Page 3 of 7

Posted: 11 Nov 2007, 12:23
by AgoesAurelz
Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)
Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih buat dukungan moril teman-teman disini :)
Kalo soal kronologis... Hmm… Terus terang saja saya agak enggan untuk cerita detailnya, maafkan…
(…Sampai saat inipun saya masih sering teringat detik-detik yg sangat mencekam itu...)
Daripada ngebahas kronologisnya lebih baik saya bahas faktor teknis penyebabnya ya…
Penyebab utama nya karena: Konektor battery di Rx yg kendor.. Saat itu saya pakai konektor “Tamiya” untuk batt Rx yg saya ambil dari bekas remote R/C car. Sepintas kalo diperhatikan sepertinya konektor itu aman karena ada pengaitnya… Tapi setelah saya teliti, logam kuningan di dalam konektor itu sangat rentan longgar. Penampang “femalenya seperti huruf "O" tapi kebelah ditengah jadi lebih mirip huruf “C”… Kalo konektor itu udah sering dipasang-dicabut pasti akan longgar .. Sebelum detik-detik kejadian itu heli gasser saya sempat beberapa kali tailnya ngipas-ngipas. Mungkin karena getaran/goncangan yg cukup kuat, konektor battery itu lama-lama kendor… saya tambahkan juga, posisi battery saat itu juga terlalu kencang ngikatnya sehingga hampir engga ada “slack” jadi begitu ada goncangan keras maka konektor batt akan sedikit ketarik, hingga longgar/lepas…
Kurang lebih seperti itu sebabnya.. Untuk cara-cara penanggulangan heli yang lepas battery/koneksi sewaktu di ground, udah saya postingkan di topic SAFETY RULES..

Posted: 11 Nov 2007, 14:47
by sevenslidegrills
Wah saya terlambat baca postingan pak Agustinus. Tapi saya juga turut prihatin atas kejadian yg pak agustinus alami skaligus simpati yg amat sangat besar atas perhatiannya terhadap hobby ini, sehingga mau sharing dan paling tidak mengingatkan kita semua atas sisi lain dari hobby ini yaitu BAHAYA!
Ok pak, saya doakan tetap semangat begitu juga semangat dalam hobby ini.

PEACE!

Posted: 11 Nov 2007, 22:30
by flytosky
kayaknya pak Augustinus ada hobby baru lagi nih sekarang? mulai merambah terbang virtual ya pak? hehehehe

Posted: 11 Nov 2007, 23:25
by Snowman
Turut prihatin atas apa yang terjadi,.....
terima kasih mau berbagi,....ini mengingatkan kita agar selalu waspada,..hati2,...

Posted: 12 Nov 2007, 07:05
by NF
saya turut prihatin atas musibah yang di alami om augustinus dan juga bangga karena dengan hati tulus om august tidak ingin teman yang lain ikut menderita dengan sharing pengalamannya di forum ini....
sekali lagi terima kasih om august atas kesediaanya..........

Posted: 12 Nov 2007, 07:46
by beta_james
SAYA TURUT PRIHATIN PAK...............DAN SALUT UNTUK BAPAK.......... ATAS SHARINGNYA........

UNTUK REKAN-REKAN PILOT SEMUA INI MERUPAKAN SHARING YANG SANGAT-SANGAT BERHARGA...... " SAFETY FIRST "

CEK DAN RICEK LAGI, BOLEH KITA MINIMALIS TAPI INGAT JANGAN CEROBOH........ DAN BURU-BURU......... CEK DAN CEK

LAGI APA ADA KEKURANGAN APA BILA KITA MENGGUNAKAN SESUATU. JANGAN MELIHAT KARENA MURAH KITA LANGSUNG

MENGGUNAKANNYA TANPA MELIHAT KUALITAS DAN KELEMAHAN DARI BARANG TERSEBUT.

JADI CEK DAN RICEK LAGI SETA SABAR......SABAR.....SABAR........

Posted: 12 Nov 2007, 08:16
by MrDoms
Augustinus Aurelius wrote:Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)


Saya kaget melihat gambarnya om... nggak tahan ngelihatnya serem.... mugnkin pas kejadian saya malah nggak bisa nolong... keburu pingsan duluan... hehehehe... yang pasti nggak ada sparepartnya....

tapi saya salut for your brave strong spirit... walau pun tidak bisa bikin pis... pis man... pis... :smt109 hehehe... tapi orangnya peace... :smt033....

Posted: 12 Nov 2007, 10:21
by Syafik
Augustinus Aurelius wrote:Saya cukup kuat untuk menerima dan menjalani hidup dgn tangan yg cacat ini... please don't have pity on me:)
Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih buat dukungan moril teman-teman disini :)
Kalo soal kronologis... Hmm… Terus terang saja saya agak enggan untuk cerita detailnya, maafkan…
(…Sampai saat inipun saya masih sering teringat detik-detik yg sangat mencekam itu...)
Daripada ngebahas kronologisnya lebih baik saya bahas faktor teknis penyebabnya ya…
Penyebab utama nya karena: Konektor battery di Rx yg kendor.. Saat itu saya pakai konektor “Tamiya” untuk batt Rx yg saya ambil dari bekas remote R/C car. Sepintas kalo diperhatikan sepertinya konektor itu aman karena ada pengaitnya… Tapi setelah saya teliti, logam kuningan di dalam konektor itu sangat rentan longgar. Penampang “femalenya seperti huruf "O" tapi kebelah ditengah jadi lebih mirip huruf “C”… Kalo konektor itu udah sering dipasang-dicabut pasti akan longgar .. Sebelum detik-detik kejadian itu heli gasser saya sempat beberapa kali tailnya ngipas-ngipas. Mungkin karena getaran/goncangan yg cukup kuat, konektor battery itu lama-lama kendor… saya tambahkan juga, posisi battery saat itu juga terlalu kencang ngikatnya sehingga hampir engga ada “slack” jadi begitu ada goncangan keras maka konektor batt akan sedikit ketarik, hingga longgar/lepas…
Kurang lebih seperti itu sebabnya.. Untuk cara-cara penanggulangan heli yang lepas battery/koneksi sewaktu di ground, udah saya postingkan di topic SAFETY RULES..

Terimakasih sharung pengalamannya... sangat-sangat berharga dan pelajaran yang amat bermanfaat bagi kita2

Posted: 12 Nov 2007, 10:38
by M 4 UL
Saya baru baca postingannya pAgus neh..
saya turut prihatin pa, dan terimakasih juga atas sharing nya

Posted: 12 Nov 2007, 11:01
by Desi Suryanto
turut priahtin ya pak..
buat temen2 lain supaya lebih hati-hati, n jangan lupa doa dulu sebelum main..