Tanya Engine .46 ...boleh dong

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

1. Itu persis engine yang terpasang di pesawat Katana46 saya, rasanya tidak ada pengaruhnya sama sekali, hanya pada saat sebelum start propeller perlu diputar beberapa kali sampai terlihat fuel masuk keruang bakar baru distart.

2. Yang jelas propeller harus dibalik,untuk engine 2 cycle tidak bermasalah,mau diputar searah jarum jam atau berlawanan jarum jam, tapi kalau engine 4 cycle hanya bisa dihidupkan searah saja, jadi nggak bisa dipakai sebagai pusher kecuali dengan propeller yang khusus dibuat untuk itu.

3. Wah, kalau harus dinyalakan terus menerus harus disiapkan battery dengan arus yang besar karena glowplug sangat lahap menyantap arus.

4. Rasanya perlengkapan auto stater tersebut akan sangat membebani pesawat, mungkin pada pesawat model dengan skala besar bisa di aplikasikan.
User avatar
Wind Raider
Administrator
Administrator
Posts: 4394
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Thanks pak jai atas penjelasannya .
Auto starter bisa dibikin pake gear yg menghubungkan as baling2 dengan motor listrik .....
siapa tahu pak jai , pak snowman , pak iwan21 mau experimen hehehe .....
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

om wr... glow starter bisa di pasang on board dengan tambahan micro switch yang tergabung dgn servo throttle, on pd saat lo atau idle dan off pd mid-high..
biasanya pd mesin 4st.
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Wind Raider wrote:Nanya lagi ....

1. Kalo engine dipasang pada dudukan dengan sudut 90 % ; shg muffler menghadap ke bawah apa pengaruhnya ?

2. bagaimana mengubah engine dari tractor menjadi pusher ?

3. boleh nggak kalau onboard glow heater dinyalakan terus menerus selama terbang ?

4. apa ada yg pernah memakai auto starter utk menghidupkan mesin via remote ?


1. tidak ada pengaruhnya. tapi kadang2 lebih susah u/ distart. dan hrs perhatikan jangan sampai flooded mesinnya.

2. jangan dibalik putaran dr counterclockwise (CCW) menjadi clockwise. walaupun bisa, tapi tidak disarankan. soalnya mesin kita kan di breakin se arah CCW.
Jadi kalo mau jadi pusher, beli Prop PUSHER saja. jangan menggunakan Prop yg standard lalu di balik.ini SANGAT BERBAHAYA.

3.boleh saja sich, tapi engga ada gunanya, mendingan beli alat u/ control glowplug nyala/mati khusus waktu idle saja.
biasaya yg pake multi engine plane.

4. Dulu ada member JAC yg pake, di pesawat CESSNA 182. VERRRYY NICEEE. setau saya, ada product Jerman yg dibuat untuk ukuran engine 46 sampe yg gede2. alatnya kecil juga koq. cukup compact. cuma sedikit ribet, makanya engga populer di small size plane.

brg,
NT
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Reva wrote:
JetFlyer wrote:pak Reva, biasa terbang kapal apa ?
terbangnya biasa di mana ?


masih pake multiplex Royal EVO?.... kalo sempet besok mampir ke ASAC siapa tahu kena di shooting :)


Skarang sy masih pake MPX, jadinya males pake Radio yg lainnya deh.
jadi mampir ke ASAC gak sabtu kemaren? ternyata rame juga tuch.

thx
NT
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Reva wrote:[quote="JetFlyerjadi mampir ke ASAC gak sabtu kemaren? ternyata rame juga tuch.


Gak jadi mampir boss, sorry... :)
karena di CAC sendiri ada night flight sampe jam 11 malem...[/quote]

Busettt.. lebih sadis pula ini....
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

@ Reva:
Asal jangan jenggot saja yang dibakar. he he he.......................................................
User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

JetFlyer wrote:
Wind Raider wrote:Nanya lagi ....

...
2. bagaimana mengubah engine dari tractor menjadi pusher ?


..2. jangan dibalik putaran dr counterclockwise (CCW) menjadi clockwise. walaupun bisa, tapi tidak disarankan. soalnya mesin kita kan di breakin se arah CCW.
Jadi kalo mau jadi pusher, beli Prop PUSHER saja. jangan menggunakan Prop yg standard lalu di balik.ini SANGAT BERBAHAYA.

brg,
NT


Hmm....aku baru tau kalau engine 2tak bisa diputar balik....

Jadi pengen nanya nich ke Oom Nick atau pakar engine lainnya (maklum, nyari prop pusher agak susah dan mesti keluar duit lagi...).

Secara konstruksi internal, apakah ada perbedaan sudut antara intake barrel dgn engkol piston sehingga dinyatakan berbahaya/ tidak rekomended ?

Meskipun dibreak in CCW, apa pengaruhnya kalau diputar CW karena toh gerakan piston tetap saja naik-turun ?

Biasanya kerusakan apa yg terjadi akibat putaran yg dibalik ?

Terima kasih atas pencerahan ilmunya...

ttd.
yg lagi penasaran...
Post Reply

Return to “Engine”