Page 3 of 5

Posted: 08 Nov 2007, 04:41
by sudjai sarmo
Engine Modell ada dua Type, ada yang pakai Piston Ring dan ada yang non Ring, yang non ring kebanyakan dari jenis ABC atau bermaterialkan Aluminium, Brass dan Cooper.
Untuk setting Engine Modell kita harus tau dulu dari jenis apa Engine yang mau di sett. Yang jenis Ring tidak diperlukan pemanasan yang cepat karena bentuk Cylinder Liner pada mesin ini rata sedang pada ABC Engine bentuk Cylinder Linernya mengecil diatas sehingga perlu pemanasan cepat agar pada temperatur kerja mesin bagian atas cylinder akan memuai lebih besar dibanding pada bagian bawahnya, pada saat bekerja normal cylinder ini akan mempunyai garis tengah yang sama dari atas kebawah, makanya pada mesin ABC tidak boleh terlalu lean karena bila temperatur kerjanya tidak tercapai maka mesin tersebut akan mudah rusak pada ujung piston dan ujung cylindernya (terkikis).
Untuk setting Engine Modell banyak faktor yang bisa mempengaruhinya seperti faktor umur mesin, campuran bahan bakar, panas udara sekeliling, kerapatan udara dan perlakuan kita terhadap gerakan throttle.
Setting Anda dikatakan sudah tepat kalau mesin tidak over heat dan tidak over cooled karena mesin punya operation temperatur, pada saat idle tidak mudah mati dan bila throttle dinaikkan ke maksimum dari minimum tidak menyebabkanm mesin mati, top speednya tercapai ( top speed pada saat pesawatnya diam dan saat terbang tidak sama, biasanya RPM akan bertambah npada saat sudah terbang ). Selamat mencoba.

Posted: 08 Nov 2007, 08:10
by Dedy
Pak Dja'i.. kalau mau break in engine .25 osFX sebaiknya pake 5% sesuai kebutuhannya atau bisa 15 % atau lebih utk mendapatkan hasil yg bagus? adakah kemungkinan kalu break in pake nitro 15% trus selanjutnya pake 5% selamanya performa engin berubah kah?

Posted: 08 Nov 2007, 08:27
by Andreas Andri
Thank P.Jai
Thank P.Roy

beberapa waktu yang lalu saya coba setting, tapi kenapa kalau saya buka throttle tiba, mesin tidak mau langsung teriak, tapi RPM naik secara pelan, apa karena % Nitro kurang, karena saya sudah rich-kan putaran sampai coba lean-kan tapi malah mati, thx

Posted: 08 Nov 2007, 14:32
by sudjai sarmo
OS25FX termasuk yang ABC, dengan Fuel 5% Nitro sudah mencukupi, kan hanya untuk Fly Pass saja kecuali mau dipakai kompetisi baru Fuel yang 15% Nitro.
Engine ABC perlu perlakuan khusus untuk breakin karena kalau salah breakin bisa tidak berumur lama. Baca buku petunjuk sebelum breakin.

Posted: 08 Nov 2007, 17:27
by Dedy
waduh.. mau break in cuma tersedia nitro15% .. sabar nunggu 5 % aja ya pak Dja'i... #-o

Posted: 08 Nov 2007, 22:08
by Roy_95
Dedy wrote:waduh.. mau break in cuma tersedia nitro15% .. sabar nunggu 5 % aja ya pak Dja'i... #-o


mungkin bisa di campur dengan cap tikus 15 % om dedy hehehe.. kiding om..

Posted: 08 Nov 2007, 23:53
by NVY
Syafik wrote:Kalo heli dipakein fuelnya RC car yang 25% harus ditambahin apa pak Jai... sayang saya punya satu galon utuh Blue Thunder 25%

Keliatannya harus ditambahin dus dan dikirimkan ke saya pak Syafik...hehehe

Posted: 09 Nov 2007, 03:53
by sudjai sarmo
Beda Fuel RC Car dan Fuel RC Heli ada di campuran olinya, kalau Anda tau berapa persentasi oli yang ada di Blue Thunder 25% tinggal ditambahkan oli Castor agar jadi minimal 18% atau baiknya dijadikan 20%, tetapi karena faktor kekentalan olinya beda maka saya sarankan untuk menambahi oli sampai jumlah totalnya 22%.

Posted: 09 Nov 2007, 10:32
by Syafik
NVY wrote:
Syafik wrote:Kalo heli dipakein fuelnya RC car yang 25% harus ditambahin apa pak Jai... sayang saya punya satu galon utuh Blue Thunder 25%

Keliatannya harus ditambahin dus dan dikirimkan ke saya pak Syafik...hehehe

Boleh aja pak... sayangnya saya belum tau bagaimana cara kirim fuel, via pengiriman apa?

Posted: 09 Nov 2007, 10:46
by Andreas Andri
kalau fuel BYRON 16% untuk CAR apa sudah ada lubricantnya, bisa langsung dipakai tanpa tambahan campuran apapun?