Saya nggak singgung Wing Let atau Wing Tip.. atau vortek tapi fungsi Hedral ( Poly hedral ) dan Un hedral..etc...
Intinya ya memperkecil drag..karena apa pada untuk bedain pressure juga di masing2 titik waktu air travel di sayap ( Top and bottom surface ). ..
MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????
Moderator: NGL
- yanfajar
- Penasehat Senior
- Posts: 99
- Joined: 26 Jan 2007, 14:39
- Location: Jakarta
- Contact:
- NGL
- Airman First Class
- Posts: 99
- Joined: 23 Jan 2007, 13:30
- Location: Cimahi
Re: MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????
Kalau hanya dihedral dan unhedral, maka dari sisi aerodinamika hanya untuk kestabilan pesawat, bukan untuk drag.
Sebab kalau kita perhatikan, drag terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:
1. Profil drag (tergantung bentuk dan ketebalan airfoil maupun body). Disini distribusi tekanan airfoil berperan memberikan komponen profil drag.
2. Friction drag akibat gasekan fluida dengan permukaan pesawat. Semakin luas permukaan semakin besar.
3. Induce drag (kira-kira sebanding dengan kuadrat lift => CDi = konstanta x CL). Semakin lebar bentangan sayap (semakin besar aspek rasio) semakin kecil harga konstantanya, sehingga semakin kecil komponen induce drag. Tapi ingat, span tambah, berarti luas permukaan tambah dan berarti komponen friction drag bertambah.
Pesawat dengan bentangan sayap lebar seperti glider biasanya dihedral atau polyhedral (sudut hedralnya ada beberapa). Tapi yang berperan mengurangi drag bukan dihedralnya melainkan bentangan sayap (aspek ratio), dalam hal ini induce drag.
Sebenarnya ada lagi yaitu excrescence drag yang diakibatkan ketidak-rapian pengerjaan (step, keling nonjol, dll) dan Wave drag (akibat gelombang kejut).
Salam,
NGL
Sebab kalau kita perhatikan, drag terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:
1. Profil drag (tergantung bentuk dan ketebalan airfoil maupun body). Disini distribusi tekanan airfoil berperan memberikan komponen profil drag.
2. Friction drag akibat gasekan fluida dengan permukaan pesawat. Semakin luas permukaan semakin besar.
3. Induce drag (kira-kira sebanding dengan kuadrat lift => CDi = konstanta x CL). Semakin lebar bentangan sayap (semakin besar aspek rasio) semakin kecil harga konstantanya, sehingga semakin kecil komponen induce drag. Tapi ingat, span tambah, berarti luas permukaan tambah dan berarti komponen friction drag bertambah.
Pesawat dengan bentangan sayap lebar seperti glider biasanya dihedral atau polyhedral (sudut hedralnya ada beberapa). Tapi yang berperan mengurangi drag bukan dihedralnya melainkan bentangan sayap (aspek ratio), dalam hal ini induce drag.
Sebenarnya ada lagi yaitu excrescence drag yang diakibatkan ketidak-rapian pengerjaan (step, keling nonjol, dll) dan Wave drag (akibat gelombang kejut).
Salam,
NGL
- yanfajar
- Penasehat Senior
- Posts: 99
- Joined: 26 Jan 2007, 14:39
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????
Intinya untuk efisiensi di pesawat keseluruhan dan yg plg utama adalah fungsi dihedral dan anhedral sebenarnya yang untuk lateral stability.