wah itu engine imut banget... bisa untuk slow fly ya...

Posted: 15 Sep 2007, 11:35
by su-31
Syafik wrote:Wah itu engine imut banget... bisa untuk slow fly ya...

Bisa Cak..., itu semua carburatornya yg pakai Throttle control (buat R/C)...
Posted: 17 Sep 2007, 10:31
by Ary
Biasanya engine kecil ya propnya jg kecil, prop kecil rpmnya tinggi ya larinya banter...kalau mau slow ya harus prop diameter besar rpm rendah yg paling pas ya elektrik..... dan
Engine kecil doyan banget sama nitro tinggi..... kira2 begitu ya pak su-31?
Kalau dipasaran sekarang engine paling kecil yg masih umum dijual ya thunder tiger 0.7....
Posted: 17 Sep 2007, 11:08
by jedx
Ary wrote:Biasanya engine kecil ya propnya jg kecil, prop kecil rpmnya tinggi ya larinya banter...kalau mau slow ya harus prop diameter besar rpm rendah yg paling pas ya elektrik..... dan
Engine kecil doyan banget sama nitro tinggi..... kira2 begitu ya pak su-31?
Kalau dipasaran sekarang engine paling kecil yg masih umum dijual ya thunder tiger 0.7....
yang bikin mahal fuel itu nitronya ya Bli Ary..?
atau engine kecil pake gear box..

ada gak ya.?
just want to know ..
Posted: 17 Sep 2007, 13:17
by Ary
Lumayan juga harga fuel dgn nitro tinggi, kalau nggak salah untuk sejenis mesin cox, fuel aslinya nitro contentnya 15% min, kurang dari itu sdh nggak stabil .....
Iya ya engine dng gearbox belum pernah saya nemu... mungkin karena sulit starternya ya...
Posted: 17 Sep 2007, 20:59
by su-31
Ary wrote:...Engine kecil doyan banget sama nitro tinggi......
thunder tiger 0.7....
Betul Pal Bli,
Kan kata teorinya, displc kecil itu "over cooled".
Dikarenakan perbandingan Surface area Cylinder+Head dengan Cylinder-Displacement nya tinggi sekali.
Contoh, mesin .061 itu 13:1 sedangkan .61 sekitar 6:1.
Rata2 30% Nitro.
Bisa sih ndak pakai Nitro, namun teramat sangat sulit untuk flip/hand start.
Itu Thunder Tiger GP-07, paling gampang startnya dengan 15% Nitro.
Saya suka banget, itu businya standard.., bukan spt Cox yg jadi satu sama Head nya dan sulit nyari dipasaran.
Prop-Nut & Head nya warna ungu, dan backplate nya sekalian buat engine mount nya.
Saya punya satu2nya hilang bersama Lazy-Bee saya.
Tapi ngomong2 (oot dikit) saya masih kepikir itu engine Gasoline China...
Gimana kalo dibongkar Piston & FlyWheel nya berikut Prop, lantas di rebalance.
Apa masih kesemutan ya ?
yes.., how many you guys balance your prop before flight ???
Posted: 17 Sep 2007, 21:06
by su-31
jedx wrote:atau engine kecil pake gear box..

ada gak ya.?
just want to know ..
Ada kang...
Saya punya buat OS .61 FSR, pakai belt-drive.
Buat muter prop 16x6.
Ada malah yg gearbox nya jadi satu sama crankcase nya.
Cuma sekarang udah jarang atau ndak ada sama sekali.
Masalahnya power to weight ratio nya jelek.., ya ndak efektif.
Posted: 18 Sep 2007, 12:04
by Ary
Tapi ngomong2 (oot dikit) saya masih kepikir itu engine Gasoline China...
Gimana kalo dibongkar Piston & FlyWheel nya berikut Prop, lantas di rebalance.
Apa masih kesemutan ya ?
yes.., how many you guys balance your prop before flight ???[/quote]
Lupakan mesin china itu, sudah getar ,power to weight ratio jelek...dan skrang yg terakhir ..sdh 2 orang rekan yg cdinya jebol, ini sy lg coba bangun ulang cdi nya...
btw : sy sdh coba balance propnya baik2 dgn balancer dubro..tetap sj semutnya ogah pergi pak.....
Posted: 19 Sep 2007, 02:16
by Redblur
Engine Zenoah berapa sih???
bisa ngankat yg besar katanya sih......Gasoline kan ??
Posted: 19 Sep 2007, 08:09
by nedi
ayo blur cobain pake engine, kalau sudah diatas juga ngga berisik apalagi pakai yang ukuran kecil....seperti yang dibilang pak wisnu su-31..