PERTAMA KALI BIKIN JET
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Ditambah lagi usahain test glide dulu om tanpa power, supaya yakin betul posisi CG hasil itung2an dah sesuai..( pengalaman saya hasil perhitungan sering juga meleset, walau gak banyak sih..makanya saya selalu test glide dulu)
- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1281
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
apakah jet bisa juga gliding pak iwan
dengan cara bagaimana pak apa dilempar
berarti harus kencang melemparnya
apa nggak takut rusak kalau dilempar
ya deh kapan2 dicoba
dengan cara bagaimana pak apa dilempar
berarti harus kencang melemparnya
apa nggak takut rusak kalau dilempar
ya deh kapan2 dicoba
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Kalo yg saya praktekin gini pak:
1. Test glide diakukan sebelum asesoris/elektronik di pasang
2. Dg rumus yg ada dihitung posisi kira2 CG nya
3. Timbang dititik tsb, utk penyesuaian saya kasih lilin mainan dihidung agar pesawat setimbang pada titik CG tsb
4. Cari lapangan yg berumput utk test glidenya agar jatuhnya empuk
5. Dg posisi jongkok, lempar ringan pesawatnya.
6. kalo hasilnya mendangak , tambahin beban/lilin dihidung
7. kalo langsung nukik, kurangin beban/lilin dihidung.
8. pastikan saat test glide melayangnya bagus dan menrurun lambat
9. Tandain titik CG hasilnya.
10. Baru elektronik dipasang dg posisi menyesuaikan CG, dimana batere umumnya belakangan utk mengimbangi berat di ekor.
Prosedur diatas memang keliatannya agak repot, tapi hasilnya sangat memuaskan pak, terutama utk sayap berbentuk multi sudut/polygon/delta/swept.
Kalo utk sayap persegi panjang sih gak perlu langkah2 diatas
1. Test glide diakukan sebelum asesoris/elektronik di pasang
2. Dg rumus yg ada dihitung posisi kira2 CG nya
3. Timbang dititik tsb, utk penyesuaian saya kasih lilin mainan dihidung agar pesawat setimbang pada titik CG tsb
4. Cari lapangan yg berumput utk test glidenya agar jatuhnya empuk
5. Dg posisi jongkok, lempar ringan pesawatnya.
6. kalo hasilnya mendangak , tambahin beban/lilin dihidung
7. kalo langsung nukik, kurangin beban/lilin dihidung.
8. pastikan saat test glide melayangnya bagus dan menrurun lambat
9. Tandain titik CG hasilnya.
10. Baru elektronik dipasang dg posisi menyesuaikan CG, dimana batere umumnya belakangan utk mengimbangi berat di ekor.
Prosedur diatas memang keliatannya agak repot, tapi hasilnya sangat memuaskan pak, terutama utk sayap berbentuk multi sudut/polygon/delta/swept.
Kalo utk sayap persegi panjang sih gak perlu langkah2 diatas
- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1281
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Syafik wrote:mantap om thoha atas kreasi pertamanya yang langsung mantap... gejala awal pswt mau loop terus biasanya memang di posisi CG yang gak pas, maklum model pswt jet memang susah cari CGnya... mungkin posisi bat yang agak ke belakang sehingga bisa dibilang tail heavy dan pswt pasti akan loop terus. Panduan cari CG dari om prayit itu mantap lho bisa dipraktekkan...
