Page 3 of 5
Posted: 27 May 2008, 22:21
by yuda
setujuuuuuu..
Foto full view juga dimuat om supaya bisa ter imajinasi

Posted: 28 May 2008, 10:54
by NF
gyroplane ? search di RCG ada, elektrik pake cdrom (greg bacon 30 inch rotor dan big micro gyro)foamy lagi..........juga link dari jepang yang micro..................(mode ngracun lagi ON)
Posted: 28 May 2008, 23:55
by wonodikromo
Halo Abi,Yuda benar kata NF semua itu bisa di lihat diRGC. Bahan2 sprt foamy memang cocok buat eksperiment gyro yg guna listrik. Sy tahu ramai di Indonesia yg buat pesawat sendiri dan kalau buat gyroplane sudah pasti ok. Kalau ada fuselage yg sudah retired (pension) ini lebih mudah cuma bikin rotornya saja dari foam juga. Untuk foam blade yg tidak aerodinamik harus ada negativ kira2 2-3deg supaya mudah putar.Leading edge ditempelkan karbon rod atau balsa supaya leading edge lebih berat dari trailing edge. Untuk foamy blade saya cadangkan 3 atau 4 blade tanpa ada kontrol tetapi mengunakan kontrol rudder/elevator saja seperti pesawat biasa. Dengan motor pada kedudukan 5-6deg downtrust rotor angleof attack(incident) 7-9 deg. Imbangan CG dari atas rotor yg berkedudukan 7-8 inchi diatas tiang rotor harus nose heavy kira2 15deg. Disambung lagi.... Gaz
Posted: 29 May 2008, 08:02
by Abi Ghiffa
Sip,..ada pencerahan sikit nih kalau begitu :
1 Desain Paling sederhana menggunakan Fuselage biasa dulu.
2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar
3 Untuk Foam Blade bisa mengguanakn 3 atau 4 bilah
4 Kontrol cukup Elevator + Rudder sudah cukup (CMIW)
5 Motor 5-6 Down Trust
6 AoE 7-9 Derajat
7 CG terletak 7-8 Inchi dari atas tiang motor harus nose heavy sekitar 15 derajat (please describe more ?)
8 LE bisa ditempelkan karbon rod supaya lebig berat dari TE
Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?
Posted: 29 May 2008, 08:16
by iwan21
Abi Ghiffa wrote:Sip,..ada pencerahan sikit nih kalau begitu :
2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar
Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?
2. negartif om, jangan lupa itu.
7. Bagaimana nih om Gaz?, bisa dijelaskan lebih detail ?
Posted: 29 May 2008, 09:25
by Abi Ghiffa
ASK :
Heli Normal dulu nich
Kalau posisi positif (+), ini posisi Throtle UP atau DOWN yach ?
Kalau posisi throtle UP posisi Blade postitif (+), mungkin yang point 2 itu juga positif, jika Vise versa maka suhu Benar.
(Maaf pertanyaan newbie bener, karena jangankan main, megang heli model saja kagak pernah, kecuali toys pico-z palsu, inipun gak ada posisi +/- nya)
Thanks Suhu
Posted: 29 May 2008, 10:10
by iwan21
ini loh om maksudnya...
dibikin fix aja dari awall
Posted: 29 May 2008, 12:17
by Abi Ghiffa
Maaf nich,. kok pengertian saya sebaliknya yach,..
Pengertianku sih pitchnya POSITIF, jadi arah pitchnya kalau digambar di atas sebaliknya, jadi Airfoilnya "Dongak" ke kanan (kalau di gambar suhu Nunduk Ke kanan)
Posted: 29 May 2008, 12:24
by iwan21
betul..arifoilnya nunduk yg sebelah depan..kalo dibikin positif gak bakalan autorotation om..ini beda ama blade heli
Posted: 29 May 2008, 13:00
by Abi Ghiffa
Trus Dapet LIFT nya dari mana kalo nunduk gitu ya suhu ?
Bukankah yang membuat dia AUTOROTATION adalah BLADE yang bersebrangan dengan dia ? di dukung juga pengaturan LE lebih berat dari TE ?
Mohon diperjelas, wah jadi pengen (bahkan NGEBET) nich mau saya buat iseng ntar malem,..mudah2-an bahan tersedia,..
Thanks Suhu