iya pak syafik
ini saya lagi mempelajari hasil donlot
kayaknya mantab
- hery_s
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1200
- Joined: 01 Apr 2008, 14:43
- Location: Ambon-Maluku
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET



- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1281
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
iya om hery
saya lagi bikin lagi
disain meniru red errow
tapi pusher dengan trush vectoring
ada yg bikin denga trush vectoring
elevatornya bergerak bersama motor mount-nya
jadi elevator lebih responsif kayak sukhoi
bisa manuver cobra
seperti ini om
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=841634
saya lagi bikin lagi
disain meniru red errow
tapi pusher dengan trush vectoring
ada yg bikin denga trush vectoring
elevatornya bergerak bersama motor mount-nya
jadi elevator lebih responsif kayak sukhoi
bisa manuver cobra
seperti ini om
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=841634
- suprayitno
- Second Lieutenant
- Posts: 2370
- Joined: 12 Mar 2008, 10:05
- Location: Sidoarjo
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Ayo Om bikin trush vectoring, aku juga mai bikin raptor 22, nih masih gambar-gambar. Sebetulnya ada sih kalau mau download tapi saya lebih senang gambar sendiri. hehehe. Trus aileron di buat spoileron, kebalikan dari flaperon, itu kuncinya manuver cobra. Sip deh.
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Kayaknya ada banyak bikinan rekan2 disini yang pake thrust vectoring...
ayo mas thoha bikin lagi, yg pertama sudah sukses dapat teorinya pasti yg kedua tambah mantap
ayo mas thoha bikin lagi, yg pertama sudah sukses dapat teorinya pasti yg kedua tambah mantap
- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1281
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
iwan21 wrote:Kalo yg saya praktekin gini pak:
1. Test glide diakukan sebelum asesoris/elektronik di pasang
2. Dg rumus yg ada dihitung posisi kira2 CG nya
3. Timbang dititik tsb, utk penyesuaian saya kasih lilin mainan dihidung agar pesawat setimbang pada titik CG tsb
4. Cari lapangan yg berumput utk test glidenya agar jatuhnya empuk
5. Dg posisi jongkok, lempar ringan pesawatnya.
6. kalo hasilnya mendangak , tambahin beban/lilin dihidung
7. kalo langsung nukik, kurangin beban/lilin dihidung.
8. pastikan saat test glide melayangnya bagus dan menrurun lambat
9. Tandain titik CG hasilnya.
10. Baru elektronik dipasang dg posisi menyesuaikan CG, dimana batere umumnya belakangan utk mengimbangi berat di ekor.
Prosedur diatas memang keliatannya agak repot, tapi hasilnya sangat memuaskan pak, terutama utk sayap berbentuk multi sudut/polygon/delta/swept.
Kalo utk sayap persegi panjang sih gak perlu langkah2 diatas
oo gitu ya baru paham aku
ya deh kayaknya oke banget teorinya
bisa nambah ilmu nih
Syafik wrote:Kayaknya ada banyak bikinan rekan2 disini yang pake thrust vectoring...
ayo mas thoha bikin lagi, yg pertama sudah sukses dapat teorinya pasti yg kedua tambah mantap
moga2 aja om syafik
yg kedua ini saya lebih yakin dan manteb
jadi bikinnya lebih serius
terutama masalah kerapian dan detailnya
semoga hasilnya juga lebih baik
untukl versi 1 yang berakhir dengan crash
rencana masih akan saya repair lagi
untuk diterbangkan lagi
sambil menunggu versi 2 sempurna
suprayitno wrote:Ayo Om bikin trush vectoring, aku juga mai bikin raptor 22, nih masih gambar-gambar. Sebetulnya ada sih kalau mau download tapi saya lebih senang gambar sendiri. hehehe. Trus aileron di buat spoileron, kebalikan dari flaperon, itu kuncinya manuver cobra. Sip deh.
iya sama om
saya suga lebih suka gambar sendiri
cuma idenya biasanya nyuri desain yg ada

hery_s wrote:=D>![]()
......mantap om thoha.......kalaw masalah stall aja sudah biasa deh buat para home made .....kalaw blm stall namanya belum sah...he...he......kapan model yang lainnya muncul.....
benar juga, kalau nggak stall malah aneh
karena terbiasa terbang slow
pake jet pengennya juga slow
eh malah stall
nanti kalau sudah terbiasa juga nggak lagi mengalami stall
- atari7up
- Major
- Posts: 3815
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - Maryland Field (D.A.C)
Re: PERTAMA KALI BIKIN JET
Mantap Om....pertama bikin dah mulus gt...



